MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KARYA MANDIRI DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK DIDIK

Authors

  • Ina Suryanti Universitas Negeri Malang
  • Nurul Ulfatin Universitas Negeri Malang
  • Ali Imron Universitas Negeri Malang

Keywords:

curriculum management, independent work, student creativity

Abstract

Abstract: This study aims to determine independent work-based curriculum management,
efforts to build students' creativity and student characteristics. This study uses a
qualitative method with a type of case study. Data collection was carried out by
interview, observation, and documentation. The findings of this study include the
curriculum management process of independent work, independent work
produced by students and the characteristics or creativity of early childhood

References

Adipratama, Z. dkk. 2018. Manajemen Kurikulum Terpadu Di Sekolah Alam Berciri Khas Islam. Jurnal Administrasi Dan

Manajemen Pendidikan. (Online),1(3), 372–380, (http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/), diakses pada 16 Juni

Aisyah, D. S. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Menciptakan Produk (Hasta Karya) (Studi

Kualitatif di PAUD Harapan Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani. 1(1),

(https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/773), diakses pada 10 Agustus 2020

Larasaty, A.R, dkk. 2015. Manajemen Kurikulum Pada Sekolah Dasar Plus Rahmat Di Kota Kediri. Jurnal Administrasi Dana

Manajemen Pendidikan. (Online), 1-14, (http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/39166) diakses

pada 16 Juni 2020

Mulyasa, E., & Mulyasa.H.E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pamadhi, H. 2017. Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Modul 1. (Online), (http://repository.ut.ac.id/4712/1/PAUD4403-M1.pdf),

diakses pada 10 Agustus 2020.

Permendikbud RI Nomor 146 TahunTentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (Online).

http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf , dikases pada 22

Juni 2020.

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 2024

Permendikbud RI Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

permendikbud. (Online). http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_15_18.pdf diakses p ada 28 Februari

Permendikbud RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional

Pendidikan.pelayanan.jakarta.(Online).https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintahnomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf diakses pada 28 Februari 2020

Rachmawati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Fajar Interpratama

Offset.

Suryana, D. D. M. P. 2014. Hakikat Anak Usia Dini.Jurnal Dasar-Dasar Pendidikan TK. (Online), 1, 1–65,

(http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PAUD4107-M1.pdf), diakses pada 5 Juli 2020.

Suyadi., & Dahlia. 2015. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013 Program Pembelajaran Berbasis Multiple

Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triwiyanto. 2015. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Undang-undangnomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. kelembagaanristekdikti.(Online).

http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf diakses pada 28 Februari

Wedan, M. 2016. Penyusunan Program Semester PAUD.Silabus.mpi Media Pendidikan Indonesia. (Online).

(https://silabus.org/penyusunan-program-semester-paud/), diakses pada 21 Juni 2020

Downloads

Published

14-06-2024

How to Cite

Suryanti, I. ., Ulfatin, . N. ., & Imron, A. . (2024). MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KARYA MANDIRI DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK DIDIK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 7. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5690

Issue

Section

Articles