MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER UNTUK MENUMBUHKAN JIWA PERCAYA DIRI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 7 MALANG)

Authors

  • Hanna Ayu Rahmawati Universitas Negeri Malang
  • Ali Imron Universitas Negeri Malang
  • Nurul Ulfatin Universitas Negeri Malang

Keywords:

Special Service Management, Theater Extracurricular Activities, Self Confidence

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to describe in detail the management of special services
for theater extracurricular activities to foster a soul of confidence in SMA Negeri 7
Malang, starting with the description of the theater extracurricular, the
characteristics of confidence, the school's efforts to foster students 'selfconfidence,'theater extracurricular planning , theater extracurricular
implementation, and theater extracurricular evaluation, supporting and inhibiting
factors in the theater extracurricular activities at SMA Negeri 7 Malang. This
research uses a qualitative approach to the type of case study. The results of this
study describe the description of the theater extracurricular activities, the
characteristics of confidence, the school's efforts to foster a soul of confidence
through extracurricular activities, the theater extracurricular planning, the
implementation of the theater extracurricular, and the evaluation of the theater
extracurricular, Supporting factors and obstacles in the management of special
services extracurricular theater activities to foster a soul of confidence in SMA
Negeri 7 Malang

References

Apriliani, L. Imron, A. & Arifin, I. 2018. Manajemen Ekstrakurikuler Eco Smart Program Bank Sampah dalam Memberikan

Kontribusi Pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan,

(Online), (http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/2661/1986) diakses 30 Juni 2020

Apriliyandari, R. & Imron, A. 2014. Pengelolaan Ekstrakurikuler Jurnalistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa.

Manajemen Pendidikan, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-443-52.pdf),

diakses 25 Agustus 2020.

Ariyanti, .L.L, Pitoewas, B. & Halim, A. 2019. Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler Di Smp

Negeri 2 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal FKIP Universitas Lampung,

(Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/viewFile/18146/12984), diakses 24 Agustus 2020.

Donnata, A. F. & Imron, A. 2016. Manajemen Ekstrakurikuler Teaching In Elementary School (Ties) Di Sekolah Boarding

Academy. Manajemen Pendidikan, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/11/11.-anggeliaseptember-2016.pdf), diakses 24 Agustus 2020.

Erawati, G. 2013. Manajemen Ekstrakurikuler Teater (Studi Kasus di SMA Negeri 7 Kota Malang). Skripsi, Malang: Universitas

Negeri Malang.

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusmintardjo & Gunawan, I. 2017. Manajemen Layanan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lestari, P. & Sukanti. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, dan Hidden

curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Institut Agama Islam Negeri Kudus, (Online),

(https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/1367), diakses 24 Agustus 2020

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 2024

Margariena, I. N., Imron, A., & Burhanuddin. 2017. Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Universitas Negeri Malang, (Online),

(https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=MENGINTEGRASIKAN+PENDIDIKAN+KARA

KTER+DALAM+PEMBELAJARAN+DI+SEKOLAH+DASAR&btnG=), diakses 25 Agustus 2020.

Maulaya, D. F., Supriyanto, A., & Nurabadi, A. 2017. Manajemen Ekstrakurikuler Klub Ekonomi Untuk Pengembangan Diri

Peserta Didik di Ma Almaarif Singosari Malang. Universitas Negeri Malang, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/2017/05/ARTIKEL-dini-fatma.pdf), diakses 25 Agustus 2020.

Mustiningsih. 2018. Kajian Kebijakan Manajemen Peserta Didik & Layanan Khusus di Sekolah. Malang: Universitas Negeri

Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013 tentang Impementasi Kurikulum.

Staff UGM (Online), (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf),

diakses 20 Febuari 2019.

Ratnawati, I., Imron, A., & Benty, D. D. N. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan

Ekstrakurikuler Pramuka. Universitas Negeri Malang (Online),

(http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3690/2562), diakses 24 Agustus 2020

Riantiarno, N. 2011. Kitab Teater: Tabya Jawab Seputar Seni Pertunjukan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rohiat, 2009. Manajemen Sekolah-Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.

Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Satoto, S. 2016. Analisis Drama & Teater. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Septiani, I. & Wiyono, B. B. 2015. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Universitas

Negeri Malang, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/5.-irma-septiani.pdf), diakses 6 Januari

Soesilo, T.D. 2015. Teori dan Pendekatan Belajar: Aplikasinya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat:eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif .

Bandung: Alfabeta.

Suroso. 2015. Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: ELMATERA, (Online),

(http://staffnew.uny.ac.id/upload/131572386/penelitian/drama-teori-dan-praktik-pementasan-edit-1.pdf), diakses

April 2020.

Syam, A. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

(Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah

Parepare). Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Parepare. (Online). (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243), diakses 13

Januari 2020.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Kreatif.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kelembagaan Ritekdikti

(Online), (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf), diakses 29

Januari 2019.

Wariatunnisa, A. & Hendrilianti, Y. 2010.Seni Teater. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, (Online),

(https://repository.stkipgetsempena.ac.id/bitstream/535/1/Seni_Teater.pdf), diakses 24 April 2020

Zulkarnain, W. 2016. Layanan Khusus Peserta Didik sebagai Penguat Manajemen Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional

Penguatan Manajemen Pendidikan di Era Kompetisi Global, (Online), (http://anzwild.com/layanan -khusus-pesertadidik-sebagai-penguat-manajemen-pendidikan), diakses 6 Januari 2020.

Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

14-06-2024

How to Cite

Rahmawati, H. A. ., Imron, A. ., & Ulfatin, N. . (2024). MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER UNTUK MENUMBUHKAN JIWA PERCAYA DIRI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 7 MALANG). Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 6. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5688

Issue

Section

Articles