TANTANGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI : SEBUAH STUDI LITERATUR

Authors

  • Edi Supriana Universitas Negeri Malang
  • Novia Tita Liliani Universitas Negeri Malang
  • Rifda Zulfa Luthfia Universitas Negeri Malang

Keywords:

Tantangan, Pembelajaran, Diferensiasi

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi dipercaya akan memberikan sebuah transformasi
pembelajaran karena Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran
yang dapat menyesuaikan kebutuhan peserta didik dengan cara memfasilitasi
mereka sesuai dengan kesiapan, minat, dan gaya belajar masing-masing individu.
Namun begitu, seperti konsep pemikiran tentang pendidikan lainnya,
Pembelajaran Diferensiasi selain memiliki beragam manfaat, konsep pembelajaran
ini juga memiliki banyak tantangan dalam implementasinya yang perlu
dipertimbangkan khususnya bagi guru yang akan menerapkannya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menyajikan wawasan bagi guru, pendidik, peneliti, orang
tua, dan pihak terkait lainnya mengenai tantangan yang dapat terjadi dalam
penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi sehingga selanjutnya dapat dicegah dan
dimimalisir. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah
literature review (tinjauan pustaka). Literature review diperoleh dari artikel terbitan
10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2014 hingga 2024. Hasil screening diperoleh
sebanyak 16 artikel yang sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil analisis
literature review, maka disimpulkan terdapat 8 tantangan utama dalam
pembelajaran berdiferensiasi, yaitu manajemen waktu, perlunya peningkatan
SDM, kompleksitas pelaksanaan, kelas yang besar, ketakutan dan ketidakpercayaan
guru, persepsi siswa terhadap perbedaan perlakuan, tidak semua topik dapat
diterapkan, mencegah komunikasi antar siswa yang beragam.

References

Aldossari, E. T. (2018). The Challenges of Using the Differentiated Instruction Strategy: A Case Study in the General Education

Stages

Saudi Arabia. International Education Studies. Vol. 11(4). 74-83. Retrieved from

https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1175296.pdf.

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis

Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains

Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498

Asyidiqi, H. T., et al.(2024).Student’s Perceptions About Implementation of Differentiated Instruction: A Literature Review.

https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_28

Awaru, A. O. T., et al.(2023).Obstacles to Implementation of Differentiation Learning in Sociology Subjects.Technium Social

Science Journal Vol. 50 (Special Issue), 509-514 November 2023

Ayuningtyas, L. P. S., et al.(2023).Differentiated Instruction In Online Learning: Its Benefits And Challenges In Efl

Contexts.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 20 No. 1

Cooper, H. M. (1988). Organizing knowledge syntheses: A taxonomy of literature reviews. Knowledge in Society, 1(1),

–126. https://doi.org/10.1007/BF03177550

Endal, G., Padmadewi, N., & Ratminingsih, M. (2013). The effect of Differentiated Instruction and achievement motivation on

students’ writing competency. EJouenal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 1–10

Febrianti, V.P.,et al.2023. Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran

Terdiferensiasi.Jurnal Pembelajaran Inovatif JPI/Vol.06/No.01/2023| H. 17-24

school.

Gaitas, S., & Alves Martins, M. (2017). Teacher perceived difculty in implementing diferentiated instructional strategies in

primary

International

Jouurnal

https://doi.org/10.1080/13603116.2016.1223180

of

Inclusive

Education,

(5),

–556.

Geel, M. V. et al.(2018).Capturing the complexity of differentiated instruction.School Effectiveness And School Improvement

https://doi.org/10.1080/09243453.2018.1539013

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

(2020). Strategi

Pelaksanaan Pembelajaran

Berdiferensiasi. Diakses melalui https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/, pada hari Sabtu, 6 April 2024, pk. 23:37

WIB

Kusadi, N. M. R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak Dengan Multimoda Untuk Meningkatkan Minat

Dan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Ilmiah Untab, 19(1), 55–60.

Laia, I. S. A., Sitorus;, P., Surbakti;, M., Eka, Simanullang;, N., Tumanggor;, iossally M., & Silaban;, B. (2022). Pengaruh Strategi

Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana

Pendidikan, 8(20), 314–321.

