PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA

Authors

  • Nila Rayi Puspitasaari Universitas Negeri Malang
  • Edi Supriana Universitas Negeri Malang
  • Novia Tita Liliani Universitas Negeri Malang

Keywords:

TaRL, Keterampilan kolaborasi, Kerja sama, Budaya kerja

Abstract

Penelitian penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi siswa. Pada penelitian ini juga menambhakan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang dilakukan dengan jenis deskriptif kuantitatif yang menjelaskan gambaran mengenai kejadian yang terjadi dalam kehidupan sosial. Metode pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi. Responden yang digunakan berjumlah 34 orang di SMPN 16 Malang. Hasil keterampilan kolaborasi dengan menggunakan pendekatan TaRL berada pada kategori baik. Dengan demikian, siswa dalam kegiatan diskusi pembelajaran mampu melaksanakan kerjasama dan interaksi yang saling menguntungkan dalam menmukan pemecahan permasalahan yang terjadi dan membangun budaya kerja yang positif pada kelompok.

References

’Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdifferensiasi untuk Siswa SD Kelas II. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 312–324.

Ainun, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementsi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070–1075.

Emiliani, Sugiarti, & Temawati. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan Tarl. Journal of Teacher Professional, 2(Agustus), 217–227.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Firman, Nur, S., & Taim, M. A. S. (2023). Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89

Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95

Hermawan, Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174. https://doi.org/10.21009/1.03207

Irmayanti, Auliah, A., & Hasnawiyah. (2023). Peningkatan Sikap Kolaboratif Peserta Didik melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Teaching at The Right Level (TaRL). 5(3), 965–970.

Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 103–111. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17287/12315

Janah, A. F., Yulianti, D., & Purnomo, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Strategi TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 158–164.

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–73. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290

Kasmawati, Y. (2019). Pentingnya budaya kolaboratif : suatu tinjauan literatur. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 203–214. https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i2.97

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Ketrampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2017). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Pratiwi, H. R., Juhanda, A., & Setiono, S. (2020). Analysis Of Student Collaboration Skills Through Peer Assessment Of The Respiratory System Concept. Journal Of Biology Education, 3(2), 110–121. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.7898

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155

Rosyada, D., & Murodi. (2020). Penelitian Kualitatif untuk llmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 2(1), 179–192. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.920

Sutrisno, & Asari, A. (2023). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Solok: PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Tirtoni, F., Astutik, I. R. I., & Wulandari, F. (2020). Pengembangan Media Bright Barcode Box Storage Berbasis Digital Literacy Acceleration Skills in the Knowledge Age Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Abad 21 (THE 21st Century Skills Future Students’ Competencies). Wahana, 72(1), 29–42. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i1.2408

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Rayi Puspitasaari, N., Supriana, E., & Tita Liliani, N. (2024). PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 16. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5479

Issue

Section

Articles