KARAKTERISTIK BELAJAR GENERASI Z DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN IPS
Keywords:
Generasi Z, Pembelajaran IPS, Desain Pembelajaran, Karakteristik BelajarAbstract
Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap
gaya belajar dan preferensi Generasi Z dalam proses pembelajaran, khususnya
dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Artikel ini menjelaskan
karakteristik belajar Generasi Z yang lahir dan tumbuh di era digital serta
implikasinya terhadap desain pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Generasi Z cenderung belajar secara mandiri melalui sumber daya online,
seperti YouTube maupun platform lain, dan responsif terhadap pembelajaran visual
dan interaktif. Implikasi terhadap desain pembelajaran IPS mencakup integrasi
teknologi, pendekatan pembelajaran visual, pemberian fleksibilitas, adaptabilitas,
serta pentingnya interaksi sosial dan kolaboratif. Kesimpulannya, penyesuaian dan
inovasi dalam pendekatan pembelajaran diperlukan untuk memenuhi kebutuhan
belajar Generasi Z secara efektif.
References
Budiati, I. D. (2018). Profil Generasi Milenial
Helaluddin, H., Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2019). Strategi pembelajaran bahasa bagi generasi Z: Sebuah tinjauan sistematis.
Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 31-46.
Karina, M., Bila, N. S., Primantari, R., Tara, J. D., Rahmawati, A. F., Murti, N. W.,& Novita, M. V. (2021). Gen Z Insights: Perspective
on Education. Unisri Press.
Khiyarusoleh, Ujang. 2016. Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Jurnal Dialektika
Jurusan PGSD. Vol.5(1):1-10.
Posnick-Goodwin, S. (2010). Meet Genetaion Z. CTA Magazine, 14(5).
Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget.
ScienceEdu, 2(2), 86-91.
McGrath, N., & Bayerlein, L. (2013). Engaging online students through the gamification of learning materials: The present and
the future. Sydney: H. Charter; M. Gosper; J. Hedberg, 573-577
Mintasih, D. (2016). Merancang Pembelajaran Menyenangkan. ElTarbawi Jurnal Pendidikan Islam, IX(1), 39–48.
https://doi.org/10.20885/tarbawi.vo l9iss1.art3
Putra, O., & Fitriani, D. R. (2019). Fenomena Internet Addiction Disorder Pada Gen Z. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 22
Rosly, R. M., & Khalid, F. (2017). Gamifikasi: Konsep dan implikasi dalam pendidikan. Pembelajaran Abad ke-21: Trend
Integrasi Teknologi, 144, 154.
Sakitri, G. (2021, July). Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!. In Forum Manajemen (Vol. 35, No. 2, pp. 1-10).
Sary, Y. N. E. (2017). Perkembangan kognitif dan emosi psikologi masa remaja awal. J-PENGMAS (jurnal pengabdian kepada
masyarakat), 1(1).
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2020). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi
Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-117.
Sumanto, D., Utaminingsih, S., & Haryanti, A. (2020). Perkembangan peserta didik.
Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2018). eWOM pada Generasi Z di Sosial Media. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(2), 70
https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ dayasaing.v20i2.6790
Wijayanti, A., & Gunawan, Y. B. (2021). Pembelajaran bahasa Inggris dengan bantuan media video pendek youtube. RESONA:
Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 14-24.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital.
Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.