PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN UBUR-UBUR DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Jami’atu Sholichati Nafisah Universitas Negeri Malang
  • Anita Dewi Utami Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media permainan, Metode pembelajaran kooperatif tipe TGT

Abstract

Pembelajaran matematika cenderung dianggap sulit oleh peserta didik, dengan
adanya simbol-simbol sebagai pendefisian sesuatu. Sehingga seorang pendidik
perlu untuk mengetahui karakteristik, dan juga kebutuhan belajar peserta didik
agar dapat menentukan model pebelajaran, metode dan juga media yang akan
digunakan. Dengan menggunakan media pembelajaan yang dapat menunjang
pembelajaran yang interaktif bagi peserta didik akan menjadikan pembelajaran
yang lebih efektif dan efisien. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan media permainan ubur-ubur dalam menunjang metode
pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) untuk mendukung
pemahaman konsep matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan
yaitu penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan ADDIE
(analysis, design, development, implementation dan evaluation). Dengan penelitian
yang dilakukan di SMPN 9 Malang di kelas VIII G dengan materi luas dan volume
lingkaran. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi
kelayakan media permainan ubur-ubur oleh ahli media dan ahli materi yaitu 87,5%
dan 90,5%, sehingga hasil validasi termasuk dalam kategori sangat layak unuk
digunakan. Hal tersebut didukung oleh pernyataan peserta didik ketika wawancara,
bahwa media pembelajaran yang digunakan dirasa lebih memahamkan akan
konsep luas dan keliling lingkaran, peserta didik juga merasa lebih bersemangat dan
tertantang dengan adanya media pembelajaran yang lebih interaktif dan
kompetitif, sehinggga hasil belajar yang diperoleh juga meningkat.

References

Aa , D. Q., Suardana, I. N., & Suwenten, I. M. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games

tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2), 37

Alhafiz, N. (2022). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament

untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI

(Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 27-31.

Chaerani, N., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Trip Game Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dalam

Pembelajaran Matematika Materi Mata Uang pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 6(11), 9099-9106.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Hamid, R. (2018). Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap motivasi

dan hasil belajar peserta didik pada materi dunia hewan kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal

Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 5(1), 46-55.

Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi

lingkaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104-112.

Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4),

-2570.

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran

IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126.

Panjaitan, D. J. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Mahasiswa Program Studi Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 60-65.

Rohmah, E. A. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media game

online terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus

Cibiru, 8(2), 126-143.

Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal

Fasilkom, 11(2), 57-60.

Sugiata, I. W. (2018). Penerapan model pembelajaran team game tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal

Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78-87.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning model).

Syahputri, N. (2018). Rancang bangun media pembelajaran matematika sekolah dasar kelas 1 menggunakan metode

demonstrasi. Jurnal sistem informasi kaputama (JSIK), 2(1), 89-95.

Downloads

Published

14-06-2024

How to Cite

Nafisah, J. S., & Utami, A. D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN UBUR-UBUR DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 1. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5664

Issue

Section

Articles