Pengaruh Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pasirharjo 01 Materi Sifat-Sifat Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p51-61Keywords:
Mind mapping, Learning achievement, Nature of Light, Elementary School Students, Class IV, Prestasi Belajar, Sifat Cahaya, Siswa SD, Kelas IVAbstract
Abstract:The purpose of this study was to determine the effect of the application of mind mapping learning media on student achievement in science subjects for class IV at SDN Pasirharjo 01. This type of research is quantitative research. Data collection techniques with observation and tests. The instrument used is a multiple choice test instrument. This study uses mind mapping media as the independent variable and learning achievement as the dependent variable. The population in this study was the fourth grade students of SDN Pasirharjo 01. The sample used in this study was the fourth grade elementary school students, totaling 22 students obtained using random sampling technique. The data collected are pretest and posttest. The data analysis technique in this study includes a prerequisite test consisting of a normality test, linearity test, and hypothesis testing. The results of this study, based on hypothesis testing using the t-test formula, the significance level (α) = 0.05 which indicates that the t.count value obtained is -6.5156 which is then compared with the t.table value at a significance level of 5 percent, which is 2.0210. So, it can be known or -6.5156 < 2.0210 so that Ho is accepted. This shows that the mind mapping learning media produces better learning achievement or can have an influence on the learning achievement of fourth grade students at SD Negeri Pasirharjo 01 in science lessons on the properties of light.
Abstrak:Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran mind mapping terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Pasirharjo 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan media mind mapping sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pasirharjo 01. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas IV SD yang berjumlah 22 siswa yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup uji prasyarat yang terdiri atas uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini, berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, taraf signifikansi (α)= 0,05 yang menunjukkan bahwa nilai t.hitung yang diperoleh sebesar -6,5156 yang kemudian dibandingkan dengan nilai t.tabel pada taraf signifikansi 5persen, yaitu sebesar 2,0210. Maka, dapat diketahui atau -6,5156 < 2,0210 sehingga Ho diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran mind mapping menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik atau dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Pasirharjo 01 pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya.
References
Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209.
Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ltq0DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR8&dq=penelitian+kuantitatif&ots=gLnJqmtW8k&sig=5QxjENxd4x0Yo9jWakkAmA5SPts&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20kuantitatif&f=false
Diarsa, I. P., Drs. I Nyoman Murda, M. P., & Putu Ari Dharmayanti, S. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10928
Farida, U., & Adhi, N. (2020). Keefektifan Literasi Digital UPT Perpustakaan Universitas Semarang di Masa Pandemi. Information Science and Library, 1(2), 81–86. https://doi.org/10.26623/jisl.v1i2.2833
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student’s Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521–538.
Hu, Q., Yang, B., Xie, L., Rosa, S., Guo, Y., Wang, Z., Trigoni, N., & Markham, A. (2021). Learning Semantic Segmentation of Large-Scale Point Clouds with Random Sampling. IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, 1–1. https://doi.org/10.1109/TPAMI.2021.3083288
Juniantari, I. G. A. S., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 370–377. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19478
Lisa, N. W. dan Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Deepublish.
Manullang, M., & Silaban, P. J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sdnegeri 060914 Kec.Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. 1, 20.
Mardiana, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Ipa Berbasis Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Pada Siswa Madrasah Ibtidayah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 0, Article 0. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.69
Media, D. S., re! (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Elex Media Komputindo.
Mulyasari, E., & Arga, H. S. P. (2022). Pembelajaran Pemahaman Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Melalui Model Picture And Pictur. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 180–187.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika | Al asma: Journal of Islamic Education. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69.
Nuruddin, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Mata Kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Awal Mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hasyim Asy’ari. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 59–77. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1224
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Priyandana, I. W. P., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 287–294. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36520
Purnomo, I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama.
Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kelas Iii Kabupaten Ngada Flores. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 176–182. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590
Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Kompetensi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 166–179. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15320
Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422
Winangun, A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD | Winangun | Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/529
Yulsyofriend, Y., Ismet, S., & Anggraeni, V. (2019). Stimulasi Motorik Halus Anak Melalui Metode Mind Mapping Bagi Guru-Guru Paud Di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 163–173. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.163-173
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.