PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PERMAINAN SIMULASI KOKO (KOTAK KELOLA KONFLIK) TERHADAP PEMAHAMAN MANAJEMEN KONFLIK KELAS XI SMKN 1 MALANG

Authors

  • Ria Rizka Awalliya Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Bimbingan klasikal, Permainan simulasi, Manajemen konflik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan klasikal dengan metode permainan simulasi KOKO (Kotak Kelola Konflik) terhadap pemahaman manajemen konflik siswa kelas XI SMKN 1 Malang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berasal dari hasil observasi penulis terkait perilaku subjek yang diamati. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil observasi, hasil evaluasi proses dan evaluasi hasil, dan wawancara terbuka dengan siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 1 Malang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan metode permainan simulasi KOKO terhadap pemahaman manajemen konflik siswa kelas XI SMKN 1 Malang memiliki peranan yang optimal untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait topik manajemen konflik. Dengan demikian, penggunaan metode inovatif dan menyenangkan sangat penting untuk terus dikembangkan, sehingga siswa memiliki pemahaman mendalam dan relevan untuk menjawab permasalahan dan tantangan yang terjadi sehingga dapat mencapai tugas perkembangannya

References

Anggraeni, N. F., & Makhmudah, U. (2019). Kemanjuran Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 3(2), 68-76.

Burhanuddin, H. (2022). Penerapan Permainan Simulasi Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Konflik Di SMK Negeri 4 Gowa. Pedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(2), 193-201.

Burton, B. (2012). Peer teaching as a strategy for conflict management and student re-engagement in schools. The Australian Educational Researcher, 39, 45-58.

Deutsch, M., Coleman, P. T., & Marcus, E. C. (2014). The Handbook of Conflict Resolution: Theory and Practice. San Francisco: Jossey-Bass.

Fisher, R. J. (2000). Intergroup conflict. Journal of Social Issues, 56(1), 255-272.

Fisher, R., Ury, W., & Patton, B. (2011). Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Giving In. New York: Penguin Books.

Fithriyana, A., & Sugiharto, D. Y. P. (2014). Bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Folger, J. P., Poole, M. S., & Stutman, R. K. (2013). Working through Conflict: Strategies for Relationships, Groups, and Organizations. 7th Edition. New York: Pearson.

Jones, A. (2004). Conflict Resolution Education: A Guide to Implementing Programs in Schools, Youth-Serving Organizations, and Community and Juvenile Justice Settings. Program Report, U.S. Department of Justice.

Khasanah, P. (2014). Meningkatkan kemampuan manajemen konflik melalui konseling kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 67.

Longaretti, L., & Wilson, J. (2006). The impact of perceptions on conflict management. Educational Research Quarterly, 29(4), 3-15.

Mansi, A. J., Hulukati, W., & Usman, I. (2021). Pengembangan Buku Saku Manajemen Konflik Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Sosial di SMKS Gotong Royong Gorontalo. Student Journal of Guidance and Counseling, 1(1), 19-25.

Maulana, A. R., Nurjanah, A., Kurnia, R., & Jannah, S. A. (2024). Manajemen Konflik Bimbingan Konseling Kelompok pada Siswa di SMP Negeri 1 Parigi. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 3(1), 194-205.

Maulana, R., & Prasetiawan, H. (2022). Upaya Meningkatkan Percaya Diri melalui Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 298-305.

Mayasari, H. S., & Agungbudiprabowo, A. (2022). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 12(1), 12-21.

Muspawi, M. (2014). Manajemen konflik (upaya penyelesaian konflik dalam organisasi) (Vol. 16). Jambi University.

Nasrudin, A. H., Unsa, F. F., Aini, F. N., Arifin, I., & Adha, M. A. (2021). Manajemen Konflik dan Cara Penanganan Konflik dalam Organisasi Sekolah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1-18.

Pratiwi, H. I. (2019). Pengembangan permainan simulasi kotak kelola konflik antar anggota untuk meningkatkan keterampilan manajemen konflik siswa SMA. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Puspita, W. (2018). Manajemen konflik: Suatu pendekatan psikologi, komunikasi, dan pendidikan. Deepublish.

Setyana, D. A. (2012). Pengembangan Paket Bimbingan Manajemen Konflik untuk Meningkatkan Pemahaman Konflik dan Sikap Positif dalam Menghadapi Konflik Interpersonal Siswa (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Shahmohammadi, N. (2014). Conflict management among secondary school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159, 630-635.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thakore, D. (2013). Conflict and conflict management. Iosr Journal Of Business And Management (Iosr-Jbm), 8(6), 07-16.

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

Awalliya, R. R. . (2024). PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PERMAINAN SIMULASI KOKO (KOTAK KELOLA KONFLIK) TERHADAP PEMAHAMAN MANAJEMEN KONFLIK KELAS XI SMKN 1 MALANG . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 10. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5266

Issue

Section

Articles