EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI

Authors

  • Savilla Nadya Saharani Universitas Negeri Malang
  • Khusaini Khusaini Universitas Negeri Malang
  • Sulur Sulur Universitas Negeri Malang

Keywords:

Flipped Classroom, Keterampilan Pemecahan, Masalah, Fluida Statis

Abstract

Penelitian ini bertujuaniuntuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa karena penerapan model pembelajaran Flipped Classroom. Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Batu menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain The One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 35 siswa dari kelas XI MIPA 1. Instrumen yang digunakan berupa tes menggunakan google formulir. Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t-test dengan taraf siginfikansi 5% didapatkan  sebesar 6,45 > 2,03 sehingga  ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah pembelajaran, dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah sebesar 35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom dapatimeningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah diberi perlakuan berada dalam kategori sedang. Penelitian berikutnya diharapkan dapat menemukan aplikasi yang lebih baik untuk melakukan e-assessment.

References

Aini, N. N., Kusairi, S., & Diantoro, M. (2017). Penguasaan Konsep Fluida Statis dalam Pembelajaran Kolaboratif dengan Penilaian Formatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1377–1387.

Alberida, H., & Barlian, E. (2018). Problem Solving Model for Science Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 012084.

Alsadoon, H. (2017). Students’ Perceptions of E-Assessment at Saudi Electronic University. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 16(1), 147–153.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnata, I. W., Mardana, I. B. P., & Suwindra, I. N. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Flipped Classroom terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 36–48.

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifa, E. (2016). Kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran interactive demonstration siswa kelas X SMA pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 55–60.

Bishop, J., & Verleger, M. A. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. 2013 ASEE Annual Conference & Exposition, 23–1200.

Chen, Y., Irving, P. W., & Sayre, E. C. (2013). Epistemic game for answer making in learning about hydrostatics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 9(1), 010108.

Djudin, T. (2013). Statistik Parametrik Dasar Pemikiran dan Penerapannya dalam Penelitian. Tiara Wacana.

Docktor, J. L., Dornfeld, J., Frodermann, E., Heller, K., Hsu, L., Jackson, K. A., Mason, A., Ryan, Q. X., & Yang, J. (2016). Assessing student written problem solutions: A problem-solving rubric with application to introductory physics. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 010130.

Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. (2015). Conceptual problem solving in high school physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 11(2), 020106.

Dwi, I. M., Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1).

Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59.

Gaughan, J. E. (2014). The flipped classroom in world history. The History Teacher, 47(2), 221–244.

Gök, T., & Sỳlay, I. (2010). The effects of problem solving strategies on students’ achievement, attitude and motivation. Latin-American Journal of Physics Education, 4(1), 2.

Gunada, I. W., & Roswiani, Y. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Analysis Of Student Problem Solving Lvel In Static Fluid Topic Through Problem Solving Learning Model. J. Pijar MIPA.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226–235.

Handayanto, S., Muhardjito, & Wijaya, C. P. (2018). Scaffolding for solving problem in static fluid: A case study. AIP Conference Proceedings, 1923(1), 030028.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis moodle. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 197–206.

Hidayati, P., Junus, M., & Syam, M. (2021). Analisis Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Melalui Aplikasi Zoom Pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP Negeri 2 Bontang. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(2), 149–159.

Hwang, G.-J., & Chen, P.-Y. (2019). Effects of a collective problem-solving promotion-based flipped classroom on students’ learning performances and interactive patterns. Interactive Learning Environments, 1–16.

Ibrahim, S. M. (2022). Pengaruh problem based learning–flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah fluida statis Siswa SMA/MA [PhD Thesis]. Universitas Negeri Malang.

Indahsari, P. N., Prihandono, T., & Astutik, S. (2018). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Materi Fluida Statis Berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 278–285.

Irma, I., Mansyur, J., & Syamsu, S. (2016). Analisis Produktivitas Langkah-Langkah Siswa dalam Physics Problem Solving. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(3), 31–37.

Ismiati, I., Sarwi, S., & Marwoto, P. (2020). Pola dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 115–123.

Karimah, W. (2019). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 25–32.

Kurniawan, B. R., & Taqwa, M. R. A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb, 3(11), 1451–1457.

Liu, C. H., & Matthews, R. (2005). Vygotsky’s Philosophy: Constructivism and Its Criticisms Examined. International Education Journal, 6(3), 386–399.

Maemanah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan pemecahan masalah melalui model flipped classroom pada pembelajaran kimia abad ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154.

Marita, Prihatin, I., & Oktaviana, D. (2022). Penerapan Blended Learning Menggunakan Metode Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Kemampuam Pemecahan Masalah Matematis. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 73–83.

Nadhifah, L. I., Siswanto, J., & Huda, C. (2021). Keefektifan Digital Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa SMA Kelas XI. Journal of Banua Science Education, 1(2), 55–60.

Nasution, N. S. A., Elidra, R., & Harahap, M. S. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Angkola Barat. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 97–106.

OECD. (2014). Results: Creative Problem Solving: Students’ Skills in Tackling Real-Life Problems. OECD Publishing Pisa.

Purnamasari, I., Yuliati, L., & Diantoro, M. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi fluida statis. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2.

Purnamasari, I., Yuliati, L., & Diantoro, M. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dan model mental siswa pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1299–1302.

Ringo, E. S., Kusairi, S., & Latifah, E. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 178–187.

Rokhmat, J. (2017). Buku Fisika Dasar dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik.

Sahidu, H., Gunawan, M. P., Suranti, N. M. Y., & Nisrina, N. (2020). Model E-Assessment dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Literasi Nusantara.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173–179.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62–70.

Susanto, I. (2019). Pengaruh Model PBL Berbantuan PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke Siswa Kelas XI Semester I SMA Muhammadiyah 18 Sunggal TP 2019/2020. Jurnal Penelitian Fisikawan, 2(2), 1–7.

Susiana, N., Yuliati, L., & Latifah, E. (2018). Pengaruh Interactive Demonstration terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 312–315.

Uzaedah, E., Nugroho, S. E., & Susanto, H. (2019). Analisis Kemampuan Calon Guru dalam Menyusun Prosedur Pemecahan Masalah Fisika Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 112–119.

Venisari, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 193–199.

Werdiningsih, D. (2022). Pembelajaran Kolaboratif dan Kooperatif sebagai Pembelajaran Konstruktivisme dan Pembelajaran Aktif. Pembelajaran Aktif Dengan Case Method, 71.

Wulandari, S. (2021). Studi Literatur Penggunaan Pbl Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7–17.

Yanah, P. A., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2018). Efektivitas model flipped classroom pada pembelajaran fisika ditinjau dari self efficacy dan penguasaan konsep siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 65–74.

Yuliati, L., & Parno, P. (2018). Exploration of physics problem-solving skills within phenomenon-based learning in senior high school students. Proceedings of the International Conference on Education, 4(1), 97–103.

Downloads

Published

05-06-2024

How to Cite

Saharani, S. N., Khusaini, K., & Sulur, S. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(4), 11. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5426

Issue

Section

Articles