IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN “KATAK LONCAT” PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA

Authors

  • Siti Izza Mufidah Universitas Negeri Malang

Keywords:

Implementasi, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan guru untuk mengintegrasikan media pembelajaran katak loncat dan seberapa efektif itu dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Menggunakan studi kualitatif dengan informan kunci adalah guru IPS. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis dengan menggunakan teori versi Miles and Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa minat peserta didik terhadap pembelajaran meningkat. Data yang dianalisis menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik menganggap media pembelajaran katak loncat lebih menarik dan menyenangkan daripada metode belajar yang lebih lama. Peserta didik menyatakan bahwa mereka senang dengan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Mereka juga menyatakan bahwa mereka lebih termotivasi untuk terus berpartisipasi dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, tulisan ini meningkatkan pemahaman praktek penggunaan media pembelajaran katak loncat dalam pembelajaran IPS di SMPN 23 Malang.

References

Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Pada Masa Pandemi di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmial Profesi Pendidikan, 698-704.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 17-25.

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. 91-95.

Komalasari, E. (2019). Peran Guru Dalam Media dan Sumber Belajar di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2, 439-447.

Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 93-97.

Rosadi, F., & Karimah, N. A. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Komik. Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (SENAPADMA), 87-96.

Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 594-600.

Sudaningsih, I. V. (2020). Interaksi Edukatif antara Pendidik dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional, 301.

Downloads

Published

05-06-2024

How to Cite

Mufidah, S. I. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN “KATAK LONCAT” PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 15. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5433

Issue

Section

Articles