KESESUAIAN ASESMEN TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK, KARAKTERISTIK LINGKUNGAN, KEMAMPUAN PESERTA DIDIK, PADA KELAS 1 SDN MADYOPURO 2 MALANG

Authors

  • Tsintani Ikrima Roysa Universitas Negeri Malang

Keywords:

Asesmen, Perkembangan, Kemampuan, Lingkungan, Peserta didik

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian asesmen yang digunakan terhadap perkembangan peserta didik, karakteristik lingkungan, kemampuan peserta didik pada kelas 1 SDN Madyopuro 2 Malang. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang digunakan yaitu melalui observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini asesmen sudah sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Namun asesmen tidak memperhatikan karakteristik lingkungan peserta didik, seperti latar belakang budaya, kebutuhan, dan minat peserta didik . Pemberian asesmen juga kurang memperhatikan tingkat kemampuan peserta didik.

References

Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I.

Faisal, R., Surabaya, U. N., Subandiah, H., Surabaya, U. N., Fanani, Z., & Surabaya, U. N. (2024). Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Teks Ceramah Di Sma Muhammadiyah 10 Surabaya. 7(1), 1–12. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2024.007.01.01.

Hesty Wahyuningrum. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Asesmen Pembelajaran Terhadap Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 38–44. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.50.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019.

Nur, N. L. D., Joko Sulianto, & Qoriati Mushafanah. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4979–4994. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1127.

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 77–87. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3535.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Simanjuntak, I. A., Akbar, S., & Mudiono, A. (2019). Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1097. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12686.

Susanti, F., Fitri, L., & Zulmuqim, Z. (2023). Kurikulum Prototipe dan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32028–32033.

Yulianto, E. (2024). Supervisi dalam Pendidikan Islam: Menyempurnakan Proses Pembelajaran Menuju Kualitas Pendidikan yang Unggul. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 25–40. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.35.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Roysa, T. I. (2024). KESESUAIAN ASESMEN TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK, KARAKTERISTIK LINGKUNGAN, KEMAMPUAN PESERTA DIDIK, PADA KELAS 1 SDN MADYOPURO 2 MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 9. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5466

Issue

Section

Articles