CROSS CARD SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PERSILANGAN KELAS IX SMP BERBASIS CONSTRUCT 2 GUNA MENGURANGI MISKONSEPSI PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 MALANG

Authors

  • Sansan Hastuti Ningrum Universitas Negeri Malang
  • Rama Derian Fikradhana Universitas Negeri Malang
  • Vida Amalia Fitriani Universitas Negeri Malang
  • Deny Setiawan Universitas Negeri Malang
  • Yudhi Utomo Universitas Negeri Malang
  • Nur Rochmat Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media Pembelajaran, Persilangan, Ilmu Pengetahuan Alam, Construct 2

Abstract

Dalam perkembangan teknologi saat ini, media pembelajaran juga telah banyak
berkembang khususnya media pembelajaran dalam bentuk aplikasi. Aplikasi CROSS
CARD merupakan inovasi pembelajaran pewarisan sifat utamanya pada materi
persilangan. Dalam pengembangannya, CROSS CARD dikembangan menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation). Tujuan dari dikembangkannya
aplikasi CROSS CARD adalah untuk mengurangi miskonsepsi yang dialami peserta
didik SMPN 3 Malang pada materi persilangan. CROSS CARD aplikasi berformat apk
berukuran 30 MB yang memuat materi, latihan soal tipe benar-salah dan tipe
jawaban lebih dari satu, serta permainan yang menunjang pemahaman materi
persilangan.

References

Aprini, Khairuddin, & Khairuna. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 Pada Materi Sistem

Gerak Manusia di SMA Darussalam Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(3): 22021–22026.

Azizah, N. L., Mahardiani, L., & Yamtinah, D. S. 2022. Analisis Miskonsepsi dengan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice

dan In-Depth Interview pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia.

Bybee, Rodger W. 2015. Program for International Student Assessment (PISA) 2011 and Scientific Literacy: A Perspective for

Science Education Leaders. ERIC

Chu, V. 2015. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Genetika Bagi Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas

Surabaya. 4(1): 1–9.

Djo, B., & Suhendi, H. 2021. Perancangan Game Tambang Batu Bara Menggunakan Scirra Construct 2 Di Pt. Aluna Kusumah

Lestari. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF). 2(1): 307–312.

Faqih, M. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi.

Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia. 7(2): 27–34.

Ghofur, A. 2019. Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. Praja Lamsongan. Jurnal Kelitbangan. 2(2): 56-65.

Gu ler, M., Bu tu ner, S. O ., Danişman, Ş., & Gu rsoy, K. 2022. A Meta-Analysis of the Impact of Mobile Learning on Mathematics

Achievement. Education and Information Technologies, 27(2): 1725–1745

Hasanah, L. M., Setiawan, D., Zubaidah, S., Ibrohim, I., & Setiawan, N. R. 2021. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Analisis

dan Urgensi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01):

–232.

Hasanah, R. M., Supriadi, D., & ... 2022. Penggunaan Metode Pembelajaran Konvesional Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Sekolah

Dasar. Prosiding Teknologi …: 72–75.

Hasomanta, N. Y. E., Nanlohy, F. N., & Lawalata, H. J. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Aplikasi

Canva di SMP Negeri 6 Langowan. JSPB Bioedusains. 4(1): 75–82.

Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, A. H. H. 2023. Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia.

Journal of Information Systems and Management (JISMA). 2(6): 70–73.

Kustiarini, F. T., Susanti VH, E., & Saputro, A. N. C. 2019. Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk

Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia. 8(2): 171.

Laelasari, D., Nulhakim, L., & Nestiadi, A. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada

Pembelajaran IPA di Kelas VIII SMP/MTs Tema Makananku Kesehatanku. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1):

–32.

Li, X., & Liu, W. 2017. Exploring Misconceptions in Inheritance Patterns: A Study of Ninth Grade Students. Journal of Biological

Education, 40(4), 511-525.

Mukhlisa, N. 2021. Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2): 66–76.

Nurani, I. 2016. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Audio Visual Pokok Bahasan Sintesis Protein untuk SMA. Jurnal

VARIDIKA. 28(1): 90-95.

Ozdilek, Z., & Robeck, E. 2009. Operational Priorities of Instructional Designers Analyzed within the Steps of the ADDIE

Instructional Design Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1): 2046–2050.

Rachmat, R. 2021. Pengaruh pendekatan guru dalam mengembangkan pemahaman siswa dalam materi pengaruh sifat. Jurnal

Pendidikan Sains, 16(2): 1-10.

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. 10(1): 41–48

Purnama Sari, M., & Ridwan, R. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 9 Pada

Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Negeri 5 Panyabungan. Jurnal Penelitian IPTEKS. 5(2): 216–223.

Puspaningrum, A. S., Suaidah, S., & Laudhana, A. C. 2020. Media Pembelajaran Tenses Untuk Anak Sekolah Menengah Pertama

Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak. 1(1): 25–35.

Putri, E. L., Derta, S., Musril, H. A., & Okra, R. 2023. Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VII Berbentuk Game Edukasi

Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND

PROFESSIONALS: Journal of Information Management. 7(2): 194.

Riduwan, M. B. A. 2002. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. In Alf. Bandung.

Schiltz, A. 2019. Media pembelajaran: Pengaruh dan penerapan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.

Setiadi, M. E., & Ghofur, M. A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dengan Pendekatan

Kontekstual pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan. 20(3): 291–307.

Setiyadi, D. B. P., & Hersulastuti. 2020. How Indonesian Junior High School Students Comprehend The Reading Text? A Digital

Media Literacy Utilisation. International Journal of Action Research, 16(2): 153–172.

Shalihah, A., Mulhayayiah, D., & Alatas, F. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Three- Tier pada

Hukum Newton dan Penerapannya. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 1: 24–33.

Smith, J., & Jones, A. 2023. Understanding Misconceptions in Genetics: A Review of Recent Studies. Journal of Science Education,

(2): 123-135.

Sukenda, & Haryadi, H. M. 2017. Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Studi Kasus: Persilangan

Sifat Beda (hibridisasi) dalam Genettika. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017. 49–54.

Widodo, S. 2020. Pendekatan efektif dalam mengajar materi pembagian sifat. Jurnal Pendidikan Sains, 16(1): 1-10.

Yulianingsih, S. 2017. Media pembelajaran: Kajian pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

14-06-2024

How to Cite

Ningrum, S. H., Fikradhana, R. D., Fitriani, V. A., Setiawan, D., Utomo, Y., & Rochmat, N. (2024). CROSS CARD SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PERSILANGAN KELAS IX SMP BERBASIS CONSTRUCT 2 GUNA MENGURANGI MISKONSEPSI PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 MALANG . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 2. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5666

Issue

Section

Articles