IMPLEMENTASI E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI SSI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP
Keywords:
E-modul, Pendekatan Saintifik Socio-Scientific Issues (SS, Socio-Scientific Issues (SSI), Motivasi Belajar, Keanekaragaman HayatiAbstract
Motivasi belajar merupakan hal yang krusial bagi siswa, terutama untuk
keberhasilan kegiatan belajar mengajar. E-modul berbasis pendekatan saintifik
yang dikolaborasikan dengan SSI mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah mengimplementasikan e-modul
berbasis pendekatan saintifik terintegrasi Socio-Scientific Issues untuk mendorong
peningkatan motivasi belajar siswa mengenai materi keanekaragaman hayati. Jenis
penelitian yang dilaksanakan ialah penelitian kuantitatif. Implementasi produk
dilakukan di SMPN 8 Malang dengan sampel siswa kelas VII yang berjumlah 31
siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengukuran tingkat motivasi belajar
siswa sebelum dan sesudah implementasi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner/angket. Hasil analisis persentase menunjukkan
morivasi belajar siswa sebelum dilakukan implementasi adalah sebesar 61,60%
dengan kategori sedang. Sedangkan setelah dilakukan implementasi e-modul,
persentase motivasi belajar siswa sebesar 87,75% yang mana berada pada kategori
sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa
sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran e-modul pada materi
keanekaragaman hayati mengalami peningkatan dari kategori sedang menjadi
sangat tinggi
References
Amir, & Haling, A. (2019). The Effect of Scientific Approach at Natural Science Learning on Elementary Students’ Learning
Outcome. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 227, 13–15.
https://doi.org/10.2991/icamr-18.2019.4
Angga, S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut
bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2).
Anggraini, M. A. S., Uswatun, U., Tiara, S. I. N. J., Sudarti, S., & Subiki, S. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa
Pendidikan Fisika Angkatan 2022 Universitas Jember Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Gerak Lurus Berubah
Beraturan. Jurnal Sains Riset, 13(2), 443–449. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i2.1592
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Pustaka Mengajar.
Bickmore, R. W. (2009). Socio-scientific issues in science education. National Academies Press.
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024
Christina Ismaniati, & Baroroh Iskhamdhanah. (2023). Development of Interactive E-Modules to Increase Learning Motivation
and Science Literacy in Elementary School Students. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 8(1), 156–173.
https://doi.org/10.25217/ji.v8i1.2699
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of
multimedia learning. Pfeiffer/John Wiley & Sons.
Ellizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018). Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning
Module. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757
X/335/1/012101
Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social
Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273
Gustinasari, M., L., & Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk
Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1), 2354–8363.
Handayani, N. N. L. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa
Kelas Vi. Lampuhyang, 13(1), 70–89. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.284
Hendrizal. (2020). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan
Karakter, 2(1), 44–53.
Hewitt, K. M., Bouwma-Gearhart, J., Kitada, H., Mason, R., & Kayes, L. J. (2019). Introductory biology in social context: The
effects of an issues-based laboratory course on biology student motivation. CBE Life Sciences Education, 18(3).
https://doi.org/10.1187/cbe.18-07-0110
Jailani, J., & Almukarramah, A. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Melalui Pembelajaran Bermakna
Dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Biology Education, 8(2), 122–130. https://doi.org/10.32672/jbe.v8i2.2371
Kattakulovna, T. (2020). The Importance Of The Discussion Method In The Development Of Argumentative Competence In
Students. The American Journal of Social Science and Education Innovations.
Latuheru, Lolangluan, & Wattimury. (2021). Journal Physical Education, Health and Recreation. Jurnal Pendidikan Jasmani,
September, 52–60.
Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27.
https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92
Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM
Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351
Nida, S., Pratiwi, N., & Eilks, I. (2021). A Case Study on the Use of Contexts and Socio-Scientific Issues-Based Science Education
by Pre-service Junior High School Science Teachers in Indonesia During Their Final Year Teaching Internship. Frontiers
in Education, 5(January), 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.592870
Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok
Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains
(SNIPS 2015), 2015(June), 337–340.
Putra, E., Subiantoro, A. W., & Suhartini. (2021). How Can Scientific Approach Enhancing Student’s Curiosity and Learning
Outcomes in Science Learning? Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse
, 138–144. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.019
Rahayu, S. (2019). Socioscientific Issues : Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Socioscientific Issues :
Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains , Nature of Science ( NOS ) dan Higher Order Thinking Skills
( HOTS ). Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA, February, 1–14. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16332.16004
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif,
Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Sadler, T. D. (2010). Formative assessment and socio-scientific issues: Matching methods to goals. OECD Publishing.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo Persada.
Sila, I. M., Rai, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Menyongsong Link And Match Dunia
Pendidikan. Widya Accarya, 13(1), 41–52. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1214.41-52
Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan Modul Kimia Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Reaksi Reduksi Oksidasi.
Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 92. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4382
Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). The Effectiveness of Science E-Modules for Class VII Junior
High Schools Based on Socioscientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Science Education
Research, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.21831/jser.v5i2.42877
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Suyasmini, N. P. (2022). Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan
Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 539–545.
https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.50283
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 2024
Produk
Uyuni, Q., & Af’idah, N. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak Ringan Dengan Pendekatan Ilmiah
Berbantuan
Sederhana.
EduFisika:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.29768
Jurnal
Pendidikan
Fisika,
(3),
–394.
Wang, F., & Hannafin, M. J. (2005). Design-based research and technology-enhanced learning environments. Educational
Technology Research and Development, 53(4), 5–23. https://doi.org/10.1007/BF02504682
Yennita, Y., Zulirfan, Z., Fakhruddin, F., & Azizahwati, A. (2020). The Design Phase of the Development of an Electrical
Installation Prototype Kit as A Medium for the Stem Project of Junior High School Students. Journal of Physics:
Conference Series, 1655(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012072
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.