PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA MALANG

Authors

  • Intan Mu’izzah Riyanto Universitas Negeri Malang
  • Agus Timan Universitas Negeri Malang
  • Djum Djum Noor Benty Universitas Negeri Malang

Keywords:

classroom management, the use of learning media, learning motivation

Abstract

Abstract: This study aims to describe the level of classroom management, the use of learning
media, and learning motivation, as well as the effect of classroom management and
the use of learning media on students' learning motivation. The method in this
study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis models,
with 360 students as respondents. Collecting data in this study using a
questionnaire distributed via Google Form. The results of this study indicate that
the level of class management, the use of learning media in the quite effective
category and the learning motivation in the moderate category, and there is a
significant influence between class management and the use of learning media on
the learning motivation of students.

References

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdu, G., & Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus

terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

(Online), (https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35968572/8-Ghullam_Hamdu1.pdf?1418738267=&responsecontentdisposition=inline%3B+filename%3DPENGARUH_MOTIVASI_BELAJAR_SISWA_TERHADAP.pdf&Expires=1594014403

&Signature=Af4cdRuf2N5R0KPektcHsupgvPW8CelhCda~qG8X1Hni15qjErEwQGGqsktKmGDzEIqLZUseewrOvkCOd2nR23vnVi3vQj0EA7xXsw

kOdVB6P-nlq5QwV0Gb0ur9BcgGEmS7gOsHmmy5aGDFlPMTKYZDAd2h~Z4yj0aaY5AYxh6qbhSK7kYmDgcBZl2fqeGW4T6mFX %0AIqUWvdF06B8jCoLwvbJe2NuRNkPAbEu3VLns2T3Nnh1TrgS3RmDtFh963~S1kdEKCDn-X7cHY4J5ubxVA9Y0qyJHssolhql9Bpt9iQEE2mn-6cpEnLnUXZjElQlqYDZ3lvANDMENHgA__&Key-Paird=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA%0AIqUWvdF06B8jCoLwvbJe2NuRNkPAbEu3VLns2T3Nnh1TrgS3RmDtFh963~S1kdEKCDn-X7cHY4J5ubxVA9Y0qyJHssolhql9Bpt9iQEE2mn-6cpEnLnUXZjElQlqYDZ3lvANDMENHgA__&Key-PairId=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Handhika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran IM3 ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

(Online), (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2127/2228), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Isbadrianingtyas, N., Hasanah, M., & Mudiono, A. 2016. Pengelolaan Kelas dan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan, 1(5). (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6300/2690), Diakses Tanggal 5 Juli

Kartikasari, G. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem

Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Dinamika Penelitian, 16(1). (Online),

(103.106.116.16/index.php/dinamika/article/view/139/114), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Nataliya, P. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan

Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2). (Online),

(202.52.52.22/index.php./jipt/article/download/3536/4069), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Nurabadi, A. 2016. Manajemen Kelas Berbasis Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Puspitasari, P., Putri, P. S. J., & Wuryani, W. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar

Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2). (Online),

(https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/243/pdf), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Rohani, A. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohmanurmeta, F. M. 2016. Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada

Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1). (Online),

(https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/10691), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Setyadin, B. 2005. Modul IV: Desain dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1). (Online),

(http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144/115), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Surjana, A. 2004. Efektivitas Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Penabur, 2(3). (Online),

(http://www.geocities.ws/dien_sib24gd/fei/068-081.pdf), Diakses Tanggal 6 Juli 2020.

Yuliani, P. 2014. Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi

melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA Al-Asror Kota Semarang. Econimic Education Analysis Journal, 3(1).

(Online), (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4128/3766), Diakses Tanggal 5 Juli 2020.

Downloads

Published

14-06-2024

How to Cite

Riyanto, I. M. ., Timan, A. ., & Benty, . D. D. N. . (2024). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 8. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5693

Issue

Section

Articles