UJI PEMINATAN MATA PELAJARAN INFORMATIKA DALAM PENYELENGGARAAN KURIKULUM MERDEKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS
Keywords:
Informatika, Kurikulum Merdeka, Peminatan BelajarAbstract
Secara khusus, penduduk berusia antara enam dan lima belas tahun diharuskan mengikuti kelas pendidikan dasar. Ada yang berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses kehidupan yang membantu manusia mencapai potensi maksimalnya dan menjadi manusia yang berharga dan terdidik pada tingkat afektif, kognitif, dan psikomotorik. Dalam hal pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing dalam skala global, pendidikan merupakan hal yang krusial. Hal ini mempunyai dampak yang signifikan di dunia yang terus berkembang, dan pendidikan menyediakan sarana untuk menavigasi kemajuan di zaman modern. Pendidikan yang paling efektif bagi siswa akan memberikan mereka alat yang mereka perlukan untuk mencapai potensi penuh mereka dalam hidup. Mata pelajaran informatika awalnya bernama TIK dalam kurikulum 2013, namun kemudian diubah namanya menjadi Informatika dalam kurikulum mandiri. Kecenderungan yang terus-menerus untuk fokus dan mengingat suatu aktivitas disebut minat. Selain itu, pengaruh terkait subjek, yang mencakup minat dan sikap terhadap subjek, juga dapat didefinisikan sebagai minat. Sudut pandang lain menyatakan bahwa minat adalah kecenderungan yang konsisten untuk fokus dengan mengingat berbagai pengalaman. Derajat keterlibatan siswa dalam suatu proses pembelajaran terutama ditentukan oleh minatnya, oleh karena itu minat belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar yang disampaikan oleh guru. Kesadaran yang tinggi dalam mempelajari informatika. Minat belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran informatika, sehingga penting untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Maka penerapan mata pelajaran informatika pada kurikulum SMA hendaknya tidak menjadi masalah, melainkan upaya pemerintah untuk mencetak generasi unggul yang berdaya saing global dengan pengetahuan teknologi yang semakin maju dan luas.
References
Bunga Nabilah, Supratman Zakir, Eny Murtiyastuti, & Ramadhanu Istahara Mubaraq. (2023). Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 110–119. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.97
Fadkhurrohmad, M. N., & Nursikin, M. (2023). Pendekatan dalam inovasi materi dan metode pembelajaran Kurikulum PAI berbasis HOTS Era Industri 4 . 0 di MTs NU Salatiga. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 386–395.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Gaol, D. L. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think , Talk , Write ( TTW ) dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn di Kelas X SMA Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutantahun Pelajaran 2022 / 2023. 8, 10215–10220.
Hafidz, D. I., Kartinah, Sukamto, & Maryatun, S. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1639–1643. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13099
Hidayat, W. N., Sutikno, T. A., Patmanthara, Kartikasari, C. D. I., & Firdaus, A. F. (2019). Peningkatan keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk Guru SMK. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93–103.
Iqbal, M., Rizki, A., Wardani, J. S., Khafifah, N. P., Silitonga, N., & Amirah, R. (2023). Kebijakan Pendidikan Tentang Pelaksanaan Merdeka Belajar. Journal on Education, 5(2), 2257–2265. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.878
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. 6–11. https://books.google.co.id/books?id=jHGNDwAAQBAJ&pg=PA3&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=false
Nafisah Nafisah, Fathihatus Sholihah, M. Risal, Muhajir Muhajir, & Nasir Nasir. (2024). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas X.3 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tutorial pada Mata Pelajaran Informatika di UPT SMA Negeri 3 Maros. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 24–33. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2822
Purwandari, I. D., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 681–691.
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Umam, K., Quthny, A. Y. A., & Badruttamam, C. A. (2023). Phubbing: Suatu Degredasi Minat Belajar Siswa sebagai Dampak Media Sosial di Mi Dlauul Islam. Journal on Education, 5(3), 8717–8724. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1666
Wahyu, A. (2021). Informatika untuk SMA Kelas X. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Hidayat, W. N., Sutikno, T. A., Patmanthara, P., Kartikasari, C. D. I., & Firdaus, A. F. (2019). Peningkatan keterampilan pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk guru SMK. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93-103
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.