ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 MALANG

Authors

  • Muhimmah Muhimmah Universitas Negeri Malang
  • Bayu Kurniawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Teams Games Tournament (TGT), model pembelajaran inovatif mata pelajaran IPS, siswa kelas VIII SMPN 12 Malang

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Teams Games Tournament
(TGT) sebagai model pembelajaran pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII terkait
implementasi pembelajaran, sintaks model, dan interaksi dan minat dalam belajar
IPS. Penelitian Subjek adalah guru dan siswa kelas VIII. Penelitian ini bersifat
deskriptif kualitatif penelitian berdasarkan fenomena lapangan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Validitas data digunakan dengan teknik triangulasi data. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari
Penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran melalui
penerapan model TGT, melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa, kontak
pandangan, keterlibatan aktif siswa, antusiasme dan minat belajar, dan interaksi
yang baik. Masalahnya diselesaikan dengan menggunakan tipe tgt yang inovatif
pola. Guru telah lama menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada
pembelajaran IPS di kelas yang diadaptasi dari Kurikulum 2013 dan pembelajaran
inovatif. Oleh karena itu, dapat dilihat bahwa keberhasilan dalam menerapkan
model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas VIII menjadikan
minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 12 Malang mengalami
peningkatan

References

Besare .2020. Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa . JINOTEP :(Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan

Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran 7(1) 18–25

T. Hasibuan and A. Prastowo 2019 Konsep Pendidikan Abad 21 : Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sd/Mi MAGISTRA Media Pengemb. Ilmu Pendidik. Dasar dan Keislam. 10(1)26–50

A. Purwandariand D. T. Wahyuningtyas 2017 Eksperimen Model PembelajaranTeams Games Tournament (TGT) Berbantuan

Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Ii Sdn Saptorenggo 02

J. Ilm. Sekol. Dasar 1(3) 163

S. Jamilah, D. T. Boleng, and P. M. Labulan 2019 Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terkait Pembelajaran Teams Games

Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Prestasi dan Prestasi Belajar

Biologi Al-Hayat J.Biol.Appl.Biol.1(2)74

Kukuh Andri Aka 2015 Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa (Studi Pada

Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pkn di SDN Bendo1,Kec.Pare,Kab.Kediri) Profesi Pendidik. Dasar2(2)103–111

D. R. Sholeh, H. J. Waluyo, S. Y. Sudikan, and N. E. Wardani 2019 Implementasi Model Pembelajaran Drama Dengan Strategi

Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Dongkrek Dialekt. J. Bahasa, Sastra, dan Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones.,

(1) 1–12

I. Gunawan, N. Ulfatin, Sultoni, A. Sunandar, D. E. Kusumaningrum, and T. Triwiyanto. 2017 Pendampingan Penerapan Strategi

Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013 Abdimas Pedagog 1(1) 37–47

A. R. Thalita, A. D. Fitriyani, and P. Nuryani. 2014 Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar

Siswa Kelas IVJ. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, 4(2)

Downloads

Published

13-06-2024

How to Cite

Muhimmah, M., & Kurniawan, B. . (2024). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 12 MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 16. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5636

Issue

Section

Articles