IMPLEMENTASI PERMAINAN BINTANG BERALIH DI PELAJARAN PJOK SEBAGAI PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR FASE B SD LABORAORIUM UM MALANG

Authors

  • Nafa Amadea Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran, Permainan bintang beralih, Social dan emosional peserta didik

Abstract

Pendidikan jasmani memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individual secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, mengandung unsur game dan fun. Berbagi bentuk dan jenis perilaku sosial seseorang merupakan karakter atau ciri kepribadian yang dapat teramati ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain. Seperti dalam kehidupan berkelompok, kecenderungan perilaku sosial seseorang yang menjadi anggota kelompok Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data yang diambil menggunakan: Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Permainan Bintang beralih yang dilakukan peneliti ini setidaknya membentuk perilaku sosial dalam kepribadian siswa. Berkat kerja sama tim masing-masing siswa, setiap kejar-kejaran selalu dipenuhi gelak tawa. cara peserta didik memainkan permainan bintang beralih ini dengan kepolosan mereka dengan cara mereka sendiri dalam mengenal dan meningkatkan perilaku mereka sendiri. Fase dan perkembangan social anak bukan hanya dari orang tua, namun lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan perubahan signifikan pada kepribadian siswa, menunjukkan bahwa permainan kelompok dapat membentuk perilaku sosial. Keberhasilan permainan ini disebabkan oleh kerja tim, penguatan, dan kepolosan siswa dalam mengenali dan meningkatkan perilaku mereka

References

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2).

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Bete, D. T., & Saidjuna, M. K. (2022). Implementasi permainan tradisional benteng dalam pembelajaran penjas terhadap pembentukan perilaku sosial siswa Sekolah Dasar. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 70–79.

Bridgeland, J., Bruce, M., & Hariharan, A. (2013). The Missing Piece: A National Teacher Survey on How Social and Emotional Learning Can Empower Children and Transform Schools. A Report for CASEL. Civic Enterprises.

Dibia, I. K., & Adiasih, M. M. (2017). Penerapan pendekatan starter eksperimen (PSE) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 1(1), 72–85.

Efendy, M., & Haque, S. A. U. (2023). Persepsi Guru TK di Jawa Timur Terhadap Pembelajaran Literasi Berbasis DAP (Development Appropriate Practice)’. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 101–106.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59.

Kusno, K., Junaedi, I., & Akhsani, L. (2022). Modul Integrasi Kompetensi Spiritual dan Sosial pada Pembelajaran Matematika SMP.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Domain Pendidikan: Implementasi Dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

Amadea, N. . (2024). IMPLEMENTASI PERMAINAN BINTANG BERALIH DI PELAJARAN PJOK SEBAGAI PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR FASE B SD LABORAORIUM UM MALANG . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 9. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5265

Issue

Section

Articles