IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT TEKS BERITA KELAS 7 SMP NEGERI 2 PAKIS

Authors

  • Dea Ananda Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Dwita Kurnia Amalia Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Pidekso Adi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Membaca cepat, Model kooperatif tipe team games tournament., Teks berita

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament adalah model pembelajaran yang mengelompokkan siswa secara heterogen agar saling bekerja sama untuk mengkonstruksikan pemahaman mereka melalui ajang permainan dan turnamen. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Pakis, diketahui bahwa peserta didik kelas 7 memiliki minat baca yang rendah, apalagi ketika diberikan bahan bacaan yang panjang. Fokus penelitian ini adalah pengimplementasian model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran membaca cepat teks berita. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima siswa atau satu kelompok yang memiliki kemampuan memahami 90% isi berita yang mana mereka mampu menjawab keseluruhan soal yang berjumlah lima dengan tepat dan termasuk kategori tim istimewa, 20 siswa atau empat kelompok memiliki kemampuan memahami 80% isi berita yang mana mereka mampu menjawab empat soal dengan tepat dan termasuk kategori tim hebat, dan sisanya yaitu lima siswa atau satu kelompok memiliki kemampuan memahami 60% isi berita yang mana mereka hanya mampu menjawab tiga soal dengan tepat dan termasuk kategori tim baik

References

Abiyanti, E. (2017). Pengaruh Keefektifan Membaca Cepat terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf. DIKSATRASIA, 1(2), 203–211.

Aditama, D., dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Pranala: Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis 2(2), 1-11

Agustina, E., S. (2023). Paradigma Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka. PROSIDING Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XLV 2023, 888-907

Ahyar, J., & Syahriandi. (2015). Membaca-Cepat-Pemahaman MahasisWa Universitas Malikussaleh. Jurnal Visioner & Strategis 4(2) 1-9.

Afiyah, N., U. & Fahmi, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) Melalui Media Wordwall Untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas XI SMAN 1 Menganti. E-Journal Laterne, 12(3), 9-19.

Amalia, F., A. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Dengan Teknik Skimming. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12 (1), 31-41.

Amalia, F, N. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa. Makalah. Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, tanggal 25 November 2017 di Universitas Sriwijaya Palembang.

Amaluddin, dkk. (2022). Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Meningkatkan Antusias Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(1), 14–20.

Dewayani, Sofie, dkk. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Fitria, D.A. 2010. Pembaca Hebat Super Cepat. Jakarta: Transmandiri Abadi

Maryamah, M., & Effendy, M. H. (2019). Penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat pada siswa kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1),1 –9.

Nurhadi. (2005). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurhadi. (2016). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhayati, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat melalui Pendekatan Latihan Persepsi. Dinamika Pendidikan, 5(2), 13–19.

Nurtika, L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Putra, dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 106-115.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Simanjuntak, E., B., & Ana, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Metode Speed Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 014610 Sei Renggas. Jurnal Handayani PGSD FIP, 3(1,), 12-2.

Slavin E. Robert. (2015). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Tampubolon. (2008). Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140-147.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

Ananda, D. ., Kurnia Amalia, D. ., & Adi, P. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT TEKS BERITA KELAS 7 SMP NEGERI 2 PAKIS . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 5. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5261

Issue

Section

Articles