ANALISIS PERKEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL SISWA SMP KELAS 7 PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Azizah Fitri Rahmawati Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Indriati Nurul Hidayah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kompetensi sosial emosional peserta didik pada pembelajaran (PjBL) pada materi Hukum II Newton. Jenis penlitian ini mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini ialah kelas 7 SMPN 6 Malang, dan Teknik Purposive sampling dengan sampel 32kpeserta didik. Instrumen penelitian meliputi teknik non tes, yaitu self asesment dan observasi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif statistik, dan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan dari 5 kompetensi sosial emosional terdapat peserta didik berkembanggsangat baik, berkembanggsesuai harapan, dan mulai berkembang. Penelitian_ini didukung hasil observasi yang menunjukan peserta didik antusias dan dari pembelajaran proyek yang diterapkan dapat membangun perkembang sosial emosional peserta didik. Dengan demikian, hasil analisis data menunjukan adanya perkembangan kompetensi sosial emosional dalam pembelajaran PJBL. Keterbatasan penelitianPini sampel yang digunakan dalam skala kecil, harapannya penelitian selanjutkan dapat menggunakan sampel dalam skala besar dan menambahkan instrumen wawancara

References

Amanda, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5 - 6 Tahun di TKQ Riyadlul Jannah Jl. Karang Tinggal, Cipedes, Kota Bandung. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 3(1), 79–85. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v3i1.8936

Arrohman, D. A., & Lestari, T. (2023). Analisis keragaman Peserta Didik dan implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Fisika. JSER Journal of Science and Education Research, 2(2), 1–11. https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/

Avandra, R., S, N., & Indramurni. (2023). Pembelajaran sosial emosional terhadap motivasi belajarPeserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 5560–5570.

Azmi, D. N., Ketut Mahardika, I., Mutmainah, N., & Lestari, P. (2023). Pengertian perkembangan dan pertumbuhan Anak Usia SMP ditinjau dari pemahamannya terhadap pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27171–27176.

Berutu, R. E., & Herawati, J. (2023). Pembelajaran sosoial emosional sebagai dasar Pendidikan karakter Anak usia dini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Cuhartati. (2021). Analisis perkembangan kompetensi sosial emosional Siswa melalui model pembelajaran kolaboratif berbasis aplikasi twitter pada materi hidrokarbon. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13874/1/Skipsi_1708076011_Cuhartati.pdf

Damayanti, Y., & Nugrahanta, G. A. (2023). Menumbuhkan karakter senang belajar anak usia 10-12 tahun dengan buku pedoman permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 773–783. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Ellis, R., Mahaly, S., & Papalia, I. (2023). Peningkatan kapasitas guru melalui pembelajaran kompotensi sosial emosional di SMP Al Hilal Haya. German Für Gesellschaft (J-Gefüge, 2(2), 120–127. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.2.120-127

Fernández-Martín, F. D., Moreno-Guerrero, A. J., Marín-Marín, J. A., & Romero-Rodríguez, J. M. (2022). Adolescents’ Emotions in Spanish Education: Development and Validation of the Social and Emotional Learning Scale. Sustainability (Switzerland), 14(7), 1–11. https://doi.org/10.3390/su14073755

Firliandini, Waspada, I., Budiwati, N., & Susanto, S. (2023). Peran guru dengan kompetensi sosial emosional dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk membangun Student well-being pada Sekolah Menengah. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH), 6(1), 175–182. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSH

Harjanty, R., & Hardianti, F. (2020). Analysis of the application of STEAM-Based Learning. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(2), 112–115. https://doi.org/10.15294/ijeces.v9i2.42332

Indriawati, M., & Tampubolon, H. (2017). Analisis efektivitas program socio emotional learning (SEL) dalam membangun karakter dan harga diri anak di Sekolah Victory plus. Jurnal Manajemen Pendidikan , 6(2), 164–177. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/2956

Kasanah, S. U. (2022). Implementasi model Project Based Learning (PjBL) berbasis TPACK untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Kelas VI MI Al-Islam Tempel. Prosiding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT), 05(1), 143–153. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/ACoMT

Laili, Y., & Kamus, Z. (2019). Pengaruh penggunaan bahan ajar fisika terintegrasi konten kecerdasan emosional menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Peserta Didik kelas X SMAN 13 padang. Physics Education, 12(2), 73–80.

Marisa, L., Raharjo, T. J., & Wardani, S. (2024). Pengembangan modul ajar IPAS berbasis pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi kompetensi sosial emosional. Elementary School Education Journal, 8(1), 61–72. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd

Marisa lilinmarisa, L., Marisa, L., Joko Raharjo, T., & Wardani, S. (2024). Pengembangan modul ajar IPAS berbasis pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi kompetensi sosial emosional. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd

Masjuanti, S., & Nurhayati. (2018). Meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode proyek. Urnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 220–224.

Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis perkembangan sosial emosional anak usia dini pada permainan tradisional. Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–18.

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana. (2022a). Pengaruh pendekatan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan sosial dan emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana. (2022b). Pengaruh pendekatan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan sosial dan emosi anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Novebrini, S., Asrizal, & Mufit, F. (2021). Meta-analisis pengaruh model Project Based Learning (PjBl) terhadap pemahaman onsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(1), 2477–6181.

Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 664. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521

Ramdani, Z., Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2021). Penerapan permainan tradisional bakiak ular tangga untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , 5(02). https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.2860

Sasi, D. N., Haenillah, E. Y., & Lestari, A. N. P. (2023a). Pengaruh pembelajara Project Based Learning terhadap perkembangan sosial emosional Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6688–6693.

Sasi, D. N., Haenillah, Y., & Lestari, A. N. P. (2023b). Pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap perkembangan sosial emosional anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6688–6693.

Sihotang, P. S., Manalu, A., Sigiro, M., & Sianturi, M. A. C. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep IPA (Fisika) pada materi Hukum Newton berdasarkan gaya belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2648–2657.

Virginanti, M., Rahmawati, Y., & Kurniadewi, F. (2019). Social emotional learning pada pembelajaran Kimia : integrasi metode group investigation dan pembelajaran kontekstual untuk mengembangkan kompetensi social emotional Siswa. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 4(1), 7–16. https://doi.org/10.20961/jkpk.v4i1.13142

wahid, L. (2023). Peran Guru agama dalam menanamkan kesadaran sosial pada Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 605–612. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran sosial emosional dalam domain Pendidikan: implementasi dan asesmen. Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 964–972. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

Fitri Rahmawati, A. ., & Nurul Hidayah, I. . (2024). ANALISIS PERKEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL SISWA SMP KELAS 7 PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 3. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5259

Issue

Section

Articles