KONSEP KARAKTER LUHUR GURU MELALUI PESAN MORAL TARI TOPENG MALANGAN

Authors

  • Salsabila Farodis Yusman Universitas Negeri Malang
  • Rifqi Bafadal Universitas Negeri Malang
  • Johandi Rahma Rafani Universitas Negeri Malang
  • Ni Luh Gede Anik Novi Asri Universitas Negeri Malang
  • Revi Wahyuni Universitas Negeri Malang
  • Adelliya Melyanawati Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang

Keywords:

Karakter luhur guru, Topeng malangan, Pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia kian menjadi fokus utama. Guru dengan karakter luhur menjadi pondasi penting dalam mewujudkan pendidikan karakter yang berkualitas. Penelitian ini mengkaji konsep karakter luhur guru melalui pesan moral topeng Malangan, budaya lokal Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah kualitatif studi pustaka, dengan data dikumpulkan melalui kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter luhur guru tergambar dalam topeng Malangan dan dapat dijadikan contoh dalam proses pembelajaran. Topeng Malangan memiliki berbagai karakter yang mewakili sifat-sifat manusia, seperti Panji Asmoro Bangun (kebaikan hati, kejujuran, kesabaran), Gunung Sari (kejujuran, kebijaksanaan), Dewi Ragil Kuning (keaktifan, kebahagiaan, keberanian), dan Bapang (keberanian, kesetiaan). Karakter-karakter tersebut dapat ditanamkan kepada peserta didik melalui pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Guru dapat menggunakan topeng Malangan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan nilai-nilai karakter. Penelitian ini menunjukkan bahwa budaya lokal seperti topeng Malangan dengan karakter-karakter luhurnya dapat menjadi sumber berharga dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik.

References

Afriansyah, T., Salsabila , A., Rizal, M., & Harfian, L. S. (2023). Representasi MAsyarakat Malang dalam Karakter Abdi Topeng Malangan. Jurnal Sastra Indonesia, 12 (3), 260-270.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Iskandar, S. (2022). Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter Pancasila bagi Generasi Muda dalam Mengatasi Degradasi Moral. Jurnal Pembumian Pancasila, 2 (2), 104-112. Retrieved from https://jurnalpembumianpancasila.id/index.php/jpp/article/view/36.

Meranti, I. D. I., & Yazid, A. A. (2021). Peran Baitul Mal Wat Tamwil dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Economic : Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 12(01), 31–38. https://doi.org/10.59943/economic.v12i01.64.

Nasrullah, A., & Susilo, Y. (2023). Structure Of Panji Reni In Puppets Show Topeng Malangan By Ki Soleh Adi Pramono. Jurnal Online Baradha, 25 (1), 1-19.

Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 10.

Sofyana, N. L., & Haryanto, B. (2023). Menyeol Degradasi Moral sebagai Dampak dari Era Digital. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3 (4), 223-235.

Downloads

Published

10-06-2024

How to Cite

Yusman, S. F., Bafadal, R., Rafani, J. R., Anik Novi Asri, N. L. G., Wahyuni, R., Melyanawati, A., & Rosyida, F. (2024). KONSEP KARAKTER LUHUR GURU MELALUI PESAN MORAL TARI TOPENG MALANGAN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 6. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5458

Issue

Section

Articles