ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA TOPIK MENULIS HURUF KAPITAL DAN ANGKA BILANGAN MELALUI STRAGETI CONCEPT SONG KELAS 5 SDN MODEL
Keywords:
Strategi Concept Song, Menulis, Huruf kapital, Angka BilanganAbstract
Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan di Indonesia masih banyak yang menggunakan metode menghafal. Namun seiring perkembangan jaman, metode menghafal dianggap sudah tidak relevan lagi karena siswa hanya menghafal saja sevara variable namun jarang memahami konsep. Selain itu masalah yang terjadi adalah tidak semua siswa memiliki kemampuan hafalan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan analisis terkait pemahaman konsep materi menulis huruf kapital dan angka bilangan pada siswa serta mengetahui hambatan yang dialami siswa dalam memahami materi menulis huruf kapital dan angka bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metide kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas V memahami materi menulis huruf kapital dan angka bilangan dengan hasil rata-rata tes formatif 85 dan masuk ke dalam kategori baik. Adapun penyebab siswa mengalami hambatan dalam memahami materi menulis huruf kapital dan angka bilangan adalah kurangnya fokus saat Pelajaran dan kurangnya minat serta motivasi
References
Korespondensi, R., Mahendra, H., & Nugraha, F. (2023). Meningkatkan daya ingat hafalan siswa melalui metode bernyanyi pada pembelajaran tematik di SDN 3 Sukaratu. Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 317–333. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.108
Junaedi, D., Husnussalam, H., Sahliah, S., & Kamaluddin, T. T. (2021). Improving the ability to memorize daily prayers through the singing method in early childhood. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.5319
Mahfiroh, L., Rezab, M. N., Al Isfahani, N. A., Fadilah, N., Pohan, R. F., & Arab, F. (2021). Metode menghafal dengan bernyanyi terhadap motivasi belajar santri di Bidayatussyifa, Bojong. In Proceedings of UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Meriyani, N., & Jati, D. (n.d.). Pengaruh metode bernyanyi menggunakan media audiovisual terhadap kemampuan menghapal doa-doa pendek pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 13 Pontianak.
Hente, A., Idris, M., & Muhammadiyah Palu, U. (2020). The application of singing method in learning Indonesia vocabulary at Kindergarten of Aisyiyah Busthanul Athfal III Lumbudolo. Early Childhood Education International Journal, 3(3), 108–119.
Shafia, C. M., Basri, M., & Al Farabi, M. (n.d.). Pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan membaca Iqra’ di Raudhatul Athfal Ummul Qura Stabat.
Nurliyah, N., & Badroeni, B. (2023). Pengaruh metode bernyanyi dalam kemampuan berfikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 132–137. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3310
Idayanti, J. N. A. H.-L. A. K. C. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Nurse and Health, 6(2), 44–54. https://doi.org/10.5281/zenodo.1464323
Widya, S., Khusna, W., Purwasih, W., & Sarah, S. (n.d.). Penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Yusmanto, Y. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 2(3), 313. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.68
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.