STRATEGI MARKETING MIX JASA PENDIDIKAN DALAM MENUMBUHKAN ANIMO CALON PESERTA DIDIK MEMILIH SEKOLAH
Keywords:
strategy, mix, marketingAbstract
Abstract: This study aims to describe (1) the marketing mix aspects of educational services;
(2) marketing mix strategy of educational services; and (3) the implications of the
educational services marketing mix strategy. The method used is a qualitative
approach with the type of case study research at SMK Muhammadiyah 2 Malang.
Data were collected using interview, observation, and documentation techniques.
The results of this study show(1) aspects of the educational service marketing mix
covering aspects of price, product, location, promotion, people, process, and
physical evidence in the form of school excellence; (2) The education service
marketing strategy starts from determining segmentation, targeting, and
positioning as a determinant of the agency's marketing direction, then managing
aspects of the marketing mix into a content and promotion strategy in accordance
with community needs and institutional needs; (3) strategic implications arise in
every aspect of the marketing mix in the form of the development of student
interest and institutional cooperation.
References
Alma, B. 2005. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Amelia, S., Salamah, H., & Sofyan, M. 2019. Effect Marketing Strategy and Service Quality Against the Decisions of Parents.
Ilomata International Journal of Management. 1(1). 31-37. Dari
https://www.ilomata.org/index.php/ijjm/article/view/31, diakses tanggal 11 Mei 2021
Atiko, G., Sudrajat, R.H., & Nasionalita, K. 2016. Analisis Strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh kementerian
pariwisata RI (studi desktiptif pada akun Instagram @indtravel). E-Proceeding of Management. 3(2). 2349-2358. Dari
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2344, diakses pada 24
Maret 2021.
Ho, H.F. 2014. Revamping the Marketing Mix for Elementary Schools in Taiwan. Asian Social Science Journal. 10(3). 15 -25.
Dari https://pdfs.semanticscholar.org/9ead/67c37a1cbfad0425efcddd1843f98d793b63.pdf, diakses tanggal 11 Mei
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 2024
Khasanah, A. 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden. Jurnal El Tarbawi.
(2). 161-176. Dari https://www.neliti.com/publications/60087/pemasaran-jasa-pendidikan-sebagai-strategipeningkatan-mutu-di-sd-alam-baturrade, diakses tanggal 2 Oktober 2019
Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I (edisi ke-12). PT Indeks, Jakarta
Kotler, P. & Amstrong. 2012. Principles Of Marketing 14ed. USA: Pearson Education.
Margareta, R.T.E., Ismanto, B., & Sulasmono, B.S. 2018. Strategi Pemasaran Sekolah dalam Peningkatan Mutu Peserta Didik
Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. 5(1). 1-14. Dari
https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1770, diakses tanggal 11 Mei 2021
Muarif, Q. 2014. Memasarkan Jasa Pendidikan dengan Mix Market (Studi Analisis di Madrasah Aliyah Darussalam Batang).
Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 22
November
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi
Guru. UGM (online), (http://luk.staff.ugm.ac.id), diakses tanggal 23 Maret 2021
Rosmaniar, A. 2019. Penagaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Kejuruan Swasta di
Surabaya. Jurnal Kinerja. 16(1) 22-33. Dari http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA, diakses tanggal 25
Maret 2021
Sholicha, N.A., & Karwanto. 2018. Strategi Pemasaran Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen
Pendidikan. 1(1). 1-9. Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemenpendidikan/article/view/23464, diakses tanggal 11 Mei 2021
Suciani, Y. & Setyadin, B. 2008. Analisis Animo Siswa SD/MI Dalam Partisipasi Memilih SLTP di SD/MI se-Kota Blitar. Jurnal
Ilmu Pendidikan. 21(1). 51-58
Suliswiyadi. 2019. Analisis SWOT Strategi Pengembangan Sekolah Unggul: Studi Kasus SD Islam Al Firdaus Kabupaten
Magelang. Jurnal Tarbiyatuna. 10(1). 21-31. Dari http://journal.ummgl.ac.id/index.php/tarbiyatuna/index, diakses
tanggal 11 Mei 2021
Tangkilisan, G., Oroh, S.G., & Soegoto, A.S. 2014. Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Siswa
Dalam Memilih Sekolah di SMKN 1 Manado. Jurnal EMBA. 2(4). 269-277. Dari
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/6262, diakses tanggal 4 Februari 2020
Tania, D., & Dharmayanti, D. 2014. Market Segmentation, Targeting, dan Brand Positioning dari Winston Premier Surabaya.
Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2(1). 1-7. Dari http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/1386, diakses 5 Mei 2021
Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.