PENINGKATAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PBL BERBANTUAN LKPD TERINTEGRASI HOTS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA SMPN 12 MALANG

Authors

  • Aprilia Brillianti Universitas Negeri Malang
  • Mimien Henie Irawati Al-Mudhar Universitas Negeri Malang

Keywords:

PBL, LKPD terintergrasi HOTS, Ketrampilan berfikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk meningkatkan ketrampilan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMPN 12 Malang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) di desain dengan siklus PTK menurut Kemmis & Mc Taggart dengan empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Model pembelajaran PBL menjadi inovasi karena dapat mendorong peserta didik menjadi aktif, berekspresi, mampu mengkontruksi konsep yang dipelajari dan meningkatkan ketrampilan berfikir kritis dengan berbasis masalah. Ketrampilan berfikir kritis merupakan salah satu ketrampilan dari abad XXI yang perlu ditingkatkan dan dikuasai oleh peserta didik. Terdapat lima indikator pada ketrampilan berfikir kritis yaitu Apply, Evaluate, Use Data To Develop Critical Insights, Analyze Dan Synthesize. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model PBL dengan bantuan LKPD terintegrasi HOTS pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan hasil belajar. Pada prasiklus diperoleh 100% peserta didik belum tuntas dalam hasil belajar dan memerlukan bimbingan. Pada siklus 1 diperoleh 40% ketuntasan belajar dengan 12 peserta didik dan untuk 18 peserta didik lainnya membutuhkan bimbingan belajar dari guru. Sedangkan pada siklus 2 sebanyak 25 peserta didik dengan 83.33% telah mengalami ketuntasan belajar dengan kategori sangat baik. Pada pertemuan satu ketrampilan berfikir kritis peserta didik sebesar 59,95% dalam kategori cukup baik, siklus 1 sebesar 76,81% dalam kategori baik dan untuk siklus 2 sebesar 87% dalam kategori sangat baik.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL berbantuan LKPD terintegrasi HOTS pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan berfikir kritis peserta didik di kelas IX A SMP Negeri 12 Malang.

References

Abdullah, Ade Gafar dan Taufik Ridwan. 2008. IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PROSES PEMBELAJARAN DI BPTP BANDUNG. i Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI.http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/197211131999031-ADE_GAFAR_ABDULLAH/Makalah_dan_Artikel_yang_sudah_dipublikasikan_%289_files%29/Artikel-02.pdf

Afni, Khairina. 2020. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI SMKS-PP PUTRA JAYA STABAT. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol.6, No.1.

Alfian, I.F,S Linuwih dan Sugiyanto. 2015. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL PBL MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAPEL IPA KELAS VII. Unnes Physics Education Journal. ISSN 2252-6935.

Anggraena, Yogi, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiart, Indriyati Herutami, Leli Alhapip, Setiyo Iswoyo, Yayuk Hartini, dan Rizal Listyo. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf.

Astutik, Fidiana. 2023. Integrasi Model Problem Based Learning pada pembelajaran Berdiferensiasi di sekolah dasar untuk mewujudkan school well-being di era merdeka belajar. Bojong: PT Nasya Expanding Management.

Fathurrohman, 2006. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Hikmah, Nurul. 2016. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 005 SAMARINDA ULU. Jurnal Pendas Mahakam.Vol.1 (1).80-85.

Halpern, Diane F. 2013. Critical Thinking Across the Curriculum: A Brief Edition of Thought and Knowledge. New York: Lawrance Eribaum Associates.

Jolla, La. 2016. Purposeful Use of 21st Century Skills in Higher Education Journal of Research in Innovative Teaching 9 (1) p 19-29.

Lismaya, Lilis. 2019. Berfikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya : Media Shabat Cendekia.

Masrinah, Enok Noni, Ipin Aripin, Adeng Arif Gaffar. 2019. PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019.

Muis, M. 2020. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah : Teori dan Penerapanya. Jakarta : Caremedia Communication.

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1.

Nisya,Khairun.2019. PTK Jadikan Guru Profesional. Jakarta: Guepedia.

Ningsih, Winda Irma, Imam Muchtar dan Rahayu. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Belajar PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) Dalam Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Organisasi Kelas VA di SDN Jember Kidul 04. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA. I (1): 1-5.

Oktaviani, Bella Anandya Yovita, Mawardi, Suhandi Astuti. 2018. Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 2, Mei 2018: 132-141.

Oktaviani, Bella anandya yovita, mawardi dan suhardi astute. 2018. Perbedaan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 2, Mei 2018: 132-141.

Paul, R., & Elder, L. (2008). Miniatur guide to critical thinking concepts and tools. Dillon Beach: Foundation for Critical Thinking Press.

Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta : Deepublish.

Prayitno. 2009 . Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta : Grasindo.

Sadia, I. W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No.2 Th XXXXI 13-15.

Triana, Neni. 2021. LKPD nerbasis Eksperimen Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta : Geupedia.

Wisudawati, Asih Widi Dan Eka Sulistywoti. 2014. METODOLOGI PEMBELAJARAN IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Brillianti, A., & Al-Mudhar, M. H. I. (2024). PENINGKATAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PBL BERBANTUAN LKPD TERINTEGRASI HOTS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA SMPN 12 MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 7. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5463

Issue

Section

Articles