FILOSOFI PENDIDIKAN MERDEKA DALAM PERSPEKTIF ROMO MANGUN

Authors

  • Inna Zahrotul Layyina Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Arafik Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pendidikan Merdeka, Peserta didik, Romo Mangun

Abstract

Penelitian ini membahas konsep Filosofi Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Romo Mangun melalui metode library research. Latar belakangnya mencakup penelitian terdahulu yang menyoroti pentingnya pendidikan yang memperkuat kemandirian individu dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pandangan Romo Mangun tentang pendidikan merdeka dan relevansinya dalam konteks saat ini. Metode penelitian ini didasarkan pada analisis teks-teks karya Romo Mangun yang terkait dengan pendidikan, dengan fokus pada ide-idenya tentang kebebasan, kemandirian, dan pembangunan manusia secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Romo Mangun menganjurkan pendidikan yang mendorong pembebasan pikiran, kemandirian, serta kepekaan terhadap kebutuhan sosial. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pendekatan pendidikan yang berpusat pada pengembangan individu secara holistik dan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan.

References

Asmarani, N. N. O. (2018). Filsafat Pendidikan Y.B. Mangunwijaya dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/7nf4d

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. ISLAMIKA, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Kurniati, A., & Rismawati, M. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PEMIKIRAN YB. MANGUNWIJAYA(SEBAGAI REKOMENDASI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR). JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 107–117. https://doi.org/10.31932/jpk.v3i2.253

Manu, G. A. (2023). Memahami Pendidikan Secara Komprehensif-Integratif Melalui Tokoh Romo Mangun. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 123–133. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.372

Mulyatno, C. B. (2022). Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini dalam Perspektif Teologi Pemerdekaan Y.B Mangunwijaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4099–4110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2570

Saputra, W. (2021). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609

Tilaar, H. A. R., & Dwijowijoto, R. N. (2008). Kebijakan pendidikan: Pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik (Cet. 1). Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

12-06-2024

How to Cite

Layyina, I. Z., & Arafik, M. (2024). FILOSOFI PENDIDIKAN MERDEKA DALAM PERSPEKTIF ROMO MANGUN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 15. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5610

Issue

Section

Articles