ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nanda Ayu Kartika Sari Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Yuniawatika Yuniawatika Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Siti Mas’ula Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Matematika, Media pembelajaran, bilangan cacah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran operasi hitung bilangan cacah untuk guru dan siswa kelas II SDN Punjul 1 yang sesuai dengan kebutuhan siswa meliputi menarik dan praktis agar memiliki manfaat untuk menjadikan pengalaman belajar siswa menjadi lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan menggunakan data yang sudah didapatkan berdasarkan wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang ada di sekolah masih kurang menarik minat belajar siswa dan sebagian besar siswa membutuhkan media pembelajaran matematika terutama pada materi operasi hitung bilangan cacah

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Andita, L. (2019). Pengaruh Penerapan Teori Bruner terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1–9.

Apriyani, Y., & Sitohang, R. (2022). Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Sekolah Dasar Kelas IV Article History. 12(1), 45–56. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/33272https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.33272

Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal E-DuMath, 1(1), 52–63.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1520

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatyana. (2019). Dengan Menggunakan Teori Bruner Di Kelas V Sd Negeri 4 Bireuen. VII(1), 22–31.

Khasanudin, M., Cholid, N., Indiyarti Putri, L., & Universitas Wahid Hasyim, P. (2020). Creative of Learning Students Elementary Education Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V SD/MI. Journal of Elementary Education, 03(05), 5.

Martha Rusmana, I., & Mila Kurniawarsih. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Lebesgue, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.11

Munggaran, A. (2012). Pengaruh Penggunaan Software Natural terhadap Peningkatan Kemampuan Prononciation Siswa SMPN 1 Bandung. Repository..Upi.Edu.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Jurnal Of Primary Education, 3(2), 64–72.

Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., Media, P., Pada, M., Pujianingtias, E. N., & Saputra, H. J. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. 3, 257–263.

Purnamasari, S., Trisiana, A., & Prihastari, E. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas 1 Melalui Komik Etnomatematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di SDICT Al Abidin Surakarta. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 2, 54–63.

Rahmatin, A., & Marzuki, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Kelas 3 Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Gresik , Indonesia. 9(2), 786–799.

Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179–2190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1137

Subekti, I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Dengan Menggunakan Alat Peraga Kantong Bilangan Kelas III Negeri Pangkalan 1 Kecamatan Sobang. Jurnal Elementer, 1(November), 10–19.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.)). ALFABETA.

Sujadi, I. (2018). Peran Pembelajaran Matematika pada Penguatan Nilai Karakter Bangsa di Era Revolusi industri 4.0. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 18(1), 1–13.

Sukesi, A. N., Saputro, B. A., & Budiman, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Operasi Hitung Bilangan Cacah Berbantu Penyampaian Bahasa Inggris Dengan Model Nht Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 10. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i2.20885

Syavira, V. F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Dan Pecahan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1671–1678. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1671-1678

Udil, P. A., Senia, M. E., & Lasam, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Cacah Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 36–46. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp36-46

Utami, R. E. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 2 SD pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah. Edutama, 1(1), 22–28.

Wahab, R. (2016). Rohmalina Wahab, Psikologi Belajar , (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016), hal. 52-53 19. 19–67.

Widyaningsih, S. A., Yuni Chairunissa, M., Fairuz, I., Cahya Saputri, N., Destiani, S., & Astriyani, A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematics English Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhar 15 Pamulang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2), 137. https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.137-142

Wiradintana, R. (2018). Bruner Dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku ( Behavioural Approach ). Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 47–51.

Yayuk, E., Ekowati, D. W., Suwandayani, B. I., & Ulum, B. (2018). Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. In Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Yuniawatika. (2016). Pembelajaran Matematika di SD Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 22–29.

Downloads

Published

28-05-2024

How to Cite

Kartika Sari, N. A. ., Yuniawatika, Y., & Mas’ula, S. . (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 2. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5258

Issue

Section

Articles