ENTITAS DAN IDENTITAS PANCASILAPADA PERWUJUDAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA ABAD KE-21DI SMP NEGERI 1 DAU KABUPATEN MALANG
Keywords:
Pancasila, Profil Pelajar Pancasila dan Abad ke-21Abstract
Abstrak: Sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia, Pancasila mempunyai peranan
yang sangat penting. Entitas dan identitas ini berpengaruh terhadap jati diri dan ciri
khas maupun keunikan dari bangsa Indonesia. Sekarang zamannya arus global yang
semakin pesat, ideology Pancasila dikhawatirkan dapat tergeser dan tidak dapat
diwariskan ke generasi selanjutnya. Oleh karena itu, pelestarian ini sudah menjadi
tugas dan tanggungjawab bersama. Salah satu pelestarian Pancasila dilakukan
dengan merancang pembelajaran yang berbasis Profil Pelajar Pancasila pada proses
pembelajaran di sekolah. Terdiri dari enam aspek dari Profil Pelajar Pancasila yakni;
1) Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhak mulia; 2)
Berkebinekaan global; 3) Mandiri; 4) Pemikiran kritis; 5) Kreatif; 6) Bergotongroyong. Permaslahaan dan peneilitian ini dikaji dengan kajian kepustakaan serta
melalui observasi di SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang. Hasilnya melibatkan
Profil Siswa Pancasila ke dalam proses pendidikan di sekolah, ideologi dan nilai-nilai
luhur Pancasila secara keseluruhan serta jati diri bangsa Indonesia dapat
diupayakan. Dengan menggunakan Profil Pelajar Pancasila, pelajar dapat menjadi
sumber daya manusia, tumbuh menjadi warga negara yang demokratis, dan belajar
bekerja sama secara unggul di Abad ke-21.
References
Adha. (2015). P endidikan Kewarganegaraan Mengoptimalisasikam Pemahaman Perbedaan Budaya Warga Masy arakat
Indonesia Dalam Kajian Manifestasi Pluralisme Di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14.
Adha, Perdana dan Supriyono. (2020). Nilai Pluralistik: Eksistensi Jatidiri Bangsa Indonesia Dilandasi Aktualisasu Penguatan
Identitas Nasional. Jurnal: Civic Hukum, 6.
Aditya, L., Kartika, N. dan Irfanto, W. (2022). PROBLEMATIKA PERAN GURU DALAM MEMBENTUK PROFIL BELAJAR
PANCASILA PADA ERA DIGITAL KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM SIDOWUNGU GRESIK. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan
Dasar, 56.
Agnes. (2020). Untuk Apa Aku Mengenal Pendidikan. Bojong Nangka: Guepedia.
Sari, S. A. T dan Misnawati. (2023). Pancasila Sebagai Entitas Dan Identitas Bangsa Indonesia Dan Perwujudannya. Cakrawala:
Junrla Pengabdian Masyarakat Global, 158.
Surya, Dhinta T. S. (2023). Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam Mewujudkan Pembelajaran
Berbasis Profil Pelajar Pancasila. National Conference for Ummah, 235.
Syahrizal, H. dan Jailani, M.S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Pendidikan,
Sosial dan Humaniora, 14.
Zulkhi, M.D., Tiwandani, N. A. Siregar, I. H. dan Saputri, L. (2023). Perwujudan Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam
Pembelajaran Abad 21 malalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Journal on Teacher Education, 163.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.