Lelono, C.2022. Mengapa Guru Perlu Memahami 3 Peran Utama dalam Pembelajaran Berdiferensiasi?.(Online).

https://www.kompasiana.com/ciptolelono0907/62d0ba856e7f0165f5658bc2/mengapa-guru-perlu-memahami-3

peran-utama-dalam-pembelajaran-berdiferensi?page=2&page_images=1 diakses pada 9 April 2024

Lunsford, K. J. (2017). Challenges to Implementing Differentiated Instruction in Middle School Classrooms with Mixed Skill

Levels (PhD Thesis). Walden University.Retrieved from https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations

Marhamah.2018.Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, Volume 9, No. 2,

Desember 2018

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.PRASI Jurnal Bahasa, Seni dan

Pengajarannya Vol 17 No.1

Mirawati,

I.G.A.,

et

al.(2022).

Differentiated

https://doi.org/10.23887/prasi.v17i1.41867

Instructions:

Relevant Studies On Its Implementation.

M., Jehad A. R., et al.(2021). Jordanian Science Teachers' Perspectives on Obstacles of Differentiated Instruction.

http://dx.doi.org/10.17051/io.2015.85927

Nurmuhaemin,

Waode.(2023).

Menakar

Penerapan

Pembelajaran

Berdiferensiasi

Merdeka.(Online).https://www.kompas.com/edu/read/2023/04/14/154522971/menakar-penerapan

pembelajaran-berdiferensiasi-kurikulum-merdeka?page=all diakses pada 9 April 2024

Kurikulum

Pane, R. N., Lumbantoruan;, S., & Simanjuntak;, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180

Putra, G. S., et al.(2023).Differentiated Instruction Scenario On Physics Learning: Reflection Of Readiness And Future

Implementation.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 12 (4) (2023) 625-634

Robinson, L., Maldonado, N., & Whaley, J. (2014).Perceptions about implementation of differentiated instruction. In The

Annual Mid-South Educational Research (MSERA) Conference (pp. 1–22). Knoxville, Tennessee

Schwab, S., & Woltran, F. (2023). Obstacles to Differentiated Instruction (DI) - Reviewing Factors Outside the Classroom that

Contribute to Successful DI Implementation. Differentiated Instruction Around the World: A Global Inclusive Insight:

Exploring Differentiated Instructional Practice in General School Education (pp. 103-114). Waxmann

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024

Shareefa, Mariyam, Visal Moosa, Rohani Mat Zin, Nor Zaiham Midawati Abdullah and Rosmawijah Jawawi. (2019). Teachers’

Perceptions on Differentiated Instruction: Do Experience, Qualification and Challenges Matter? International Journal of

Learning, Teaching and Educational Research. Vol. 18(8).214-226. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.13

Siam, K., & Al-Natour, M. (2016). Teacher’s differentiated instruction practices and implementation challenges for learning

disabilities in Jordan. International Education Studies, 9(12), 167 –181. http://dx.doi.org/10.5539/ies.v9n12p167

Suryati, I., et al.(2023).Teachers’ Challenges In Implementing Differentiated Instruction In Teaching English At One Of West

Java Junior High School.Eduvest Journal of Universal Studies Vo; 3 Number 9

Steenbergen-Hu, S., Makel, M. C., & Olszewski-Kubilius, P. (2016). What one hundred years of research says about the effects

of ability grouping and acceleration on K-12 students’ academic achievement: Findings of two second-order

metaanalyses. Review of Educational Research, 86(4), 849–899. https://doi.org/10.3102/0034654316675417

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata

Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta

Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94

Tobin, R., & Tippett, C. D. (2014). Possibilities and potential barriers: Learning to plan for differentiated instruction in

elementary science. International Journal

of Science and Mathematics Education, 12(2), 423

https://doi.org/10.1007/s10763-013-9414-z

Wahyuni, A. S. (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.

Mewujudkan

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam

Rangka

Merdeka

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Belajar.

JURNAL

JENDELA

PENDIDIKAN,

(04),

–535.

Wan, S. W. Y. (2016). Differentiated instruction: are Hong Kong in-service teachers ready? Teachers and Teaching: Theory and

Practice. Vol. 23, (3). 284-311. Retrieved from https://doi.org/10.1080/13540602.2016.1204289

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Supriana, E., Liliani, N. T., & Luthfia, R. Z. (2024). TANTANGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI : SEBUAH STUDI LITERATUR . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 9. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5474

Issue

Section

Articles