STRATEGI MARKETING MIX JASA PENDIDIKAN DALAM MENUMBUHKAN ANIMO CALON PESERTA DIDIK MEMILIH SEKOLAH

Authors

  • Firman Budi Santoso Universitas Negeri Malang
  • Asep Sunandar Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Nurabadi Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Yusuf Sobri Universitas Negeri Malang

Keywords:

strategy, mix, marketing

Abstract

Abstract: This study aims to describe (1) the marketing mix aspects of educational services;
(2) marketing mix strategy of educational services; and (3) the implications of the
educational services marketing mix strategy. The method used is a qualitative
approach with the type of case study research at SMK Muhammadiyah 2 Malang.
Data were collected using interview, observation, and documentation techniques.
The results of this study show(1) aspects of the educational service marketing mix
covering aspects of price, product, location, promotion, people, process, and
physical evidence in the form of school excellence; (2) The education service
marketing strategy starts from determining segmentation, targeting, and
positioning as a determinant of the agency's marketing direction, then managing
aspects of the marketing mix into a content and promotion strategy in accordance
with community needs and institutional needs; (3) strategic implications arise in
every aspect of the marketing mix in the form of the development of student
interest and institutional cooperation.

References

Alma, B. 2005. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Amelia, S., Salamah, H., & Sofyan, M. 2019. Effect Marketing Strategy and Service Quality Against the Decisions of Parents.

Ilomata International Journal of Management. 1(1). 31-37. Dari

https://www.ilomata.org/index.php/ijjm/article/view/31, diakses tanggal 11 Mei 2021

Atiko, G., Sudrajat, R.H., & Nasionalita, K. 2016. Analisis Strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh kementerian

pariwisata RI (studi desktiptif pada akun Instagram @indtravel). E-Proceeding of Management. 3(2). 2349-2358. Dari

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2344, diakses pada 24

Maret 2021.

Ho, H.F. 2014. Revamping the Marketing Mix for Elementary Schools in Taiwan. Asian Social Science Journal. 10(3). 15 -25.

Dari https://pdfs.semanticscholar.org/9ead/67c37a1cbfad0425efcddd1843f98d793b63.pdf, diakses tanggal 11 Mei

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 2024

Khasanah, A. 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden. Jurnal El Tarbawi.

(2). 161-176. Dari https://www.neliti.com/publications/60087/pemasaran-jasa-pendidikan-sebagai-strategipeningkatan-mutu-di-sd-alam-baturrade, diakses tanggal 2 Oktober 2019

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I (edisi ke-12). PT Indeks, Jakarta

Kotler, P. & Amstrong. 2012. Principles Of Marketing 14ed. USA: Pearson Education.

Margareta, R.T.E., Ismanto, B., & Sulasmono, B.S. 2018. Strategi Pemasaran Sekolah dalam Peningkatan Mutu Peserta Didik

Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(1). 1-14. Dari

https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1770, diakses tanggal 11 Mei 2021

Muarif, Q. 2014. Memasarkan Jasa Pendidikan dengan Mix Market (Studi Analisis di Madrasah Aliyah Darussalam Batang).

Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 22

November

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi

Guru. UGM (online), (http://luk.staff.ugm.ac.id), diakses tanggal 23 Maret 2021

Rosmaniar, A. 2019. Penagaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Kejuruan Swasta di

Surabaya. Jurnal Kinerja. 16(1) 22-33. Dari http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA, diakses tanggal 25

Maret 2021

Sholicha, N.A., & Karwanto. 2018. Strategi Pemasaran Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen

Pendidikan. 1(1). 1-9. Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemenpendidikan/article/view/23464, diakses tanggal 11 Mei 2021

Suciani, Y. & Setyadin, B. 2008. Analisis Animo Siswa SD/MI Dalam Partisipasi Memilih SLTP di SD/MI se-Kota Blitar. Jurnal

Ilmu Pendidikan. 21(1). 51-58

Suliswiyadi. 2019. Analisis SWOT Strategi Pengembangan Sekolah Unggul: Studi Kasus SD Islam Al Firdaus Kabupaten

Magelang. Jurnal Tarbiyatuna. 10(1). 21-31. Dari http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/index, diakses

tanggal 11 Mei 2021

Tangkilisan, G., Oroh, S.G., & Soegoto, A.S. 2014. Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Siswa

Dalam Memilih Sekolah di SMKN 1 Manado. Jurnal EMBA. 2(4). 269-277. Dari

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/6262, diakses tanggal 4 Februari 2020

Tania, D., & Dharmayanti, D. 2014. Market Segmentation, Targeting, dan Brand Positioning dari Winston Premier Surabaya.

Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2(1). 1-7. Dari http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/1386, diakses 5 Mei 2021

Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

14-06-2024

How to Cite

Santoso, F. B. ., Sunandar, A. ., Nurabadi, A. . ., & Sobri, A. Y. . (2024). STRATEGI MARKETING MIX JASA PENDIDIKAN DALAM MENUMBUHKAN ANIMO CALON PESERTA DIDIK MEMILIH SEKOLAH. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 4. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5686

Issue

Section

Articles