INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Mega Mai Nur Lila Universitas Negeri Malang

Keywords:

Profil pelajar pancasila, Filosofi Ki Hajar Dewantara, Pendidikan karakter

Abstract

Pelajar Pancasila adalah orang-orang yang selalu belajar dan beradaptasi dengan pemahaman dunia, dan mereka berperilaku dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka memiliki enam sifat dasar: iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia, menghargai keberagaman dunia, gotong royong, mandiri, berpikir kritis dan kreatif. Profil siswa Pancasila membentuk karakter baik di dalam maupun di luar ruang kelas, dan menjadi pedoman bagi pendidik dan siswa di Indonesia. Sekolah membuat kurikulum, program, dan kegiatan yang mencerminkan profil siswa yang menganut prinsip Pancasila. Menurut prinsip "ing ngarso Sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani", Ki Hajar Dewantara menekankan pentingnya memimpin dengan memberi contoh, mendorong yang di tengah, dan mendukung yang di belakang. Presiden Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Profil Pelajar Pancasila Nomor 20 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018.

References

Anindito Aditomo. (2021). Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran Merdeka Belajar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Eka Prasetya Berkamsyah.(2020). Relevansi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan konsep Merdeka Belajar Nadim Makarim. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

I Made Sugiarta, Ida Bagus Putu Mardana, Agus Adiarta, I Wayan Artanayasa. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 2 No 3 Th 2019.ISSN: E-ISSN 2620-7982.P-ISSN: 2620-7990.

Ki Hadjar Dewantara. (2013). Pemikiran, Konsepsi, Keteladana, Sikap Merdeka bagian I Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamanpeserta didik (UST-Press) bekerjasama dengan Majelis Luhur Persatuan Tamanpeserta didik.

Mamak Pintar, Blog Parenting kesehatan dan pendidikan. (http//mamakpintar.com). (2021).

Profil Pelajar Pancasila Tujuan Akhir Sistem Pendidikan Indonesia.

Nadhila Cahyaning Putri Pembayun. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Konsep Trikon dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam (Kajian Pemikiran Ki Hajar Dewantara). Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Rusnani, Raharjo, Anis Suryaningsih, Widya Noventari.(2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Peserta didik. Jurnal Ketahanan Nasional. Vol. 27. No.2 : Hal 230-249.

Sukri, Trisakti Handayani,Agus Tinus. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. FKIP Universitas Muhammadiyah Malang Indonesia, http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivic hukum. Jurnal civic hukum. Volume I, Nomor 1 Mei 2016 P-ISSN 2623-0216.

Widya Noventari. (2016). Harmonisasi Nilai-nilai Pancasila dalam sistema Among sesuai dengan alam pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol.1, No.1. ISSN 2527.7057.

Downloads

Published

12-06-2024

How to Cite

Nur Lila, M. M. (2024). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 14. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5609

Issue

Section

Articles