ENTITAS DAN IDENTITAS PANCASILAPADA PERWUJUDAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA ABAD KE-21DI SMP NEGERI 1 DAU KABUPATEN MALANG

Authors

  • Sylvia Munfaridhatul Alfiah Universitas Negeri Malang
  • Lathiful Anwar Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pancasila, Profil Pelajar Pancasila dan Abad ke-21

Abstract

Abstrak: Sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia, Pancasila mempunyai peranan
yang sangat penting. Entitas dan identitas ini berpengaruh terhadap jati diri dan ciri
khas maupun keunikan dari bangsa Indonesia. Sekarang zamannya arus global yang
semakin pesat, ideology Pancasila dikhawatirkan dapat tergeser dan tidak dapat
diwariskan ke generasi selanjutnya. Oleh karena itu, pelestarian ini sudah menjadi
tugas dan tanggungjawab bersama. Salah satu pelestarian Pancasila dilakukan
dengan merancang pembelajaran yang berbasis Profil Pelajar Pancasila pada proses
pembelajaran di sekolah. Terdiri dari enam aspek dari Profil Pelajar Pancasila yakni;
1) Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhak mulia; 2)
Berkebinekaan global; 3) Mandiri; 4) Pemikiran kritis; 5) Kreatif; 6) Bergotongroyong. Permaslahaan dan peneilitian ini dikaji dengan kajian kepustakaan serta
melalui observasi di SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang. Hasilnya melibatkan
Profil Siswa Pancasila ke dalam proses pendidikan di sekolah, ideologi dan nilai-nilai
luhur Pancasila secara keseluruhan serta jati diri bangsa Indonesia dapat
diupayakan. Dengan menggunakan Profil Pelajar Pancasila, pelajar dapat menjadi
sumber daya manusia, tumbuh menjadi warga negara yang demokratis, dan belajar
bekerja sama secara unggul di Abad ke-21.

References

Adha. (2015). P endidikan Kewarganegaraan Mengoptimalisasikam Pemahaman Perbedaan Budaya Warga Masy arakat

Indonesia Dalam Kajian Manifestasi Pluralisme Di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14.

Adha, Perdana dan Supriyono. (2020). Nilai Pluralistik: Eksistensi Jatidiri Bangsa Indonesia Dilandasi Aktualisasu Penguatan

Identitas Nasional. Jurnal: Civic Hukum, 6.

Aditya, L., Kartika, N. dan Irfanto, W. (2022). PROBLEMATIKA PERAN GURU DALAM MEMBENTUK PROFIL BELAJAR

PANCASILA PADA ERA DIGITAL KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM SIDOWUNGU GRESIK. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan

Dasar, 56.

Agnes. (2020). Untuk Apa Aku Mengenal Pendidikan. Bojong Nangka: Guepedia.

Sari, S. A. T dan Misnawati. (2023). Pancasila Sebagai Entitas Dan Identitas Bangsa Indonesia Dan Perwujudannya. Cakrawala:

Junrla Pengabdian Masyarakat Global, 158.

Surya, Dhinta T. S. (2023). Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam Mewujudkan Pembelajaran

Berbasis Profil Pelajar Pancasila. National Conference for Ummah, 235.

Syahrizal, H. dan Jailani, M.S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan,

Sosial dan Humaniora, 14.

Zulkhi, M.D., Tiwandani, N. A. Siregar, I. H. dan Saputri, L. (2023). Perwujudan Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam

Pembelajaran Abad 21 malalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Journal on Teacher Education, 163.

Downloads

Published

13-06-2024

How to Cite

Alfiah, S. M. ., & Anwar, L. . (2024). ENTITAS DAN IDENTITAS PANCASILAPADA PERWUJUDAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA ABAD KE-21DI SMP NEGERI 1 DAU KABUPATEN MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 19. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5639

Issue

Section

Articles