PENGGUNAAN WORDWALL SEBAGAI MEDIA BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN POLEHAN 1

Authors

  • Osa Putra Awal Sabiila Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media game, Wordwall, Minat

Abstract

Minat belajar siswa merupakan hal yang sangat penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Untuk dapat membangun minat belajar siswa guru harus mampu meningkatkan antusias siswa, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Namun pada kenyataannya minat belajar siswa kelas IV di SDN Polehan 1 masih perlu untuk ditingkatkan. Peneliti menggunakan media game pembelajaran edukatif Wordwall dalam upaya menumbuhkan lingkungan belajar yang inovatif, kreatif, dan aktif yang akan menarik minat siswa untuk belajar khsusunya kelas IV SDN Polehan 1 dalam mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk melihat secara langsung penggunaan media game edukatif Wordwall, sementara wawancara tertulis menggunakan angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media game edukatif Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media game edukasi Wordwall dapat memberikan perubahan minat belajar siswa kelas IV terhadap mata pelajaran IPAS. Hal ini terlihat dari siswa lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dan lebih senang dalam pembelajaran, dibuktikan dengan hasil angket yang diberikan di akhir pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media game edukasi Wordwall mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Polehan 1 mata pelajaran IPAS.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Bachry, H., Yuwono, J., & Utami, Y. T. (2018). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung. Jurnal UNIK Pendidikan Luar Biasa, 3(1), 1–7. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/view/5301

Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2010). METODE PENELlTlAN KUALlTATlF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. PT Grasindo, 146. https://osf.io/mfzuj/

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Nur Haqiqi, & Benny Angga Permadi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema I Subtema I Di Mi The Noor. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 164–172. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.274

Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 217–225. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17317

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552

Nurmala, M. D., Wibowo, T. U. S. H., & Fatah, T. F. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA SAAT PANDEMI COVID-19. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 1, 388–394.

Saelan Malewa, E., Al Amin, M., Negeri, U. S., Lita kec Tanete Rilau Kab Barru, B., Teknologi dan Bisnis Bina Adinata Jl Sukun, I., & Kec Gantarang Kab Bulukumba, J. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat Di Uptd Sd Negeri 65 Barru the Use of Wordwall Application in Increasing Students’ Interest in Learning Zakat Material At Uptd Sd Negeri 65 Barru. Jurnal Educandum, 9(1), 22-30pemilihan datapenyajian data.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

W Nugroho. (2021). Strategi Guru Dalam Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Digital Pada Kurikulum Darurat. Tulungagung. February, 238.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Awal Sabiila, O. P. (2024). PENGGUNAAN WORDWALL SEBAGAI MEDIA BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN POLEHAN 1 . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 12. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5462

Issue

Section

Articles