PENANAMAN NILAI-NILAI KEBHINEKAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA KEGIATAN OUTING CLASS DI SMKN 10 MALANG

Authors

  • Lutfiatul Ulfa Khoiriyah Universitas Negeri Malang
  • Novilia Eka Putri Universitas Negeri Malang
  • Privera Ajeng Ersanda Universitas Negeri Malang
  • Nugroho Widiadi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Nilai Kebhinekaan, Pembelajaran Kolaborasi, Outing Class

Abstract

Kajian ini membahas mengenai penanaman nilai-nilai kebhinekaan melalui pembelajaran kolaborasi pada kegiatan outing class di SMKN 10 Malang. Penulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengkaji berbagai sumber literatur yang relevan, serta menggunakan hasil observasi dan dokumentasi. Hasil dari penulisan kajian ini adalah peserta didik di SMKN 10 Malang berasal dari suku, ras, agama, dan budaya yang berbeda. Dengan adanya keberagaman tersebut, maka perlu ditanamkan paradigma berpikir positif dalam menyikapi perbedaan. Upaya menjaga keberagaman dan menanamkan nilai-nilai kebhinekaan di SMKN 10 Malang yakni dengan menerapkan pembelajaran kolaborasi pada kegiatan outing class di berbagai situs bersejarah bagi siswa kelas X dan XI. Sehingga, dengan adanya penanaman nilai-nilai kebhinekaan menjadikan peserta didik mempunyai kualitas dalam meningkatkan kesabaran, toleransi, dan solidaritas.

References

Adlini, M.N. dkk. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Edumaspul 6 (1) 974-980.

Awaru, A.O.T. (2016). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural di Sekolah, dalam Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global”, Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, Grand Clarion Hotel, Makasar, 29 Oktober 2016.

Darma, A. dkk. 2022. Penerapan Outing Class Pada Pembelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Tahfizihil Qur’an. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian. 10(1).

Dewan Senat Universitas Gadjah Mada. (1956). Pidato Sambutan Ki Hadjar Dewantara, page 1-10.

Dewi, W. S., & Nawawi, E. (2023). Penanaman Nilai Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai Pancasila di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 87-97.

Fristy, A., & Munawiroh, F. L. (2023). Analisis Nilai-Nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 135-145.

Fuad. 2022. Pembelajaran Kolaboratif Dan Kooperatif Konsep Dasar Implementasinya Terhadap Kematangan Objek Didik. Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam 19 (2) 68-79.

Kartono, K., Gufron, U., & Siregar, N. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Kebhinnekaan Melalui Mata Pelajaran PKn SMA Islam Harapan Ibu Jakarta Selatan. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 2(2), 22-32.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31

Nababan, S. A., Yunita, V., & Saragih, R. G. A. (2023). Analisis Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Medan Berbasis Outing Kelas di Museum Negeri Sumatera Utara. Islamic Education, 3(2), 43-48.

Nurgiyantoro, B., & Thobroni, M. (2010). Multikulturalisme dalam Cerita Tradisional Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 2(2), 154-169.

Nurgiyantoro, B., & Thobroni, M. (2010). Multikulturalisme dalam Cerita Tradisional Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 2(2), 154-169

Pi’i, P. I. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kebhinekaan Melalui Pembelajaran Sejarah SMA. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 180-191.

Prasetyo, G. (2021). Akulturasi Masyarakat Pandhalungan: Aktualisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah. Education & Learning, 1(1), 20–25.

Setiawan, Y.A & Supriyanto. 2020. Strategi Implementasi Program Outing Class Untuk Membangun Karakter Kebangsaan Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 8(4) 476-488

Sumanti, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 45-50

Sunardiyah, M. A., & Susanto, M. R. (2023). Eksplorasi Estetik Berbasis Outing Class Models: Multikulturalisme di Kampung Batik Manding Siberkreasi Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 11(1), 64-80.

Utami, I. W. P., & Widiadi, A. N. (2016). Wacana Bhineka Tunggal Ika dalam Buku Teks Sejarah. Paramita: Historical Studies Journal, 26(1), 106–117.

Downloads

Published

13-06-2024

How to Cite

Khoiriyah, L. U. ., Putri, N. E. ., Ersanda, P. A. ., & Widiadi, N. . (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI KEBHINEKAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA KEGIATAN OUTING CLASS DI SMKN 10 MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(9), 15. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5654

Issue

Section

Articles