MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII-G SMP NEGERI 19 MALANG
Keywords:
Berdiferensiasi hasil belajar, Ilmu Pengetahuan SosialAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada peserta didik kelas VII-G di SMP Negeri 19 Malang pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini berdasarkan oleh beberapa pertimbangan yang benar-benar ditemukan pada saat melaksanakan pembelajaran di kelas tersebut. Permasalahan yang ditemukan pada kelas tersebut yaitu masih banyaknya peserta didik yang memiliki hasil belajar kurang memuaskan yaitu dibawah nilai 75. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik mendapatkan nilai hasil belajar yang rendah. Faktor-faktor tersebut meliputi kurangnya pemahaman tentang materi yang telah diajarkan, kurangnya motivasi belajar peserta didik, kegiatan pembelajaran yang kurang menyenangkan dan kurang diminati oleh peserta didik, maupun pembelajaran yang kurang berpedoman pada karakteristik individu setiap peserta didik. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi ini, diharapkan peserta didik dapat memperoleh pemahaman tentang materi yang diajarkan dengan baik dan meningkatkan penguasaan materi yang diajarkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi ini, peneliti bertujuan untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada perbedaan karakteristik setiap peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan dimana sebelum siklus berjalan hanya terdapat 47% peserta didik yang memiliki nilai diatas 75. Pada siklus pertama, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial meningkat menjadi 62% dan pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat kembali menjadi 88%. Hal tersebut menjukkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
References
Adji Wahyudi, S., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Fitri, Y., & Erita, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas IV SDN 11 Gadut. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2707–2716. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8006
Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Teknik Vokal Chest Voice Di Amabile Music Studio. MELODIOUS : JOURNAL OF MUSIC, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.59997/melodious.v1i2.2177
Melani, A., & Gani, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Journal of Education and Humanities, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.28
Nur’azizzah, N., Pramuditya, S. A., & Dwi Rosita, C. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 13–20. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2744
Pahdianti, O., Anwar, Y. A. S., Husniarti, B. S. A., & Lembayung, N. M. J. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA 6 Mataram. JURNAL ASIMILASI PENDIDIKAN, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.16
Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95–114. http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1682
Yudha, C. B., Kusuma, A. P., F., M., D., N. M. E., W., M. R. P., & Puspa, T. (2023). Optimalisasi Proses Pembelajaran Di SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Social Outreach, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.15548/jso.v2i1.5696
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.