Penerapan Pembelajaran Menyenangkan Bermain Dan Edukasi Pada Materi Pecahan Kelas 2 SD Menggunakan Aplikasi Wordwall Model Labirin
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p68-76Keywords:
wordwall, aplikasi pembelajran, game edukasiAbstract
Abstrak:Era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, perkembangan teknologi meningkat pesat. Aspek kehidupan yang tidak terlepas dari perkembangan teknologi adalah pendidikan. Dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah, terdapat berbagai permasalahan yang harus dihadapi oleh guru. Salah satu permasalahan yang umum terjadi adalah siswa merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam mengatasinya, dilakukan pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penerapan Aplikasi Wordwall Model Labirin dan mengetahui respon dari siswa terhadap penerapannya dalam materi pecahan kelas 2 SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Waterfall. Data yang telah diperoleh dilakukan analisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil yang ditunjukkan saat menggunakan aplikasi tersebut adalah nilai siswa dapat mencapai diatas KKM (75persen) dan mendapatkan rata-rata nilai 95,71persen. Siswa juga sangat setuju jika pembelajaran menggunakan Aplikasi Wordwall Model Labirin itu menyenangkan, seru dan ingin menggunakan aplikasi tersebut di lain waktu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Aplikasi Wordwall Model Labirin adalah penggunaan aplikasi tersebut dapat membuat pembelajaran pecahan menjadi lebih berkualitas, menyenangkan, menarik, seru serta mendapatkan respon yang baik untuk penerapan pembelajaran pada Aplikasi Wordwall Model Labirin kedepannya.
References
Z Arrosyad, M. I. and Nugroho, F. (2021) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 6378–6384. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1758.
Fauqannuri, I. R. (2022) ‘Penerapan Media Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022.’ UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Handarini, Oktafia, & Wulandari, S. (2020) Pembelajaran Daring sebagaiUpaya Study From Home(SFH) selama PandemiCovid 19. JurnalPendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP),8(3), 496–503
Kholfadina, K. (2022) ‘Penggunaan Educandydan Dampaknya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2).Kristina, H., Vitasari, M. and Taufik, A. N. (2022) ‘Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP’, PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), pp. 754–763.
Kurnia,N., Permana, E. P., & Permatasari, C. (2023). Implementasi Media GameEdukasi Wordwalluntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVSDNMojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Simki Pedagogia,6 (2), 589-598
Kristina, H., Vitasari, M. and Taufik, A. N. (2022) ‘Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP’, PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), pp. 754–763.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400
Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Wati, U. A. (2010). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu Unik Ambar Wati 1. September.
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.