PEMBIASAAN KEAGAMAAN SEBAGAI IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA

Authors

  • Muhammad Lazim Yusuf Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pembiasaan, Keagamaan, Pancasila

Abstract

Pentingnya Profil Pelajar Pancasila di dalam Pendidikan Indonesia yang tujuannya adalah sebagai untuk menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan bisa didapatkan oleh peserta didik. Profil pelajar pancasila untuk memperkuat peserta dalam nilai-nilai luhur pancasila. “pelajar indonesia adalah pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan memiliki perilaku yang sesuai nilai-nilai pancasila”. Sehingga peneliti mengambil judul “Pembiasaan Keagamaan sebagai Implementasi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berkahlak Mulia” penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan Teknik observasi dan Wawancara, fokus pada penelitian ini hanya dimensi pertama pada Profil Pelajar Pancasila, karena terdapat Toleransi yang sangat tinggi di SMPN 2 Wagir antara peserta didik yang menganut agama Islam, Kristen, Hindu dan Budha. Pembiasaan yang dilakukan peserta didik sebelum memulai pembelajaran sangat terstuktur dengan baik, semua peserta didik yang berbeda keyakinan mendapatkan pembiasaan yang sama dan fasilitas yang sama, tanpa membeda-bedakan antara satu agama dengan agama yang lain. Penyediaan ruangan khusus dan guru yang membimbing sehingga peserta didik bisa belajar dengan aman dan nyaman.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Az-Zuhaili, W. (2019). Ensiklopedia akhlak muslim: berakhlak terhadap sesama dan alam semesta. Noura Books.

Bahammam, F. S. (2018). Panduan Paraktis Muslim. Indo Modern Guide.

Dewantara, K. H. (2011). Bagian Pertama: Pendidikan. Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469

H, M. (2023). Kapita Selekta Pendidikan: Isu Aktual Pendidikan. PENERBIT DEEPUBLISH DIGITAL.

Jamaludin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Pustaka Setia.

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. Экономика Региона, 32.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi

Suhendra, A., & Mahrusillah, H. moh. (2019). Penguatan nilai-nilai Pancasila dan keislaman di kalangan pelajar strengthening Pancasila and islamic values among students H Moh Mahrusillah. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 298–322.

Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. KENCANA.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Lazim Yusuf, M. (2024). PEMBIASAAN KEAGAMAAN SEBAGAI IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 13. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5465

Issue

Section

Articles