URGENSI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGHADAPI ERA HUMAN SOCIETY 5.0

Authors

  • Imanda Ayu Oktavia Universitas Negeri Malang
  • Dwiyono Hari Utomo Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pendidikan, Profesionalisme guru, Era society 5.0

Abstract

Era Human Society 5.0 mengindikasikan peralihan ke arah masyarakat yang dipacu oleh teknologi digital, di mana interaksi antara manusia dan teknologi semakin erat. Dalam bidang pendidikan, peran guru semakin signifikan dalam membimbing siswa menghadapi tantangan dan peluang yang terjadi pada masa ini. Urgensi pengembangan profesionalisme guru dalam menghadapi Era Human Society 5.0 menjadi subjek penelitian ini. Artikel ini melakukan sintesis literatur dan analisis mendalam untuk mengidentifikasi beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di era ini. Pemahaman guru tentang tren dan perkembangan teknologi terkini serta implikasinya dalam konteks pendidikan menunjukkan relevansi yang krusial. Guru harus memahami bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan, pembelajaran berbasis teknologi, dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran dapat diterapkan secara optimal untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Peran guru sebagai contoh dalam mengajarkan etika dan tanggung jawab dalam penggunaan teknologi sangat penting dalam Era Human Society 5.0, di mana masalah privasi dan keamanan data menjadi perhatian utama. Guru memiliki tanggung jawab utama dalam membimbing siswa tentang penggunaan teknologi secara etis dan bertanggung jawab. Selain itu, pendekatan pembelajaran profesional yang berkelanjutan dan berbasis kolaboratif menjadi kunci dalam mengembangkan profesionalisme guru. Guru perlu terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pelatihan, mentoring, dan kolaborasi dengan rekan guru serta profesional pendidikan lainnya demi menyongsong Era Human Society 5.0 dengan lebih siap dan efektif.

References

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 82.

Warastri, N. T. (2023). Tantangan Dan Upaya Guru Profesional Di Era Revolusi 5.0. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM, 1(1), 1–14.

Indriyani, F. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Solusi Tantangan Era Society 5 . 0. 1(6).

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia Siti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1(4), 1617–1620. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Nur, S. A., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), Vol. 01 No, 18–28.

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Lubis, H. (2020). Peranan Teknologi Pendidikan Terhadap Guru Di Masa Depan. Jurnal Sintaksis, 3(04), 57–64. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/101

Azizah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(April), 106–111.

Downloads

Published

07-06-2024

How to Cite

Oktavia, I. A., & Utomo, D. H. (2024). URGENSI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGHADAPI ERA HUMAN SOCIETY 5.0. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 2. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5452

Issue

Section

Articles