MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER UNTUK MENUMBUHKAN JIWA PERCAYA DIRI (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 7 MALANG)
Keywords:
Special Service Management, Theater Extracurricular Activities, Self ConfidenceAbstract
Abstract: The purpose of this study is to describe in detail the management of special services
for theater extracurricular activities to foster a soul of confidence in SMA Negeri 7
Malang, starting with the description of the theater extracurricular, the
characteristics of confidence, the school's efforts to foster students 'selfconfidence,'theater extracurricular planning , theater extracurricular
implementation, and theater extracurricular evaluation, supporting and inhibiting
factors in the theater extracurricular activities at SMA Negeri 7 Malang. This
research uses a qualitative approach to the type of case study. The results of this
study describe the description of the theater extracurricular activities, the
characteristics of confidence, the school's efforts to foster a soul of confidence
through extracurricular activities, the theater extracurricular planning, the
implementation of the theater extracurricular, and the evaluation of the theater
extracurricular, Supporting factors and obstacles in the management of special
services extracurricular theater activities to foster a soul of confidence in SMA
Negeri 7 Malang
References
Apriliani, L. Imron, A. & Arifin, I. 2018. Manajemen Ekstrakurikuler Eco Smart Program Bank Sampah dalam Memberikan
Kontribusi Pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan,
(Online), (http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/2661/1986) diakses 30 Juni 2020
Apriliyandari, R. & Imron, A. 2014. Pengelolaan Ekstrakurikuler Jurnalistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa.
Manajemen Pendidikan, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-443-52.pdf),
diakses 25 Agustus 2020.
Ariyanti, .L.L, Pitoewas, B. & Halim, A. 2019. Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Mendukung Kegiatan Intrakurikuler Di Smp
Negeri 2 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal FKIP Universitas Lampung,
(Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/viewFile/18146/12984), diakses 24 Agustus 2020.
Donnata, A. F. & Imron, A. 2016. Manajemen Ekstrakurikuler Teaching In Elementary School (Ties) Di Sekolah Boarding
Academy. Manajemen Pendidikan, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/11/11.-anggeliaseptember-2016.pdf), diakses 24 Agustus 2020.
Erawati, G. 2013. Manajemen Ekstrakurikuler Teater (Studi Kasus di SMA Negeri 7 Kota Malang). Skripsi, Malang: Universitas
Negeri Malang.
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Kusmintardjo & Gunawan, I. 2017. Manajemen Layanan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lestari, P. & Sukanti. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, dan Hidden
curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Institut Agama Islam Negeri Kudus, (Online),
(https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/1367), diakses 24 Agustus 2020
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 2024
Margariena, I. N., Imron, A., & Burhanuddin. 2017. Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah
Dasar. Universitas Negeri Malang, (Online),
(https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=MENGINTEGRASIKAN+PENDIDIKAN+KARA
KTER+DALAM+PEMBELAJARAN+DI+SEKOLAH+DASAR&btnG=), diakses 25 Agustus 2020.
Maulaya, D. F., Supriyanto, A., & Nurabadi, A. 2017. Manajemen Ekstrakurikuler Klub Ekonomi Untuk Pengembangan Diri
Peserta Didik di Ma Almaarif Singosari Malang. Universitas Negeri Malang, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/2017/05/ARTIKEL-dini-fatma.pdf), diakses 25 Agustus 2020.
Mustiningsih. 2018. Kajian Kebijakan Manajemen Peserta Didik & Layanan Khusus di Sekolah. Malang: Universitas Negeri
Malang.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013 tentang Impementasi Kurikulum.
Staff UGM (Online), (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf),
diakses 20 Febuari 2019.
Ratnawati, I., Imron, A., & Benty, D. D. N. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka. Universitas Negeri Malang (Online),
(http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3690/2562), diakses 24 Agustus 2020
Riantiarno, N. 2011. Kitab Teater: Tabya Jawab Seputar Seni Pertunjukan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rohiat, 2009. Manajemen Sekolah-Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Santrock, J.W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.
Satoto, S. 2016. Analisis Drama & Teater. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Septiani, I. & Wiyono, B. B. 2015. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Universitas
Negeri Malang, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/5.-irma-septiani.pdf), diakses 6 Januari
Soesilo, T.D. 2015. Teori dan Pendekatan Belajar: Aplikasinya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat:eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif .
Bandung: Alfabeta.
Suroso. 2015. Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: ELMATERA, (Online),
(http://staffnew.uny.ac.id/upload/131572386/penelitian/drama-teori-dan-praktik-pementasan-edit-1.pdf), diakses
April 2020.
Syam, A. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
(Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Parepare). Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Parepare. (Online). (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243), diakses 13
Januari 2020.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Kreatif.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kelembagaan Ritekdikti
(Online), (http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf), diakses 29
Januari 2019.
Wariatunnisa, A. & Hendrilianti, Y. 2010.Seni Teater. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, (Online),
(https://repository.stkipgetsempena.ac.id/bitstream/535/1/Seni_Teater.pdf), diakses 24 April 2020
Zulkarnain, W. 2016. Layanan Khusus Peserta Didik sebagai Penguat Manajemen Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional
Penguatan Manajemen Pendidikan di Era Kompetisi Global, (Online), (http://anzwild.com/layanan -khusus-pesertadidik-sebagai-penguat-manajemen-pendidikan), diakses 6 Januari 2020.
Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.