PENERAPAN MODEL PJBL DENGAN PENDEKATAN CRT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV-B SDN PANDANWANGI 01
Keywords:
Hasil Belajar, PJBL, CRT, IPASAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran PJBL (Project Based
Learning) dan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching). Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN
Pandanwangi 01. Data diperoleh dari observasi, tes evaluasi, dan kajian dokumen.
Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dengan persentase
keberhasilan klasikal sebelum tindakan sebesar 38%, siklus pertama 72%, dan siklus
kedua 96%. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model PJBL dengan
pendekatan CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Abacioglu, CS (2020). Sikap multikultural guru dan kemampuan pengambilan perspektif sebagai faktor dalam pengajaran
responsif budaya. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 90(3), 736–752. DOI: https://doi.org/10.1111/bjep.12328
Alghany, dkk. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
Dasar.
Cruz, RA (2020). Pemeriksaan Efikasi Diri Pengajaran Responsif Budaya Guru. Pendidikan Guru dan Pendidikan Khusus, 43(3),
–214. DOI: https://doi.org/10.1177/0888406419875194
Fahadah, SE, Nurika., & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Berani Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan. DOI: https://doi.org/10.47178/jkip.v10i3.1466
Siswa.
Hamidah, I., & Sinta, YC (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil
Belajar
BIOEDUSAINS:
Jurnal
Pendidikan
Biologi
Dan
Sains.
DOI:
https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan
Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi
Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1 (4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986
O'Leary, ES, Shapiro, C., Toma, S. dkk. Menciptakan ruang kelas inklusif dengan melibatkan fakultas STEM dalam lokakarya
pengajaran yang responsif terhadap budaya. IJ STEM Ed 7 , 32 (2020). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00230-7
Shoit, A., Rasiman, H, Lukman., & H, Marnala. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Pembelajaran
Problem-Based Learning Pendekatan Culturally Responsive Teaching Dengan Strategi Scaffolding. Teorema Jurnal
(Penelitian Asli Matematika).
Sugiyono. 2020. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.