STUDI FENOMENOLOGI: PERAN PENDIDIKAN EKONOMI PADA KELUARGA PEMILIK TOKO KELONTONG UNTUK MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA ANAK

Authors

  • Mareta Bunga Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Hari Wahyono Universitas Negeri Malang

Keywords:

Proses Pendidikan Ekonomi Keluarga, Nilai-nilai Kewirausahaan, Hasil Pendidikan Ekonomi Keluarga

Abstract

The role of economic education in the family is the main foundation in shaping the economic behavior of a child. The part of economic education in the family of grocery store owners is expected to be able to develop entrepreneurial attitudes, abilities, and skills so that it has an impact on self-efficiency and able to increase entrepreneurial motivation. This study aims to help parents of business owners to try to find out and understand children's interests in entrepreneurship and how to instill an entrepreneurial spirit in children from an early age in their daily lives so that they can be helpful as a provision for future careers. The research method used is descriptive qualitative with phenomenological research type. The results showed that the application of family education in instilling an entrepreneurial spirit in the families of grocery store owners had been carried out well. The entrepreneurial spirit can be seen in implementing entrepreneurial values: honest, disciplined, confident, responsible, future-oriented, and willing to take risks. Three methods are considered effective in achieving these values: the habituation method, the coaching method, and the dialogue method. The results of the economic education process in instilling an entrepreneurial spirit can create children who can be rational, altruistic, and have economic morality.

References

Aditia, Andika.2020. Buka-bukaan, Tukul Arwana Hasilkan 500 Juta Per Bulan dari Bisnis Kontrakan. Diakses pada 20 Desember 2021 dari , https://www.kompas.com/hype/read/2020/06/26/155212666/buka-bukaan-tukul-arwana-hasilkan-rp-500-juta-sebulan-dari-bisnis-kontrakan?page=all.

Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan. Bandung: CV Alfabeta

Ayuningtyas, T. 2014. Pengaruh Pendidikan Ekonomi di Keluarga, Pembelajaran Ekonomi di Sekolah terhadap Perilaku Konsumsi yang Dimediasi Oleh Prestasi Belajar. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: PPS UM.

Bertens, K. (2002). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2003). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Doriza, S .2015. Ekonomi Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya

Drajat, Suhardjo. 2007. Definisi Tingkat Pendidikan. Di Akses tanggal 25 Desember 2021 dari maulanaihsanfairi.students.uii.ac.id.

Ginanjar, Yogi dkk. 2017. Analisis Rasionalitas Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. FKIP UNTAN Pontianak. Jurnal FKIP UNTAN: Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Hasan, M. 2018. Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan pada Bisnis Keluarga. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2),30. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7262

Hasbullah. 2009. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Hasibuan, Lynda. 2019. Jatuh Bangun Putri Tanjung Jalani Bisnis Sejak Usia 15 Tahun. Diakses pada 25 Desember 2021 dari https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20190120094717-25-51478/jatuh-bangun-putri-tanjung-jalani-bisnis-sejak-usia-15-tahun.

Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusuma, M. A. & Rokhmani, L. 2019. Internalisasi pendidikan ekonomi keluarga dalam menanamkan jiwa wirausaha anak (studi kasus keluarga peternak ayam di Desa Ponggok). Jurnal Pendidikan Ekonomi 12(2), 118”124. DOI: journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/7256

Lonner, W.J., and Malpass, R. 1994. Psychology and Culture. Boston: Allyn and Bacon, Inc

Mizal, Basidin.. 2014. Pendidikan dalam Keluarga. Jurnal Ilmiah Peurdeun., Vol. 2. No. 3. September 2014.

Nabilla, Farah. 2021. Anak Tukul Arwana Punya Jabatan Mentereng di Kepolisian. Diakses pada 25 Desember 2021 dari https://www.suara.com/entertainment/2021/05/31/185237/4-potret-ganteng-anak-tukul-arwana-punya-jabatan-mentereng-di-kepolisian?page=all.

Ningrum, M.A. 2017. Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan UNESA. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43

Purwaningsih, D. & Muin, N.A.2021. Mengenalkan Jiwa Wirausaha Pada Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan Informal. Journal Usaha Unindra Vol 2, No.1. DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v2i1.653.journal.unindra.ac.id/index.php/usaha/article/view/653.

Rianto, A.A.M.N. dan Amalia, Euis. 2010. Teori Mikro Ekonomi : Suatu. Perbandingan Ekonomi Islam & Ekonomi Konvensional. Jakarta : Kencana.

Rizky, Alif Z.A. 2021. Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Altruisme pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Diakses pada 12 Maret 2022 dari http://repository.untag-sby.ac.id/8289/.

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi Sosial: Individu dan Teori-teori Psikologi. Sosial. Jakarta: Balai Pustaka

Shomali, Mohammad. A. 2001. Relativisme Etika. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana. 2003. Kewirausahaan Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Wahyono, H. 2001. Pengaruh Perilaku Ekonomi Kepala Keluarga Terhadap Intensitas Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: UPT PPS Universitas Negeri Malang.

Zamroni. 1992. Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Tiara. Wacana

Downloads

Published

05-06-2024

How to Cite

Pratiwi, M. B., & Wahyono, H. (2024). STUDI FENOMENOLOGI: PERAN PENDIDIKAN EKONOMI PADA KELUARGA PEMILIK TOKO KELONTONG UNTUK MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA ANAK . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 16. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5434

Issue

Section

Articles