IMPLEMENTASI E-MODUL BERBANTUAN SITUS GOOGLE DENGAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Bintang Muhammad Sahara Efendi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Nailul Insani Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

IPS, E-Modul, Google Sites, Problem-Based Learning

Abstract

Rendahnya minat belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan tantangan yang dihadapi oleh pendidik di sekolah. Minat belajar yang rendah ini disebabkan salah satunya dikarenakan oleh minimnya kreatifnya guru dalam menyesuaikan kebutuhan dan keinginan peserta didik saat proses pembelajaran di kelas. Mengatasi hal tersebut, maka diperlukannya studi ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi E-Modul berbantuan Google Sites dengan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara, kuesioner, hingga dokumentasi yang dalam hal ini dikhususkan dari peserta didik di kelas VIII-J. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan hasil belajar peserta didik setelah dilakukannya perlakuan di dalam kelas. Penggunaan E-Modul dan model PBL mempengaruhi positif minat belajar dan hasil belajar peserta didik.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Arbo, J. B., & Ching, D. A. (2022). Problem-Based Learning Approach in Developing Mathematical Skills. International Journal of Science, Technology, Engineering and Mathematics, 2(1), 26–47.

Arini, N. M., & Sudatha, I. G. W. (2023). Bahan Ajar Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 623–635. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798

Ariyanto, Z. R., Sari, N. P., Nurhidayah, O., Hikmahwati, R., Hayat, S., & Sulistyono, Y. (2023). Kajian Fenomena Kesenjangan Generasi dalam Konteks Kehidupan Kampus menurut Perspektif Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 193–208. https://doi.org/10.23887/jiis.v9i2.70980

Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan Modul Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.23605

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dewi, I. P., & Ibrahim, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Journal on Education, 6(2).

Erayani, L. G. N., & Jampel, I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 248–258. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48525

Febrianti, S., Nursafwa, H., Arifin, B., Hayati, I., & Zailani, Z. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.56114/al-ulum.v2i1.115

Gopalan, M., Rosinger, K., & Ahn, J. Bin. (2020). Use of Quasi-Experimental Research Designs in Education Research: Growth, Promise, and Challenges. Review of Research in Education, 44(1), 218–243. https://doi.org/10.3102/0091732X20903302

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Operasi pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60

Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 44–58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Misran, M. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Kooperatif Group Investigation pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Aceh Barat. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 158–164. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.463

NCSS. (1994). Curriculum Standards for Social Studies. Bulletin 89.

Pakpahan, B. M. T., Aziz, N., Dewi, N. P. J. L., & Mahendika, D. (2023). How Does Problem Based Learning Work on Students’ Writing Ability? (CAR Study). Journal of English Culture, Language, Literature and Education, 11(1), 14–27. https://doi.org/10.53682/eclue.v11i1.5880

Parija, S. C., & Bobhate, P. (2021). Fostering Student Engagement in Virtual Learning Environment. SBV Journal of Basic, Clinical and Applied Health Science, 4(3), 57–58. https://doi.org/10.5005/jp-journals-10082-03123

Prabowo, I., & Zulfiati, H. M. (2023). Sejari Padlet (Semangat Belajar IPS Dengan Padlet). Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(1).

Rafi’y, Muh., Ferry Irawan, & Dharma Gyta Sari Harahap. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 669–682. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.243

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMK. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2).

Rijal, M. (2024). Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Google Sites pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Tingkat SMA/MA. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rukminingsih, R., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. CV. Bumi Maheswari.

Saifuddin, A. (2021). Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan? Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3255

Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (Cetakan 8). PT Remaja Rosdakarya.

Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2).

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Wiradimadja, A. (2021). Konsep Dasar IPS dengan Pendekatan CLIL. Jagat Litera.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Downloads

Published

01-06-2024

How to Cite

Sahara Efendi, B. M. ., & Insani, N. . (2024). IMPLEMENTASI E-MODUL BERBANTUAN SITUS GOOGLE DENGAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 20. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5418

Issue

Section

Articles