TANTANGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI : SEBUAH STUDI LITERATUR
Keywords:
Tantangan, Pembelajaran, DiferensiasiAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi dipercaya akan memberikan sebuah transformasi
pembelajaran karena Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran
yang dapat menyesuaikan kebutuhan peserta didik dengan cara memfasilitasi
mereka sesuai dengan kesiapan, minat, dan gaya belajar masing-masing individu.
Namun begitu, seperti konsep pemikiran tentang pendidikan lainnya,
Pembelajaran Diferensiasi selain memiliki beragam manfaat, konsep pembelajaran
ini juga memiliki banyak tantangan dalam implementasinya yang perlu
dipertimbangkan khususnya bagi guru yang akan menerapkannya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menyajikan wawasan bagi guru, pendidik, peneliti, orang
tua, dan pihak terkait lainnya mengenai tantangan yang dapat terjadi dalam
penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi sehingga selanjutnya dapat dicegah dan
dimimalisir. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah
literature review (tinjauan pustaka). Literature review diperoleh dari artikel terbitan
10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2014 hingga 2024. Hasil screening diperoleh
sebanyak 16 artikel yang sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil analisis
literature review, maka disimpulkan terdapat 8 tantangan utama dalam
pembelajaran berdiferensiasi, yaitu manajemen waktu, perlunya peningkatan
SDM, kompleksitas pelaksanaan, kelas yang besar, ketakutan dan ketidakpercayaan
guru, persepsi siswa terhadap perbedaan perlakuan, tidak semua topik dapat
diterapkan, mencegah komunikasi antar siswa yang beragam.
References
Aldossari, E. T. (2018). The Challenges of Using the Differentiated Instruction Strategy: A Case Study in the General Education
Stages
Saudi Arabia. International Education Studies. Vol. 11(4). 74-83. Retrieved from
https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1175296.pdf.
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis
Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains
Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498
Asyidiqi, H. T., et al.(2024).Student’s Perceptions About Implementation of Differentiated Instruction: A Literature Review.
https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_28
Awaru, A. O. T., et al.(2023).Obstacles to Implementation of Differentiation Learning in Sociology Subjects.Technium Social
Science Journal Vol. 50 (Special Issue), 509-514 November 2023
Ayuningtyas, L. P. S., et al.(2023).Differentiated Instruction In Online Learning: Its Benefits And Challenges In Efl
Contexts.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 20 No. 1
Cooper, H. M. (1988). Organizing knowledge syntheses: A taxonomy of literature reviews. Knowledge in Society, 1(1),
–126. https://doi.org/10.1007/BF03177550
Endal, G., Padmadewi, N., & Ratminingsih, M. (2013). The effect of Differentiated Instruction and achievement motivation on
students’ writing competency. EJouenal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 1–10
Febrianti, V.P.,et al.2023. Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran
Terdiferensiasi.Jurnal Pembelajaran Inovatif JPI/Vol.06/No.01/2023| H. 17-24
school.
Gaitas, S., & Alves Martins, M. (2017). Teacher perceived difculty in implementing diferentiated instructional strategies in
primary
International
Jouurnal
https://doi.org/10.1080/13603116.2016.1223180
of
Inclusive
Education,
(5),
–556.
Geel, M. V. et al.(2018).Capturing the complexity of differentiated instruction.School Effectiveness And School Improvement
https://doi.org/10.1080/09243453.2018.1539013
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
(2020). Strategi
Pelaksanaan Pembelajaran
Berdiferensiasi. Diakses melalui https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/, pada hari Sabtu, 6 April 2024, pk. 23:37
WIB
Kusadi, N. M. R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak Dengan Multimoda Untuk Meningkatkan Minat
Dan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Ilmiah Untab, 19(1), 55–60.
Laia, I. S. A., Sitorus;, P., Surbakti;, M., Eka, Simanullang;, N., Tumanggor;, iossally M., & Silaban;, B. (2022). Pengaruh Strategi
Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana
Pendidikan, 8(20), 314–321.
