Identifikasi Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Terhadap Implementasi E-Modul Ipas Di Sekolah Dasar Kota Malang

Authors

  • Esti Untari Universitas Negeri Malang
  • Fina Zulfa Mustafidah Universitas Negeri Malang
  • Maula Diana Santi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p30-35

Keywords:

E-Module, IPAS, Hasil belajar

Abstract

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hasil belajar kelas 4 SD terhadap implementasi E-modul IPAS di Sekolah dasar Kota Malang. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang dilaksanakan dengan mengobservasi, mendeskripsikan serta menginterpretasikan populasi atau sampel yang diteliti dan ditarik kesimpulan melalui data-data yang berupa angka. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yaitu soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dengan menggunakan uji point biserial. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi dengan r hitung > 0,432 pada 12 soal yang diujikan dan 3 soal perlu adanya perbaikan. Hasil penelitian juga menunjukkan hasil identifikasi nilai siswa dalam IPAS yaitu 57,7persen siswa mendapatkan nilai dengan rentang 60-100 dan 42,3persen dengan rentang nilai 51 – 0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-modul IPAS yang telah dikembangkan sudah bisa diuji kelayakan dan efektivitasnya dengan identifikasi dan validasi tes yang telah dilaksanakan.

 

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236

Lis, Suswati., Yus'iran, Yus'iran., Muhammad, Subhan., Hermansyah, Hermansyah. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Pemahaman Konsep Fisika Pembelajar Siswa Kelas X SMK. Gravity Edu, doi: 10.33627/ge.v5i2.962

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13

Matthew, Mcquaigue., David, Burlinson., Kalpathi, Subramanian., Erik, Saule., Jamie, Payton. (2018). Visualization, Assessment and Analytics in Data Structures Learning Modules. doi: 10.1145/3159450.3159460

Naimi, N., Azizah, A., Pendit, S. S. D., Zunaedi, K. R., Isman, M., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas E-Modul Dilan Berbasis Android (DIDROID) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 536. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7281

Ningrum, A. W., Rahmawati, R. C., Minarti, I. B., & Mekar, R. M. (2023). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Pembelajaran IPA Pada Kelas VIII Di SMPN 21 Semarang. Educatio, 18(1), 91–101. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18291

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i1.8501

Sotiris, Papantonopoulos. (2023). A kansei-engineering-based active learning module for familiarizing middle-school students with basics of product design. Proceedings of the Design Society, doi: 10.1017/pds.2023.22

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19. KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Tri, Nova, Hasti, Yunianta., Kriswandani, Kriswandani. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF dan Canva pada Materi Transformasi Geometri. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, doi: 10.34312/euler.v11i1.20222

Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Yuli, Kurniawati. (2023). Electronic module (e-module) as innovative learning media to increase knowledge among nursing students. Journal of Maternity Care and Reproductive Health, doi: 10.36780/jmcrh.v5i2.253

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Metode Penelitian. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Downloads

Published

30-01-2024

How to Cite

Untari, E. ., Mustafidah, F. Z. ., & Santi, M. D. . (2024). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Terhadap Implementasi E-Modul Ipas Di Sekolah Dasar Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 30–35. https://doi.org/10.17977/um065v4i12024p30-35

Issue

Section

Articles