PENERAPAN MODEL PJBL DENGAN PENDEKATAN CRT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV-B SDN PANDANWANGI 01

Authors

  • NOVISATUL UMMROH Universitas Negeri Malang

Keywords:

Hasil Belajar, PJBL, CRT, IPAS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran PJBL (Project Based
Learning) dan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching). Penelitian
dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN
Pandanwangi 01. Data diperoleh dari observasi, tes evaluasi, dan kajian dokumen.
Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dengan persentase
keberhasilan klasikal sebelum tindakan sebesar 38%, siklus pertama 72%, dan siklus
kedua 96%. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model PJBL dengan
pendekatan CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abacioglu, CS (2020). Sikap multikultural guru dan kemampuan pengambilan perspektif sebagai faktor dalam pengajaran

responsif budaya. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 90(3), 736–752. DOI: https://doi.org/10.1111/bjep.12328

Alghany, dkk. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar.

Cruz, RA (2020). Pemeriksaan Efikasi Diri Pengajaran Responsif Budaya Guru. Pendidikan Guru dan Pendidikan Khusus, 43(3),

–214. DOI: https://doi.org/10.1177/0888406419875194

Fahadah, SE, Nurika., & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Berani Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan. DOI: https://doi.org/10.47178/jkip.v10i3.1466

Siswa.

Hamidah, I., & Sinta, YC (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil

Belajar

BIOEDUSAINS:

Jurnal

Pendidikan

Biologi

Dan

Sains.

DOI:

https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024

Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2023). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan

Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi

Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1 (4), 1–9. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1986

O'Leary, ES, Shapiro, C., Toma, S. dkk. Menciptakan ruang kelas inklusif dengan melibatkan fakultas STEM dalam lokakarya

pengajaran yang responsif terhadap budaya. IJ STEM Ed 7 , 32 (2020). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00230-7

Shoit, A., Rasiman, H, Lukman., & H, Marnala. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Pembelajaran

Problem-Based Learning Pendekatan Culturally Responsive Teaching Dengan Strategi Scaffolding. Teorema Jurnal

(Penelitian Asli Matematika).

Sugiyono. 2020. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

UMMROH , N. (2024). PENERAPAN MODEL PJBL DENGAN PENDEKATAN CRT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV-B SDN PANDANWANGI 01 . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 10. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5486

Issue

Section

Articles