Lelono, C.2022. Mengapa Guru Perlu Memahami 3 Peran Utama dalam Pembelajaran Berdiferensiasi?.(Online).
https://www.kompasiana.com/ciptolelono0907/62d0ba856e7f0165f5658bc2/mengapa-guru-perlu-memahami-3
peran-utama-dalam-pembelajaran-berdiferensi?page=2&page_images=1 diakses pada 9 April 2024
Lunsford, K. J. (2017). Challenges to Implementing Differentiated Instruction in Middle School Classrooms with Mixed Skill
Levels (PhD Thesis). Walden University.Retrieved from https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations
Marhamah.2018.Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, Volume 9, No. 2,
Desember 2018
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.PRASI Jurnal Bahasa, Seni dan
Pengajarannya Vol 17 No.1
Mirawati,
I.G.A.,
et
al.(2022).
Differentiated
https://doi.org/10.23887/prasi.v17i1.41867
Instructions:
Relevant Studies On Its Implementation.
M., Jehad A. R., et al.(2021). Jordanian Science Teachers' Perspectives on Obstacles of Differentiated Instruction.
http://dx.doi.org/10.17051/io.2015.85927
Nurmuhaemin,
Waode.(2023).
Menakar
Penerapan
Pembelajaran
Berdiferensiasi
Merdeka.(Online).https://www.kompas.com/edu/read/2023/04/14/154522971/menakar-penerapan
pembelajaran-berdiferensiasi-kurikulum-merdeka?page=all diakses pada 9 April 2024
Kurikulum
Pane, R. N., Lumbantoruan;, S., & Simanjuntak;, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180
Putra, G. S., et al.(2023).Differentiated Instruction Scenario On Physics Learning: Reflection Of Readiness And Future
Implementation.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 12 (4) (2023) 625-634
Robinson, L., Maldonado, N., & Whaley, J. (2014).Perceptions about implementation of differentiated instruction. In The
Annual Mid-South Educational Research (MSERA) Conference (pp. 1–22). Knoxville, Tennessee
Schwab, S., & Woltran, F. (2023). Obstacles to Differentiated Instruction (DI) - Reviewing Factors Outside the Classroom that
Contribute to Successful DI Implementation. Differentiated Instruction Around the World: A Global Inclusive Insight:
Exploring Differentiated Instructional Practice in General School Education (pp. 103-114). Waxmann
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024
Shareefa, Mariyam, Visal Moosa, Rohani Mat Zin, Nor Zaiham Midawati Abdullah and Rosmawijah Jawawi. (2019). Teachers’
Perceptions on Differentiated Instruction: Do Experience, Qualification and Challenges Matter? International Journal of
Learning, Teaching and Educational Research. Vol. 18(8).214-226. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.13
Siam, K., & Al-Natour, M. (2016). Teacher’s differentiated instruction practices and implementation challenges for learning
disabilities in Jordan. International Education Studies, 9(12), 167 –181. http://dx.doi.org/10.5539/ies.v9n12p167
Suryati, I., et al.(2023).Teachers’ Challenges In Implementing Differentiated Instruction In Teaching English At One Of West
Java Junior High School.Eduvest Journal of Universal Studies Vo; 3 Number 9
Steenbergen-Hu, S., Makel, M. C., & Olszewski-Kubilius, P. (2016). What one hundred years of research says about the effects
of ability grouping and acceleration on K-12 students’ academic achievement: Findings of two second-order
metaanalyses. Review of Educational Research, 86(4), 849–899. https://doi.org/10.3102/0034654316675417
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta
Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94
Tobin, R., & Tippett, C. D. (2014). Possibilities and potential barriers: Learning to plan for differentiated instruction in
elementary science. International Journal
of Science and Mathematics Education, 12(2), 423
https://doi.org/10.1007/s10763-013-9414-z
Wahyuni, A. S. (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126.
Mewujudkan
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam
Rangka
Merdeka
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Belajar.
JURNAL
JENDELA
PENDIDIKAN,
(04),
–535.
Wan, S. W. Y. (2016). Differentiated instruction: are Hong Kong in-service teachers ready? Teachers and Teaching: Theory and
Practice. Vol. 23, (3). 284-311. Retrieved from https://doi.org/10.1080/13540602.2016.1204289
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.