PEMBENTUKAN KARAKTER LUHUR SEBAGAI GURU: RELEVANSI KEARIFAN LOKAL DAN INSPIRASI DARI TARI TOPENG MALANGAN
Keywords:
Karakter luhur, Guru, Tari topeng malanganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter luhur yang relevan dengan karakter luhur guru dalam Tari Topeng Malangan karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur atau literatur review. Studi literatur bisa didapat dari berbagai sumber baik jurnal, buku, dokumentasi, internet dan pustaka. Data yang diperoleh kemudian dinalisis menggunakan analisis data deskriptif. Hasil dari mengakaji melalui studi literatur adalah diperoleh beberapa karakter luhur yang relevan dengan karakter luhur guru dalam Tari Topeng Malangan yaitu nilai religius, nilai tulus dan menjiwai, nilai respecful, nilai responsif, nilai open minded, dan nilai sehat dan bugar. Nilai-nilai yang tercermin dalam Tari Topeng Malangan dapat menjadi panduan bagi seorang guru. Guru mampu memberikan dampak yang lebih besar dalam membentuk karakter siswa. Sebagai penuntun dan sumber inspirasi, guru yang memiliki karakter luhur akan melampaui batas pembelajaran formal, membimbing siswa untuk tumbuh sebagai individu yang berkontribusi positif dalam masyarakat. Keberhasilan guru dalam memancarkan karakter luhur akan menginspirasi dan memotivasi siswa, membentuk norma dan nilai positif, serta memperkuat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
References
Andarwati, M. (2019). Kearifan Lokal Masyarakat Malang Dalam Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH INDONESIA, JPSI, Vol. 2, No., 2, 2019, 2, 141–152.
Daniah. (2016). KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(2). http://jurnal.pasca.uns.ac.id
Gunawan, A., & Imam, I. K. (2023). Guru Profesional: Makna dan Karakteristik. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(2), 181–185. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i2.256
Hidajat, R. (2014). TRANSFORMASI NILAI LOKAL YANG DIEKSPRESIKAN WAYANG TOPENG MALANG SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 12(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/view/3151
Kadri, T. (2018). Rancangan Penelitian. Deepublish.
Maisaroh, I., Ma’zumi, & Hayani, R. A. (2022). Urgensi Kearifan Lokal dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Pendidikan Karakter, 8(1), 85–102. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/15618
Muhammad Hasmal Mahfud dan Deny Yudo Wahyudi. (2023). Nilai-nilai kearifan lokal wayang topeng malangan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 3(2). https://journal2.um.ac.id/index.php/JDS/article/view/32847
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV. Alfabet.
Zed, M. (2016). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.