IMPLEMENTASI E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI SSI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Amelia Rohali Universitas Negeri Malang

Keywords:

E-modul, Pendekatan Saintifik Socio-Scientific Issues (SS, Socio-Scientific Issues (SSI), Motivasi Belajar, Keanekaragaman Hayati

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal yang krusial bagi siswa, terutama untuk
keberhasilan kegiatan belajar mengajar. E-modul berbasis pendekatan saintifik
yang dikolaborasikan dengan SSI mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah mengimplementasikan e-modul
berbasis pendekatan saintifik terintegrasi Socio-Scientific Issues untuk mendorong
peningkatan motivasi belajar siswa mengenai materi keanekaragaman hayati. Jenis
penelitian yang dilaksanakan ialah penelitian kuantitatif. Implementasi produk
dilakukan di SMPN 8 Malang dengan sampel siswa kelas VII yang berjumlah 31
siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengukuran tingkat motivasi belajar
siswa sebelum dan sesudah implementasi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner/angket. Hasil analisis persentase menunjukkan
morivasi belajar siswa sebelum dilakukan implementasi adalah sebesar 61,60%
dengan kategori sedang. Sedangkan setelah dilakukan implementasi e-modul,
persentase motivasi belajar siswa sebesar 87,75% yang mana berada pada kategori
sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran e-modul pada materi
keanekaragaman hayati mengalami peningkatan dari kategori sedang menjadi
sangat tinggi

References

Amir, & Haling, A. (2019). The Effect of Scientific Approach at Natural Science Learning on Elementary Students’ Learning

Outcome. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 227, 13–15.

https://doi.org/10.2991/icamr-18.2019.4

Angga, S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut

bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2).

Anggraini, M. A. S., Uswatun, U., Tiara, S. I. N. J., Sudarti, S., & Subiki, S. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa

Pendidikan Fisika Angkatan 2022 Universitas Jember Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Gerak Lurus Berubah

Beraturan. Jurnal Sains Riset, 13(2), 443–449. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i2.1592

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Pustaka Mengajar.

Bickmore, R. W. (2009). Socio-scientific issues in science education. National Academies Press.

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024

Christina Ismaniati, & Baroroh Iskhamdhanah. (2023). Development of Interactive E-Modules to Increase Learning Motivation

and Science Literacy in Elementary School Students. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(1), 156–173.

https://doi.org/10.25217/ji.v8i1.2699

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of

multimedia learning. Pfeiffer/John Wiley & Sons.

Ellizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018). Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning

Module. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757

X/335/1/012101

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social

Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Gustinasari, M., L., & Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk

Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 2354–8363.

Handayani, N. N. L. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa

Kelas Vi. Lampuhyang, 13(1), 70–89. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.284

Hendrizal. (2020). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan

Karakter, 2(1), 44–53.

Hewitt, K. M., Bouwma-Gearhart, J., Kitada, H., Mason, R., & Kayes, L. J. (2019). Introductory biology in social context: The

effects of an issues-based laboratory course on biology student motivation. CBE Life Sciences Education, 18(3).

https://doi.org/10.1187/cbe.18-07-0110

Jailani, J., & Almukarramah, A. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Melalui Pembelajaran Bermakna

Dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Biology Education, 8(2), 122–130. https://doi.org/10.32672/jbe.v8i2.2371

Kattakulovna, T. (2020). The Importance Of The Discussion Method In The Development Of Argumentative Competence In

Students. The American Journal of Social Science and Education Innovations.

Latuheru, Lolangluan, & Wattimury. (2021). Journal Physical Education, Health and Recreation. Jurnal Pendidikan Jasmani,

September, 52–60.

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27.

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM

Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351

Nida, S., Pratiwi, N., & Eilks, I. (2021). A Case Study on the Use of Contexts and Socio-Scientific Issues-Based Science Education

by Pre-service Junior High School Science Teachers in Indonesia During Their Final Year Teaching Internship. Frontiers

in Education, 5(January), 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.592870

Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok

Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains

(SNIPS 2015), 2015(June), 337–340.

Putra, E., Subiantoro, A. W., & Suhartini. (2021). How Can Scientific Approach Enhancing Student’s Curiosity and Learning

Outcomes in Science Learning? Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse

, 138–144. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.019

Rahayu, S. (2019). Socioscientific Issues : Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Socioscientific Issues :

Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains , Nature of Science ( NOS ) dan Higher Order Thinking Skills

( HOTS ). Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA, February, 1–14. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16332.16004

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif,

Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).

Sadler, T. D. (2010). Formative assessment and socio-scientific issues: Matching methods to goals. OECD Publishing.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo Persada.

Sila, I. M., Rai, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Menyongsong Link And Match Dunia

Pendidikan. Widya Accarya, 13(1), 41–52. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1214.41-52

Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan Modul Kimia Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Reaksi Reduksi Oksidasi.

Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 92. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4382

Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). The Effectiveness of Science E-Modules for Class VII Junior

High Schools Based on Socioscientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Science Education

Research, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.21831/jser.v5i2.42877

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Suyasmini, N. P. (2022). Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan

Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 539–545.

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.50283

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024

Produk

Uyuni, Q., & Af’idah, N. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak Ringan Dengan Pendekatan Ilmiah

Berbantuan

Sederhana.

EduFisika:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.29768

Jurnal

Pendidikan

Fisika,

(3),

–394.

Wang, F., & Hannafin, M. J. (2005). Design-based research and technology-enhanced learning environments. Educational

Technology Research and Development, 53(4), 5–23. https://doi.org/10.1007/BF02504682

Yennita, Y., Zulirfan, Z., Fakhruddin, F., & Azizahwati, A. (2020). The Design Phase of the Development of an Electrical

Installation Prototype Kit as A Medium for the Stem Project of Junior High School Students. Journal of Physics:

Conference Series, 1655(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012072

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Rohali, A. (2024). IMPLEMENTASI E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI SSI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 8. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5471

Issue

Section

Articles