PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS FLASH PADA MATERI IDE POKOK KELAS V SDN SAWOJAJAR 5 MALANG

Authors

  • Lila Miftakhul Rohma Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Muhammad Arafik Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Modul, Flash, Ide pokok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji modul berbasis flash dalam pembelajaran materi ide pokok di kelas V SDN Sawojajar 5 Malang. Metode pengembangan modul ini mengikuti model Lee & Owens, dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, dan implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru, serta respon siswa. Hasil validasi menunjukkan modul layak dan menarik digunakan dalam pembelajaran, dengan persentase kelayakan 95% dari ahli materi dan 85% dari ahli bahan ajar. Respon siswa juga positif, dengan persentase kemenarikan modul sebesar 97,3%. Kesimpulannya, modul berbasis flash efektif dan dapat meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa pada materi ide pokok.%.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, B. (2021). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Dewi, A., dkk. (2020). Modul Save D’Kids untuk Guru. Yogyakarta: Salam Camp.

Fauzian, F. (2021). Guru Pembelajar: Kumpulan Pena Guru-guru di Pesisir Pantai. Sukabumi: Farha Pustaka.

Haryono, A. D. (2015). Metode Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media.

Komsari, A., & Sujono. (2021). Animasi Pembelajaran Gerbang Logika berbasis Adobe Flash Profesional. Jombang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah.

Fauzian, A. (2021). Pembelajaran bahan ajar. Jurnal Pendidikan, 10(2), 88-95.

Kosasih, B. (2021). Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran. Pustaka Ilmu..

Marpaung, T. (2018). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 55-63.

Nasruddin, A., dkk. (2022). Pembelajaran mandiri menggunakan bahan ajar berbasis flash. Jurnal Pembelajaran Mandiri, 3(2), 60-75.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. San Francisco:989 Market Street.

Pratiwi, dkk. (2021). Perencanaan Pembelajaran SD/MI. Yogyakarta: Penerbit Muhammad ZainiRoziqin, M.K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Siswa Kelas V SDN 2 Malangsuko. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Akademik Alta School. (2022). Modul Belajar Alta School: SD Kelas 4. Surabaya: Alta School

Triyono, S. Dinamika Penyusunan E-Modul. Penerbit: Indramayu.

Downloads

Published

01-06-2024

How to Cite

Miftakhul Rohma, L. ., & Arafik, M. . (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS FLASH PADA MATERI IDE POKOK KELAS V SDN SAWOJAJAR 5 MALANG . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 19. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5417

Issue

Section

Articles