KONTRIBUSI DUKUNGAN KELUARGA DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 11 MALANG

Authors

  • I Nyoman Dedi Arimawan Universitas Negeri Malang
  • Bayu Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Ninik Ambarwati Universitas Negeri Malang

Keywords:

Dukungan orang tua, Self-efficacy, Motivasi belajar siswa

Abstract

Motivasi sangat penting dimiliki oleh peserta didik, karena dengan adanya motivasi peserta didik akan dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun kenyataannya motivasi tidak selalu dimiliki oleh setiap peserta didik yang dapat membuat pembelajaran menjadi tidak kondusif. Belum ada sebelumnya yang pernah meneliti menggunakan dua variabel terkait kontribusi dari dukungan orang tua dan self-efficacy terhadap motivasi belajar sehingga peneliti merasa penting untuk melakukan sebuah kajian empiris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Malang, dengan sampel sebanyak 74 siswa dengan menggunakan rumus slovin. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, yang kemudian disebarkan kepada responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara dukungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, ada pengaruh signifikan antara self-efficacy terhadap motivasi belajar siswa, kemudian ada pengaruh secara simultan antara dukungan orang tua dan self-efficacy terhadap motivasi belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa pentingnya dukungan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, selain itu juga sangat penting adanya dorongan penguatan keyakinan dalam diri individu agar dapat termotivasi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan kepada siswa.

References

Andi Zulfiana. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Timur Makassar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 149–167. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.493

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1201

Avania, W. F., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2531–2538. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/885

Bulent, A. (2015). The influence of self-efficacy and motivational factors on academic performance in general chemistry course: A modeling study. Educational Research and Reviews, 10(4), 453–461. https://doi.org/10.5897/err2014.2003

Dogan, U. (2015). Student engagement, academic self-efficacy, and academic motivation as predictors of academic performance. Anthropologist, 20(3), 553–561. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891759

Ferdiana, S. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar secara Daring di Era Covid-19 menggunakan metode analisis Jalur (path analysisi) (studi kasus:Madrasah Tsanawiyah Al Falah). Indonesian Journal of Science Learning, 3(1), 37–48.

Hadi, I., & Netrawati, N. (2021). Contribution of Emotional Intelligence and Parental Social Support in Student Learning Achievement. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.24036/005399ijaccs

Hasanah, U., Alizamar, A., Marjohan, M., & Engkizar, E. (2019). The Effect of Self Efficacy and Parent Support on Learning Motivation in Management Business Students in Padang’s Private Vocational School Ummul Hasanah, Alizamar Alizamar, Marjohan Marjohan, Engkizar Engkizar. 06(2), 133–140.

Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632

Hwang, W., & Jung, E. (2021). Parenting Practices, Parent–Child Relationship, and Perceived Academic Control in College Students. Journal of Adult Development, 28(1), 37–49. https://doi.org/10.1007/s10804-020-09346-0

Irwan, I., Nuryani, N., & Masruddin, M. (2023). Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 131–154. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i1.3556

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Lagili, I. L., Moonti, U., & Mahmud, M. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jambura Economic Education Journal, 1(1), 15–29. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i1.2082

Lee, H. J., & Lim, C. (2012). Peer evaluation in blended team project-based learning: What do students find important? Educational Technology and Society, 15(4), 214–224.

Maghfirah, I., Wiradendi Wolor, C., & Tuty Sariwulan, R. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Berajah Journal, 3(1), 59–74. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.197

Mahmuda, S., Lubis, S. A., & Siregar, N. S. S. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1860–1867. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.963

Meria, L., & Tamzil, F. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Untuk Berubah Dan Kinerja Karyawan. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kesiapan untuk Berubah dan Kinerja Karyawan Forum Ilmiah, 18, 279.

Nuraini, S. D., Murtiningsih, M., & Inayah, I. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama. Mando Care Jurnal, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.55110/mcj.v2i1.86

Öztürk, M., Akkan, Y., & Kaplan, A. (2020). Reading comprehension, Mathematics self-efficacy perception, and Mathematics attitude as correlates of students’ non-routine Mathematics problem-solving skills in Turkey. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 51(7), 1042–1058. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1648893

Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). CV. Budi Utama.

Purwantini, P., Satyaninrum, I. R., Kusumarini, E., Mardiati, M., & Vanchapo, A. R. (2023). The Analysis of Relationship Between Achievement Motivation, Self-Efficacy and Students Social Laziness. Journal on Education, 6(1), 2094–2099. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3202

Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 326–336.

Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Ipa Siswa Smp Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 1–23.

Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 di Program Studi Ners Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73–77. http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN

Shin, M.-H. (2018). Effects of Project-based Learning on Students’ Motivation and Self-efficacy. English Teaching, 73(1), 95–114. https://doi.org/10.15858/engtea.73.1.201803.95

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609

Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukuranny: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35. https://doi.org/10.24235/prophetic.v5i1.11170

Wahyuddin, W. (2022). The Influence of Self-efficacy and Self-regulation on Motivation and Learning Achievement. https://doi.org/10.4108/eai.17-11-2021.2318641

Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Dedi Arimawan, I. N., Kurniawan, B., & Ambarwati, N. (2024). KONTRIBUSI DUKUNGAN KELUARGA DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 11 MALANG . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 20. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5490

Issue

Section

Articles