PENERAPAN KE-6 ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN METODE SOMATIS, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN PAPAN GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Ida Nuri Rahma Universitas Negeri Malang
  • Latifah Musthofa Lestyanto Universitas Negeri Malang
  • Trianingsih Eni Lestari Universitas Negeri Malang

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, Metode SAVI, Papan Games, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menerapkan profil pelajar Pancasila dengan menggunakan metode SAVI (Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual) yang dibantu dengan papan games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8C SMP Laboratorium UM. Pembelajaran dengan menggunakan metode SAVI melalui 4 tahapan, yakni: a) tahap persiapan; b) tahap penyampaian; c) tahap pelatihan; d) tahap penampilan hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes siklus, observasi aktivitas siswa, dan observasi kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil soal tes pada siklus I yaitu 69% dan siklus II 78%. Selain itu terdapat peningkatan dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 56,25% dan pada siklus II yakni 87,5%. Kemudian, jika dilihat dari hasil observasi kegiatan guru juga terdapat peningkatan yakni pada siklus I mendapatkan skor 79 dan pada siklus II mendapatkan skor 81. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan metode SAVI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8C SMP Laboratorium UM.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. 2021. Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika. Unit Publikasi Ilmiah Intelektual Madani Indonesia, 1(3), 189–197.

Amirulloh, I. 2019. Pemetaan Kelompok Kerja Siswa dengan Metode Clustering K-Means dan Algoritma Greedy. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 94–98.

Erita, S. 2016. Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(1)

Fitrianti, R. N., & Winata, R. 2019. Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(1), 6-11

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135. Dari http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. 1988. The Action Research Planer: Deakin University.

Lastyono, J., Slamet Riskiono, & Marheni. 2012. Upaya Meningkatkan Kemapuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Savi Pada Materi Redoks Di Kelas X Sma Negeri 52 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2(1), 91-98

Mellysa, E. 2019. Hubungan Minat dengan Kemampuan Berpikir Kritis Program Lintas Minat. Jurnal Ilmiah Farmasi Imelda, 2(1), 11-14. Dari http://sintaks.kitamenulis.id/index.php/Sintaks

Mukarromah, A., & Sartono, E. K. E. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 38–47.

Mulyono, E. 2014. Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinstik Teks Drama Dengan Metode SAVI. Dinamika, 5(1), 1-10.

Paul, R., & Elder, L. 1990. Critical Thinking Concepts & Tools. CA: Sonoma State University.

Setyawan, W. A., & Susatyo, Y. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, 268-292.

Shalihah, P. R. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(6), 521-532.

Siswono, T. 2016. Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Issue 1.

Sulistiani, E., & Masrukan. 2016. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605-612. Dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554

Suparni. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat, 3(2), 40-58.

Sutarna, N. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 119-126. Dari: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068

Syahputra, E. 2018. PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN PENERAPANNYA DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal), 1276-1283. Dari: https://www.researchgate.net/publication/331638425

Thersia, V., Arifuddin, M., & Misbah. 2019. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 19-27. Dari: https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5638

Downloads

Published

07-06-2024

How to Cite

Rahma, I. N., Lestyanto, L. M., & Lestari, T. E. (2024). PENERAPAN KE-6 ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN METODE SOMATIS, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN PAPAN GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(6), 1. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5451

Issue

Section

Articles