Pengembangan Media Konkret Geoboard Sebagai Solusi Permasalahan Miskonsepsi Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p77-83Keywords:
Miskonsepsi, Bangun Datar, Media PembelajaranAbstract
Abstract:Pembelajaran bermakna pada matematika adalah dengan tidak sekadar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Pada hasil observasi yang dilakukan di UPT SD Negeri Pojok 02 ditemukan permasalahannya adalah materi bangun ruang dan bangun datar dimana siswa kelas 5 yang seharusnya sudah memahami konsep dasar bangun datar tersebut di kelas 4 malah tidak dapat diimplementasikan di kelas 5 dengan baik.
References
Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377
Arnidha, Y., & Fatahillah. (2021). Membentuk Karakter Logis, Kritis, Kreatif dan Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal e-DuMath, 35-41.
Fuada, S., Derawati, T., & Rohaeti, L. (2022). Strengthening online learning of geometry material at SDN Bojong 01 using Geoboard and GeoGebra media. Community Empowerment, 7(2), 196–209. https://doi.org/10.31603/ce.5962
Juwariyah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Lingkaran Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Repository IAIN Kudus.
Kawuryan, S. P. (2019). KARAKTERISTIK SISWA SD KELAS RENDAH DAN PEMBELAJARANNYA. PPSD FIP UNY.
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895
Lumbantoruan, J. H., & Male, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Pada Soal Cerita Teori Peluang Di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal EduMatSains, 4(2), 153–168.
Milkhaturrohman, Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94–106. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2095
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT OUTDOOR PAA SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 72-79.
Ratnawita, Asyhudi, F., Frasandy, R. N., & Alfurqan. (2022). PENGUATAN PERPUSTAKAAN PADA GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMPN 18 PADANG. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi, 74-85.
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RESILIENSI MATEMATIKA DENGAN VBA MICROSOFT EXCEL. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.