Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis Hots Berbantuan Aplikasi Kahoot Bagi Guru SD

Authors

  • Yusnia Yusnia Universitas Bengkulu
  • Elwan Stiadi Universitas Bengkulu
  • Neza Agusdianita Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p45-50

Keywords:

HOTS, Kahoot, Literasi Numerasi, Pendampingan

Abstract

Abstrak:Pendampingan guru SD dalam mengembangkan instrumen tes literasi numerasi berbasis HOTS berbantuan aplikasi Kahoot bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru SD Negeri 42 Kota Bengkulu dalam mengembangkan instrumen tes literasi numerasi berbasis HOTS berbantuan aplikasi Kahoot. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah, demonstrasi dan pendampingan. Metode ceramah untuk menyampaikan konsep literasi numerasi berbasis HOTS, sedangkan metode demonstrasi dan pendampingan untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta mengembangkan instrumen tes literasi numerasi berbasis HOTS berbantuan aplikasi Kahoot. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta workshop dinilai  baik (80persen), ketercapaian tujuan  workshop  dinilai baik  (75persen), ketercapaian  target materi yang telah direncanakan dinilai baik (80persen), dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik (80persen).

 

References

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Aryani, D., Siolemba, P., & Putra, S.D. (2021). Pelatihan Aplikasi Game Edukasi Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid 19. Terang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 4(1). https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.145

Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1, 13.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Jelatu, S., Mandur, K., Makur, A. P., Nendi, F., & Gunur, B. (2019). Konstruksi Tes High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru Matematika SMP di Manggarai Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 214. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3070

Kurniasi, E. R., & Arsisari, A. (2020). Pegembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 12-13. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3162

Lestari, S. A. P. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 111. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3862

Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Students’ perception of Kahoot!’s influence on teaching and learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1), 1–23. https://doi.org/10.1186/s41039-018-0078-8.

Lindawati, S. (2018). Literasi Matematika dalam Proses Belajar Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.18

Martín-Sómer, J. Moreira, and C. Casado. (2021). Use of Kahoot! To Keep Students’ Motivation During Online Classes in the Lockdown Period Caused By Covid 19. Educ. Chem. Eng., 36, 154–159.

Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 886–897. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.328

National Council Of Teacher Of Mathematics. (2000). Principles And Standarts For School Mathematics. Reston, VA: Author

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

OECD. (2021). Mathematics performance (PISA) [Data set]. OECD. https://doi.org/10.1787/04711c74-en

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5 (9) : 566 – 575.

Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2617

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional MAatematika dan Pendidikan Matematika UNY, 8.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 3 (1).

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The Effect of Using Kahoot! For Learning a Literature Review. Computers & Education, 149.

Downloads

Published

30-01-2024

How to Cite

Yusnia, Y., Stiadi, E. ., & Agusdianita, N. . (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis Hots Berbantuan Aplikasi Kahoot Bagi Guru SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p45-50

Issue

Section

Articles