Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Model Window Shopping

Authors

  • Nun Farida SDN Pisang Candi

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i112023p1056-1065

Keywords:

aktivitas dan hasil belajar, window shopping

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pembelajaran di  kelas tinggi di salah satu sekolah dasar yang berada di Kota Malang. Diantara permasalahan tersebut adalah dari hasil evaluasi belajar siswa di akhir pembelajaran  menunjukkan rata-rata skor masih dibawah KBM yaitu 68 dari KBM yang telah ditentukan oleh guru yaitu 70. Untuk mengatasi permasalahan ini digunakan model pembelajaran window shopping yang berdampak sangat baik terhadap aktivitas belajar maupun hasil belajar. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi hasil tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas tinggi pada salah satu SD di Kota Malang tahun pelajaran 2022-2023. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes tulis dan pedoman wawancara. Dari pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 rata-rata skor skor rata-rata 82 pada pertemuan ke-1 dengan persentase ketuntasan 75 % dan 83 pada pertemuan ke 2 dengan persentase 83 dan meningkat pada pada siklus 2 dengan skor rata-rata 85 dengan persentase 92 %  pada pertemuan 1 dan 87 pada pertemuan 2 dengan persentase 100 %. Untuk penilaian hasil belajar siswa pada siklus 1 skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 78 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 75 % pada pertemuan ke 1 dan 89 pada pertemuan ke 2 dengan persentase 96%. Dan meningkat pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 94 pada pertemuan 1 dan 90 pada pertemuan 2 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 100 %. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penerapan window shopping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SD. Oleh karena itu disarankan guru SD khususnya guru kelas tinggi dapat mengoptimalkan penggunaan model window shopping dalam Pembelajaran.

References

Akbar, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi, Implementasi. Yogyakarta: CV. Cipta Media.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kang Guru. 2017. Catatan Kang Guru Model Window Shopping (Online).

Kurnia, I. 2008. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Maryanto,. 2017. Buku Guru Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudaaan RI.

Maryanto,. 2017. Buku Siswa Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudaaan RI.

Muhidin, S.A. 2009. Kualitas Proses Pembelajaran, (Online), (http://sambasalim.com/pendidikan/kualitas-proses-pembelajaran.html, diakses 4 Juli 2010).

Nafingah, Hanim. 2009. Pemanfaatan VCD Pembelajaran UntukMeningkatkanHasilBelajar IPS SiswaKelas V SDN Sumberagung II Tulungagung. Skripsitidakditerbitkan, Malang: FakultasIlmuPendidikan UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Permendiknas No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian.(Online), (http://www.google.co.id/search?hl=id&source=hp&Q: Permendiknas+22+meta=&btn G= penelusurangoogle, diakses 12 Agustus 2010).

USAID. 2015. Artikel Model Window Shopping

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Farida, N. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Model Window Shopping. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(11), 1056–1065. https://doi.org/10.17977/um065v3i112023p1056-1065

Issue

Section

Articles