IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM PEMBELAJARAN MEMAKNAI INFORMASI TEKS BERITA KELAS VII SMPN 2 PAKIS

Authors

  • Dea Ananda Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Pidekso Adi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran, Berdiferensiasi, Teaching at the right level

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang disusun sebagai upaya untuk mengakomodasi perbedaan antar peserta didik sebagai individu dalam satu kelas agar tidak timbul kesenjangan yang signifikan antar peserta didik dan tercipta pembelajaran yang inklusif, responsif, dan mendukung kebutuhan semua peserta didik. Berdasarkan hasil observasi karakteristik peserta didik kelas VII-C SMPN 2 Pakis, diketahui bahwa tingkat capaian peserta didik kelas VII-C beragam khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level dalam pembelajaran memaknai informasi teks berita di  kelas VII-C sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat capaian peserta didik. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat capaian peserta didik di kelas VII-C dipetakan menjadi tiga kelompok, tujuh siswa sangat mahir, sepuluh siswa mahir, dan tiga belas siswa perlu bimbingan. Berdasarkan hasil pemetaan tersebut dirancang pembelajaran diferensiasi TaRL dengan strategi diferensiasi konten dan proses dengan  hasil penilaian pengerjaan tugas yang diberikan, hanya ada satu kelompok yang mendapat nilai dibawah 75 (KKM sekolah) dan itu dari kelompok peserta didik mahir.

References

Anonim. (2023, Oktober). Pembelajaran berdiferensiasi: Manfaat, tantangan, dan langkah penerapan. Acerid. https://www.acerid.com/pendidikan/pengertian-pembelajaran-berdiferensiasi-dan-manfaatnya

Ayuni, M. D., dkk. (2023). Analisis karakteristik peserta didik melalui asesmen diagnostik (Studi kasus: Kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 3961-3976.

Emiliani, dkk. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan TaRL. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 1083-1091.

Fadli, R. (2023, September). 4 tahap perkembangan kognitif anak sesuai teori Piaget. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/4-tahap-perkembangan-kognitif-anak-sesuai-teori-piaget

Febriani, A., & Shaliha, S. (2023). Buku ajar mata kuliah inti pemahaman peserta didik dan pembelajarannya. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Halim, M. (2023, Maret). Pengertian lengkap asesmen diagnostik beserta contohnya!. EVA Blog. https://www.eva-hr.com/blog/asesmen-diagnostik/

Hendriyanto. (2021, November 1). Pentingnya asesmen diagnostik agar guru tahu kelebihan dan kelemahan murid. Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pentingnya-asesmen-diagnostik-agar-guru-tahu-kelebihan-dan-kelemahan-murid

Lestari, H., & Kuryati, T. (2023). Buku ajar mata kuliah inti “Prinsip pengajaran dan asesmen I”. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Prihandini, D. R., dkk. (2023). Sinergi antara pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam menghadirkan lingkungan belajar inklusif. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1-11.

Saputro, E. W., dkk. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192.

Sarnoto, A. Z. (2024). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Journal on Education, 6(3), 15928-15939.

Suprayogi, M. N., & Lana, A. (2022). Buku ajar mata kuliah pilihan pembelajaran berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Kemendikbud Ristek. (2024, Maret). Pembelajaran sesuai dengan tingkat kesiapan dan pemahaman peserta didik. Pusat Informasi Guru Kemendikbud. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14142735013145-Pembelajaran-Sesuai-dengan-Tingkat-Kesiapan-dan-Pemahaman-Peserta-Didik

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

Ananda, D. ., & Adi, P. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM PEMBELAJARAN MEMAKNAI INFORMASI TEKS BERITA KELAS VII SMPN 2 PAKIS . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 8. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5264

Issue

Section

Articles