Blended Learning Berbantuan “Kujartif IPA Berorientasi Guided Inquiry” untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Sofia Inis Kurlila SDN Kotalama 1

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i122023p1066-1077

Keywords:

blended learning, guided inquiry oriented kujartif IPA, creative thinking, pembelajaran blended learning, kujartif IPA berorientasi guided inquiry, berpikir kreatif

Abstract

Abstract: The aims of this research are (1) to describe the use of guided inquiry-oriented Kujartif IPA (interactive textbooks) in blended learning to improve students' creative thinking, (2) to describe the increase in students' creative thinking by using guided inquiry-oriented science courses in blended learning. This type of research is Classroom Action Research (PTK) with work procedures consisting of four stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The subjects of this research were class VB students at SDN Kotalama 1 Malang City in the 2019/2020 academic year. The research results show that there has been an increase in the process and results in learning. This is proven by the students' creative thinking in cycle 1 which increased in cycle 2. The students' creative thinking ability in cycle 1 was obtained in the moderate creative thinking category and increased in cycle 2 with the good creative thinking category. Based on the results of this research, learning with blended learning assisted by guided inquiry-oriented science courses can improve creative thinking.

Abstrak: Tujuan  penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan kujartif (buku ajar interaktif) IPA berorientasi guided inquiry dalam pembelajaran blended  learning dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa,  (2) mendeskripsikan peningkatan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan kujartif IPA berorientasi guided inquiry dalam pembelajaran blended learning.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB salah satu sekolah dasar di Kota Malang tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses dan hasil dalam pembelajaran.  Hal ini di buktikan  berpikir kreatif ini y6siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2. Kemampuan      kreatif siswa pada siklus 1 diperoleh dengan kategori berpikir kreatif cukup dan meningkat pada siklus 2 dengan kategori berpikir kreatif baik. Berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran dengan blended learning berbantuan kujartif IPA berorientasi guided inquiry dapat meningkatkan berpikir kreatif.

References

Akbar, Sa’dun. (2013). InstrumenPerangkatPembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii

Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Chodijah. S, Ahmad.F dan Ratna. W. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry Yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika I (2012) 1-19 ISSN: 2252-3014 (Online). http://ejournal.unp.ac.id diakses 22 September 2016

Djojosoediro. 2012. Bahan Ajar Cetak: Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Dirjen Dikti- Depdiknas.

Estitika Yuni Wijaya, dkk,. 2016.Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntuan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika1

Effendi, Mukhlison. 2013. Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 7, Nomor 2, Oktober 2013

Hardjawikarta, Jennifer.,Swendra, C.G.R., dan Yudani, H.D. 2016. Perancangan Media Interaktif Yang Dapat Menstimulasi Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Golden Age, 2-5 Tahun). Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra,Vo.1 2016. - (Online) http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/4484 , diakses 9 September 2016

Indrawan, I Putu Oktap dkk. 2019. Kreativitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Blended Learning Berbasis Bali. International Journal of Natural Sciences and Engineering. Volume 3, Number 2, Tahun 2019, pp. 70-78. P-ISSN: 2615-1383 E-ISSN: 2549-6395 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJNSE

Kuntarto, Eko dan Asyihar. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan. Vol-1

Khulthau, C.C., & R.J, Todd. (2008). Guided Inquiry. (Online). Tersedia. www. icwc.wikispaces.com/file/view/Guided+Inquiry. doc. Diakses 13 Desember 2016

Rachmawati,Yeni. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak, Jakarta, Kencana

Rachmawati, F., Kirana, T., & Widodo, W. (2018). Buku Ajar Interactive Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 2(1), 19–29. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n1.p19-29

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustaji dan Sugiarso. 2005. Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Penerapan dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Mulyasa, M.2006.Kurikulum Yang Disempurnakan; Pengembangan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar.Bandung: Remaja Rosdakarya

Masitoh, Siti. 2018. Blended Learning Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceeding of The ICECRS, Volume 1 No 3 (2018) 13-34. ISSN. 2548-6160 (online)

Wahyudi, dkk. 2018. Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Proyek Untuk Menunjang Kreatifitas Mahasiswa Merancang Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6 (2), 2018, 68-81. online at http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm

Downloads

Published

30-12-2023

How to Cite

Kurlila, S. I. (2023). Blended Learning Berbantuan “Kujartif IPA Berorientasi Guided Inquiry” untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(12), 1066–1077. https://doi.org/10.17977/um065v3i122023p1066-1077

Issue

Section

Articles