PENGEMBANGAN MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIAL EMOTIONAL LEARNING MASALAH POKOK EKONOMI
Keywords:
Research and Development (RnD), Social Emotional Learning, Problem-Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan dan menguji keandalan produk baru. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Proses pengembangan produk ini mengikuti model yang diajukan oleh Sugiono, yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) Analisis potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi desain produk; (6) Uji coba penggunaan; (7) Revisi produk; dan (8) Produksi massal. Tahap validasi produk melibatkan ahli materi dan ahli media dari Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi. Produk yang dikembangkan diuji coba oleh 35 peserta didik dalam kelompok kecil dan 71 peserta didik dalam kelompok besar. Data dikumpulkan melalui survei kebutuhan produk, penilaian keandalan oleh ahli, dan evaluasi penggunaan produk. Hasil uji coba modul ajar pada kelompok kecil menunjukkan tingkat keandalan rata-rata sebesar 84 persen, sementara pada kelompok besar mencapai 87 persen. Skor rata-rata keandalan modul berdasarkan aspek materi adalah 84,64 persen, aspek pemecahan masalah adalah 86,50 persen, aspek Social Emotional Learning adalah 87,81 persen, aspek partisipasi peserta didik adalah 87,20 persen, dan partisipasi peran guru adalah 86,97 persen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan modul ajar Problem Based Learning berbasis Social Emotional Learning mampu menciptakan lingkungan belajar yang santai dan menyenangkan.
References
Adams, S. R., & Richie, C. (2017). Social Emotional Learning and English Language Learners: A Review of the Literature. Itj, 17(1), 77.
Aksoy, P. (2019). How to assess social emotional learning of preschool children through different decision making methods. European Journal of Education Studies, 6(7), 463–481. https://doi.org/10.5281/zenodo.3529826
Asep Sunantri, Agus Suyatna, U. R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Develompment System Materi Usaha dan Energi. Visipena, 12(1), 107–117.
Bailey, R., Stickle, L., Brion-Meisels, G., & Jones, S. M. (2019). Re-imagining social-emotional learning: Findings from a strategy-based approach. Phi Delta Kappan, 100(5), 53–58. https://doi.org/10.1177/0031721719827549
Dougan, R. (2019). Social Emotional Learning (SEL) Guidebook: Ideas for Incorporating SEL Activities into Your Classroom. https://www.dvc.edu/faculty-staff/pdfs/SEL-Guidebook.pdf
Khoirudin, R., Sunarto, S., & Sunarso, A. (2022). Pengembangan Modul dalam PBL untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4442–4450. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2770
Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Maiyusriani, R., Rusdi, M., & Marzal, J. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning dengan Soal Tipe Complex, Unfamilliar, NonRoutine (CUN). Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 271. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11305
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Nasution, E. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Penalaran Peserta Didik. Instructional Development Journal, 3(2), 104. https://doi.org/10.24014/idj.v3i2.11788
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Rahmi, E., Ibrahim, N., & Kusumawardani, D. (2021). Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka Dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Program Studi Teknologi Pendidikan. Visipena, 12(1), 44–66. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1476
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Learning Cycle 7E Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 45–52.
Slavin, R. E. (2002). Educational psychology theory and practice. In British Journal of Psychiatry (Vol. 181, Issue NOV.). https://doi.org/10.1192/bjp.181.5.440
Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 01, 80–95.
Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2393
Zilva, D. R. (2023). The Role of Social and Emotional Learning in Student Success. Journal of Education Review Provision, 3(1), 13–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.