PEMANFAATAN LKPD INTERAKTIF DENGAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK SMPN 12 MALANG
Keywords:
keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar, LKPD interaktif, STADAbstract
Kreatifitas ditandai dengan kemampuan untuk mencipta sesuatu yang baru.
Keterampilan berpikir kreatif memiliki indikator diantaranya curiosity, fluency,
originality, elaboration, imagination dan flexibility. Sebagian besar dari peserta didik
yang mengikuti pembelajara IPA SMPN 12 Malang belum memanfaatkan
keterampilan berpikir kreatif secara optimal berdasarkan hasil observasi selama
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan
keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan
LKPD interaktif model pembelajaran STAD di SMPN 12 Malang. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Pembelajaran dilaksanakan
selama tiga siklus yaitu prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus peserta didik
memperoleh rata-rata kelas sebesar 50,67, siklus 1 sebesar 57,33, dan pada siklus
2 sebesar 79,33. Ketuntasan belajar peserta didik pada prasiklus sebesar 13,33%
dan mengalami peningkatan pada siklus 1 46,675 dan siklus 2 sebesar 66,67%.
Keterampilan berpikir kreatif peserta didik megalami peningkatan baik pada setiap
indikator atau secara keseluruhan dengan kategori sangat kreatif. Kesimpulanya
adalah pemanfaatan LKPD interaktif dengan model pembelajaran STAD dapat
meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.