PEMBELAJARAN SENAM IRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI DAN MENTAL SISWA KELAS 4C SDN KASIN MALANG

Authors

  • Muhammad Naufal Muzhaffar Yamin PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pembelajaran, Senam Irama, Kebugaran Jasmani dan Mental

Abstract

Pembelajaran senam irama di sekolah dasar masih sering terkesan monoton dan kurang variatif, sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya tingkat kebugaran jasmani dan mental siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran senam irama yang efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan mental siswa kelas 4C SDN Kasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Data penelitian diperoleh melalui observasi pembelajaran, wawancara guru, dan tes kebugaran jasmani dan mental siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran senam irama berbasis permainan merupakan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan mental siswa kelas 4C SDN Kasin.  Model pembelajaran ini menggunakan berbagai macam permainan dalam pembelajaran senam irama, sehingga siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar. Selain itu, model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar senam irama. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, yaitu jumlah subjek penelitian yang terbatas, durasi penelitian yang singkat, dan kurangnya variasi permainan yang digunakan dalam pembelajaran senam irama.  Meskipun memiliki beberapa keterbatasan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi pengembangan model pembelajaran senam irama yang efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan mental siswa.

References

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 157.

Faqih, A., & Hartati, S. C. (2017). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar SeGugus Selatan Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3), 385-90.

Hanafi, M. S. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi sekolah (studi multisitus di SDBN Kauman I Malang dan SDN Kasin Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Kadi, K., Halida, H., & Yuniarni, D. (2018). Senam irama dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 Tahun Di Tk Karya Yosef. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(6).

Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). Peranan senam irama terhadap kebugaran jasmani untuk siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1), 89-97.

Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1), 89-97.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.

Saputra, M. F., Awaluddin, A., Rusli, K., & Ismail, A. (2021). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Pasca Pandemi. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(1), 52-60.

Wahyuri, A. S. (2017). Pengembangan model latihan kebugaran jasmani berbasis aktivitas bermain. Jurnal MensSana, 2(2), 14-18.

Downloads

Published

04-06-2024

How to Cite

Yamin, M. N. M. (2024). PEMBELAJARAN SENAM IRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI DAN MENTAL SISWA KELAS 4C SDN KASIN MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(3), 4. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5364

Issue

Section

Articles