PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA
Keywords:
TaRL, Keterampilan kolaborasi, Kerja sama, Budaya kerjaAbstract
Penelitian penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi siswa. Pada penelitian ini juga menambhakan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang dilakukan dengan jenis deskriptif kuantitatif yang menjelaskan gambaran mengenai kejadian yang terjadi dalam kehidupan sosial. Metode pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi. Responden yang digunakan berjumlah 34 orang di SMPN 16 Malang. Hasil keterampilan kolaborasi dengan menggunakan pendekatan TaRL berada pada kategori baik. Dengan demikian, siswa dalam kegiatan diskusi pembelajaran mampu melaksanakan kerjasama dan interaksi yang saling menguntungkan dalam menmukan pemecahan permasalahan yang terjadi dan membangun budaya kerja yang positif pada kelompok.
References
’Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdifferensiasi untuk Siswa SD Kelas II. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 312–324.
Ainun, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementsi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070–1075.
Emiliani, Sugiarti, & Temawati. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan Tarl. Journal of Teacher Professional, 2(Agustus), 217–227.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Firman, Nur, S., & Taim, M. A. S. (2023). Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89
Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95
Hermawan, Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174. https://doi.org/10.21009/1.03207
Irmayanti, Auliah, A., & Hasnawiyah. (2023). Peningkatan Sikap Kolaboratif Peserta Didik melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Teaching at The Right Level (TaRL). 5(3), 965–970.
Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 103–111. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17287/12315
Janah, A. F., Yulianti, D., & Purnomo, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Strategi TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 158–164.
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–73. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Kasmawati, Y. (2019). Pentingnya budaya kolaboratif : suatu tinjauan literatur. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 203–214. https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i2.97
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Ketrampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2017). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Pratiwi, H. R., Juhanda, A., & Setiono, S. (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education, 3(2), 110–121. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.7898
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155
Rosyada, D., & Murodi. (2020). Penelitian Kualitatif untuk llmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download
Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920
Sutrisno, & Asari, A. (2023). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Solok: PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Tirtoni, F., Astutik, I. R. I., & Wulandari, F. (2020). Pengembangan Media Bright Barcode Box Storage Berbasis Digital Literacy Acceleration Skills in the Knowledge Age Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Abad 21 (THE 21st Century Skills Future Students’ Competencies). Wahana, 72(1), 29–42. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i1.2408
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.