Peran Program Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Murid SD

Authors

  • Nabila Alfina Kurniasari Universitas Negeri Malang
  • Liner Vistrina SDN Percobaan 2 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i122023p1087-1094

Keywords:

sekolah adiwiyata, program adiwiyata, peduli

Abstract

Program sekolah adiwiyata di salah satu SD negeri di Kota Malang ini sudah berjalan sejak tahun 2015. Dengan adanya program sekolah adiwiyata, warga sekolah menjadi lebih peduli terhadap kebersihan, keberlangsungan, dan kelestarian lingkungan sekolah. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 tiga tahun yang lalu, membuat pembiasaan atau budaya oleh warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan sekolah menjadi menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan sekolah adiwiyata untuk menanamkan kembali karakter peduli lingkungan, utamanya pada murid. Pemaparan studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Zaluchu yaitu tahap analisis dari pendekatan ini dimulai dengan penelitian awal dan pengumpulan data. Subjek penelitiannya adalah koordinator adiwiyata. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan program adiwiyata di SDN Percobaan 2 Kota Malang beragam mulai dari program yang terintegrasi dalam muatan pembelajaran hingga kampanye kegiatan peringatan hari-hari lingkungan hidup. Kepedulian murid terhadap lingkungan sekitar selalu ditingkatkan sekalipun masih ada faktor penghambat di dalamnya. Dengan demikian, program sekolah adiwiyata memiliki peran yang begitu strategis dalam membentuk karakter peduli lingkungan bagi murid SD.

References

Dendy, M. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sma Negeri 4 Pandeglang.Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 25–37.

Immas, M. F. (2017). Implementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan.

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. Upej, 5(3), 72–79. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mona, L. (2019). Pemberdayaan Karakter Tanggung Jawab Sosial Siswa Sd Dalam Membangun Lingkungan Sehat. Baskara, 1(2), 57–66.

Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011

Permana, T. I., & Fatmawati, D. (2020). Mempersiapkan SMP Muhammadiyah 1 Malang Meraih Predikat Sekolah Adiwiyata. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 180–187. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.310

Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. https://doi.org/10.21009/jgg.072.03

Putra, P. F. (2016). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Organisasi Greenpeace Regional Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(2), 135– 148. Retrieved from https://nanopdf.com/queue/pembentukan-karakterpeduli-lingkungan dalam_pdf?queue_id=1&x=1650291831&z=MTgwLjIxNC4yMzMuODk=

Rachman,S. P. D., & Maryani, E. (2018). Teachers’ and Students’ Green Behaviour of Adiwiyata Targeted School. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/17551315/145/1/012042

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67.https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133

Roswita, W. (2016). Keterlibatan Warga Sekolah Dalam Pengelolaan LingkunganHidup di Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi. Pelestarian Lingkungan &Mitigasi Bencana, 5–24.

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Analisis Data Dan Pengecekan Keabsahan Data. INA-Rxiv, 1–22.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. Edukasi, 2, 18–29.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Yunita, T., Rafifah, T., Nurazizah, T. S., & Windayana, H. (2021). Membangun Kualitas Budaya dan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(3), 320–328.https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.244

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4, 28–38.

Downloads

Published

30-12-2023

How to Cite

Kurniasari, N. A., & Vistrina, L. (2023). Peran Program Sekolah Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Murid SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(12), 1087–1094. https://doi.org/10.17977/um065v3i122023p1087-1094

Issue

Section

Articles