KARAKTERISTIK BELAJAR GENERASI Z DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Early Ni’mah Hayati Universitas Negeri Malang

Keywords:

Generasi Z, Pembelajaran IPS, Desain Pembelajaran, Karakteristik Belajar

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap
gaya belajar dan preferensi Generasi Z dalam proses pembelajaran, khususnya
dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Artikel ini menjelaskan
karakteristik belajar Generasi Z yang lahir dan tumbuh di era digital serta
implikasinya terhadap desain pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Generasi Z cenderung belajar secara mandiri melalui sumber daya online,
seperti YouTube maupun platform lain, dan responsif terhadap pembelajaran visual
dan interaktif. Implikasi terhadap desain pembelajaran IPS mencakup integrasi
teknologi, pendekatan pembelajaran visual, pemberian fleksibilitas, adaptabilitas,
serta pentingnya interaksi sosial dan kolaboratif. Kesimpulannya, penyesuaian dan
inovasi dalam pendekatan pembelajaran diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
belajar Generasi Z secara efektif.

References

Budiati, I. D. (2018). Profil Generasi Milenial

Helaluddin, H., Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2019). Strategi pembelajaran bahasa bagi generasi Z: Sebuah tinjauan sistematis.

Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 31-46.

Karina, M., Bila, N. S., Primantari, R., Tara, J. D., Rahmawati, A. F., Murti, N. W.,& Novita, M. V. (2021). Gen Z Insights: Perspective

on Education. Unisri Press.

Khiyarusoleh, Ujang. 2016. Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Jurnal Dialektika

Jurusan PGSD. Vol.5(1):1-10.

Posnick-Goodwin, S. (2010). Meet Genetaion Z. CTA Magazine, 14(5).

Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget.

ScienceEdu, 2(2), 86-91.

McGrath, N., & Bayerlein, L. (2013). Engaging online students through the gamification of learning materials: The present and

the future. Sydney: H. Charter; M. Gosper; J. Hedberg, 573-577

Mintasih, D. (2016). Merancang Pembelajaran Menyenangkan. ElTarbawi Jurnal Pendidikan Islam, IX(1), 39–48.

https://doi.org/10.20885/tarbawi.vo l9iss1.art3

Putra, O., & Fitriani, D. R. (2019). Fenomena Internet Addiction Disorder Pada Gen Z. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 22

Rosly, R. M., & Khalid, F. (2017). Gamifikasi: Konsep dan implikasi dalam pendidikan. Pembelajaran Abad ke-21: Trend

Integrasi Teknologi, 144, 154.

Sakitri, G. (2021, July). Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!. In Forum Manajemen (Vol. 35, No. 2, pp. 1-10).

Sary, Y. N. E. (2017). Perkembangan kognitif dan emosi psikologi masa remaja awal. J-PENGMAS (jurnal pengabdian kepada

masyarakat), 1(1).

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2020). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi

Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-117.

Sumanto, D., Utaminingsih, S., & Haryanti, A. (2020). Perkembangan peserta didik.

Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2018). eWOM pada Generasi Z di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(2), 70

https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ dayasaing.v20i2.6790

Wijayanti, A., & Gunawan, Y. B. (2021). Pembelajaran bahasa Inggris dengan bantuan media video pendek youtube. RESONA:

Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 14-24.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital.

Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87.

Downloads

Published

14-06-2024

How to Cite

Hayati , E. N. (2024). KARAKTERISTIK BELAJAR GENERASI Z DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 8. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5678

Issue

Section

Articles